Prado : PHP Framework dengan Dukungan yang Mirip ASP.NET

Framework. Sebuah kata dalam bahasa asing yang terlihat aneh bagi sebagian orang yang sedang memulai belajar memprogram. Dalam berbagai macam bahasa pemrograman, sering dikenal berbagai alat bantu untuk memudahkan membuat aplikasi berskala enterprise (skala besar maksudnya…).

Dalam pemrograman web, khususnya yang berbahasa PHP, sering dikenal istilah Content Management System (CMS). Kalo kata orang sih, CMS ini sebenarnya sebuah web “jadi” yang bisa kita modifikasi sesuai dengan keperluan kita. Nah, CMS ini adalah salah satu bagian dari berbagai jenis framework yang ada untuk pengembangan situs, maupun pengembangan framework itu sendiri.
Salah satu framework yang akhir-akhir ini banyak menjadi pembicaraan orang adalah Prado. Framework ini dikenal sebagai sebuah framework PHP yang memberikan banyak support koneksi kepada berbagai macam jenis basis data (menggunakan Ado DB sebagai “dasaran” untuk koneksinya …). Bagi mereka yang udah terbiasa bermain-main dengan ASP.NET, tentu nggak ada masalah saat mereka mencoba framework ini.
Selain itu , Prado memberikan kemudahan seseorang dengan eksistensi coding dan perancangan sistem, karena dukungan simpleXML dalam tag-tagnya. Singkatnya, bagi mereka yang terbiasa bekerja untuk merancang sebuah aplikasi enterprise berbasis web, nggak ada salahnya kalo nyobain framework ini.

Beberapa developer lokal kita bilang , “Prado OK kalo berjalan di 127.0.0.1, tapi untuk sekuritas dan dukungan pembuatan web secara online belum teruji …..” .
But , who knows ? Kalo belom dicoba nggak bakalan ada jawabannya. Toh berbagai macam web udah make Prado sebagai frameworknya. Oh iya, salah satu yang mungkin belum banyak di dukung di negeri kita, Prado berjalan di PHP 5 ! Jadi mohon maap aja buat yang belom versi 5. Informasi tentang Prado bisa diperoleh di http://www.xisc.com . Oya, forum diskusinya juga layak untuk disimak. So, download dan coba …..

Be Sociable, Share!

Leave a Reply