About IIX

Pasti udah sering denger istilah IIX? Sebenernya apa sih yang namanya IIX itu?
IIX adalah singkatan dari Indonesia Internet Exchange, fungsi utamanya adalah menghubungkan satu ISP ke ISP yang lainnya di Indonesia. Jadi dari ISP di Indonesia ke ISP yang lainnya di Indonesia tidak perlu lagi menggunakan jalur luar negeri.

Sebelum adanya IIX, seluruh ISP kita hanya mempunyai satu sambungan yaitu koneksi ke luar negeri, ada yang tersambung ke Jepang, ada yang ke Amerika ada juga yang ke Singapura. Nah, sekarang bayangkan kalau kamu mengirim e-mail melalui ISP A yang punya sambungan ke luar Amerika sedangkan temen kamu menerima e-mail itu melalui ISP B yang terkoneksi ke Jepang.

Jalurnya jadi begini: dari komputer kamu di rumah e-mail itu akan diteruskan ke ISP A terus dari situ ke Amerika dimana akan dilemparkan melalui beberapa kota di Amerika baru kemudian sampai ke Jepang yang dikirimkan ke ISP B dan akhirnya diterima oleh komputer temen kamu itu. Kalau kantor ISP A dan ISP B cuman berjarak 5KM, bayangkan jarak yang ditempuh oleh e-mail itu yang harus keliling dunia dulu untuk menempuh jarak yang sebenernya hanya 5KM itu !

Nah IIX ini berfungsi agar hal itu tidak perlu terjadi. Dengan adanya IIX kini setiap ISP mempunyai 2 sambungan, satu ke luar negeri satu lagi ke IIX. Jadi e-mail tadi jalurnya dari ke ISP A ke ISP B. Jadi jauh lebih cepat dan untuk ISP jadi jauh lebih murah karena ISP tersebut tidak perlu membayar jalur Internasional sedangkan menyambung ke IIX itu gratis buat ISP. Pengurangan biaya yang harus ditanggung ISP sangat berpengaruh buat kita-kita, karena semakin biaya yang harus ditanggung ISP maka semakin bagus kualitas koneksi ke internet yang hasilnya nge-web jadi lebih cepat.

Hal yang sama juga terjadi kalau kamu nge-web, contohnya: dengan adanya IIX nge-web ke http://www.natnit.net jadi lebih cepat daripada ke Situs lainnya karena Natnit.net meletakan perangkatnya di Indonesia dan akan lebih pelan bila meletakkan perangkatnya di luar negeri.

Untuk saat ini IIX menjadi bagian yang sangat penting di Internet Indonesia. Pertumbuhan portal di Indonesia memang sangat pesat yang mengakibatkan data yang bolak balik melalui IIX menjadi sangat banyak. Jadi kalau kamu tanya berapa besar bandwithnya ISP, yang biasanya mereka bilang 1 Mega, 2 Mega, 10 Mega, dan seterusnya.

Nah sekarang bayangkan besarnya bandwith IIX yang saat ini rata-rata sudah 40 Mega lebih! Setiap saat.

Kalau kamu tanya ke ISP kamu, kemungkinan mereka sudah punya sambungan paling sedikit 2 Mega ke IIX, bahkan sekarang sudah banyak ISP yang mempunyai koneksi sampai 10 sampai 100 Mega ke IIX, yang artinya sekarang untuk mengakses website yang ada di Indonesia akan semakin cepat.

(diambil dari forum.linux.or.id — matur nuwun buat mas hendrajana)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply