Googling for Dummiez 1.0

Kita mengenal berbagai situs pencarian (search engine) yang sering kita gunakan untuk mencari hal-hal yang kita inginkan. Sebenarnya, di jagad internet ada dua tipe mesin pencari :

1. Searchable subjek indeks
Mesin pencari tipe ini hanya mampu mencari data berdasarkan judul dan deskripsi singkat dari halaman situs yang dimaksud. Tipe mesin pencari jenis ini tidak mampu mencari data dalam suatu halaman situs secara individual.
Contoh dari mensin pencari jenis ini adalah Yahoo (http://www.yahoo.com).

2. Full text search engine
Mesin pencari tipe ini menggunakan semacam algoritma dan fitur-fitur khusus (sering disebut “spider” atau “web crawler”) yang terkomputerisasi,yang memungkinkan mesin pencari untuk mengindex jutaan, bahkan triliunan halaman. Halaman-halaman ini bisa dicari berdasarkan judulnya, isinya, bahkan komponen-komponen di dalamnya. Tipe ini memungkinkan suatu search engine untuk berperan lebih jauh dan memberikan data yang lebih presisi dibandingkan dengan tipe pertama.
Contoh dari mesin pencari tipe ini adalah Google (http://www.google.com)

Bagaimana dengan Google ?

Kelebihan Google :
Secara garis besar, mesin pencari Google mempunyai beberapa keistimewaan untuk mencari dan menyaring hasil dari pencarian berdasarkan :

Kompenen di dalam halaman
Google mendukung sintaks yang memungkinkan kita untuk membatasi hasil pencarian yang kita lakukan pada komponen-komponen tertentu pada suatu halaman web, seperti yang terdapat dalam judul , nama halaman, atau bahkan komponen yang terdapat dalam URL website tersebut.

Jenis-jenis domain
Google memberikan peluang kepada kita untuk membatasi hasil pencarian berdasarkan jenis-jenis domain, misalnya hasil pencarian suatu kata kunci terbatas untuk situs yang berakhiran “.edu” (educational), yang berarti hanya domain situs-situs pendidikan yang dimasukkan dalam index pencarian Google.

Kandungan situs
Google memungkinkan kita untuk menemukan berbagai macam tipe-tipe file, seperi : dokumen Microsoft Word, Excel, dan file-file PDF. Bahkan Google memiliki kemampuan untuk menemukan halaman-halaman web dengan jenis bahasa pemrograman tertentu, seperti : XML, PHP, Javascript, RSS, dan sebagainya.

Koleksi Khusus
Google memiliki properti pencarian yang berbeda, bahkan Google memberikan keluasaan kepada kita untuk mencari informasi berdasarkan topik-topik khusus yang belum pernah kita bayangkan sebelumnya, seperti topik khusus mengenai buku-buku fiksi dan non fiksi, universitas di dunia,teknologi informasi, hobi, bahkan dalam bidang politik sekalipun, seperti segala sesuatu yang terkait dengan pemeritahan suatu negara, dan masih banyak lagi.
Ketika kita mencari suatu frase yang terdiri dari lebih dari satu kata dalam waktu yang bersamaan, sebuah mesin pencari mempunyai kemampuan dasar untuk menangani pencarian kata kunci tersebut. Kemampuan dasar ini diambil dari logika Boolean, dimana suatu mesin pencari akan mempergunakan simbol AND untuk mencari kedua kata kunci yang kita masukkan atau simbol OR untuk mencari salah satu dari kata kunci yang kita masukkan. Secara default mesin pencari Google akan mempergunakan logika Booolean AND bila kita memasukkan lebih dari satu kata kunci pencarian dalam waktu yang bersamaan.
Sebagai contoh, kita akan memasukkan kata kunci berikut :

Mobil Mitsubishi “Merah Tua”
Google akan mencari semua halaman situs yang mengandung kata Mobil, Mitsubishi dan frase Merah Tua. Frase Merah Tua diapit tanda (“) supaya Google mencari frase di atas dalam satu kesatuan yang utuh. Bila tanda (“) dihilangkan, Google akan menampilkan hasil pencarian terhadap empat kata kunci : Mobil, Mitsubishi,Merah dan Tua. Bila kita menginginkan untuk melakukan pencarian dengan menampilkan halaman situs yang mengandung salah satu kata dari masukkan kata kunci di atas, kita dapat menambahkan simbol Boolean OR diantara kata kunci tersebut.

Mobil OR Mitsubishi OR “Merah Tua”
Dari hasil pencarian kata kunci di atas, kita akan melihat bahwa Google akan menampilkan salah satu dari ketiga kata kunci di atas. Halaman situs yang muncul akan mengandung kata kunci Mobil saja, Mitsubishi saja, atau Merah Tua saja. Jika dalam pencarian kita menginginkan untuk mencari gabungan kata yang terdiri dari satu kata di sisi pertama dan satu atau beberapa kata di sisi kedua, maka kita bisa mengelompokkan beberapa kata di sisi kedua dalam tanda kurung.

Mobil (Mitsubishi OR “Merah Tua”)
Dari hasil pencarian kata kunci di atas, kita akan melihat bahwa Google akan mengeluarkan semua halaman situs yang mengandung kata kunci Mobil Mitsubishi dan Mobil Merah Tua. Jika kita menginginkan suatu konteks pencarian general dengan menghilangkan satu atau beberapa kata dalam hasil pencarian kita, maka kita perlu membubuhkan tanda “-“ sebelum kata kunci yang akan kita hilangkan.

Mobil Mitsubishi – “Merah Tua”
Dari hasil pencarian kata kunci di atas, Google akan mencari semua halaman situs yang mengandung kata kunci Mobil Mitsubishi, tapi tidak mengandung frase Merah Tua.
Dalam penggunaan mesin pencari Google, ada beberapa ketentuan yang harus kita perhatikan, diantaranya Google tidak mendukung lebih dari 10 kata dalam kata kunci atau query yang kita masukkan, termasuk sintaks-sintaks khusus (kata kunci khusus, yang akan dijelaskan pada subbab berikutnya). Bila kata kunci yang kita masukkan melebihi ketentuan, Google akan mengabaikan kata kunci yang kita masukkan.

Ketentuan lain yang harus kita perhatikan, Google tidak mempunyai kemampuan stemming. Istilah stemming ini berhubungan dengan fenomena tata bahasa yang dimilki oleh berbagai bahasa di dunia, contohnya dalam bahasa Inggris. Apabila kita ingin mencari kata “drink” tentu kita akan sekaligus mencari berbagai bentuk variasinya karena adanya peraturan semacam singular or plural, tense, noun atau verb dan sebaginya. Dalam teknologi mesin pencari, istilah stemming ini diimplementasikan dengan kemampuan suatu mesin pencari untuk menggunakan tanda asteriks atau wildcard (*) pada kata kunci yang kita cari, yang kita harapkan akan menghasilkan variasi bentuk kata berdasarkan kata kunci awal yang kita masukkan.
Hufffff….ok guys. That’s about Google at a glance. Next time, we’ll talk a lot ‘bout optimizing Google and how to make your googling ability ‘rise up’. Just take a next visit and wait for us …..
Happy Googling !!

Salam,
massunu

Be Sociable, Share!

2 Comments

  • syaamil says:

    Sukron-sukron akhi infonya.
    Biasanya tulisan ini langsung ane print,masalahnya semua tampilan tercetak semua.Mbok ya antum bikin link versi print, so ane ndak kakean kertas yang terbuang. Kayak tulisan diatas, mestinya ane cuma butuh 2 lb kertas ning berubung ra ono versi print, yang keluar sampe 5 lb print.Jz

  • emram says:

    Syukran ya…
    Tulisan nt dpt ngebantu pembuatan makalah tgs Aplikasi Pengelolaan Teknologi Informasi aNa…meski kurang lengkap.

Leave a Reply