Google For Dummies v.1.1

Lagi – lagi for Dummies ! Iya..sih. Soalnya saya juga merasa bahwa kemampuan berinternet saya pun masih dummies banget, sehingga ndak berani nulis judul “for Advanced user..” hehehehehe. Yang jelas, tutorial ini bukannya pengin nyaingin judul terkenal sebuah buku, tapi lebih pada penekanan kelas sosial di dunia maya, supaya yang bener-bener dummies (pemula) bisa terakomodasi dan yang sudah advance tetep bisa menghargai yang dummies.

Google digunakan sebagai salah satu mesin pencari yang powerfull untuk mencari informasi yang tepat dan akurat. Pencarian informasi secara akurat, cepat dan tepat didasari oleh berbagai macam motif dan tujuan, terlepas dari tujuan itu baik atau buruk. Dibawah ini akan dijelaskan tentang perintah khusus pada Google, dan akan dijelaskan pengertian dan penggunaan dari tiap – tiap perintah untuk mendapatkan informasi tersembunyi dan sangat penting. Perintah – perintah tersebut antara lain :

1.”intitle:” ialah sintaks perintah untuk membatasi pencarian yang hanya menghasilkan judul yang mengandung informasi pada topik yang dimaksud.
Sebagai contoh pada pencarian, “ intitle: password admin “ ( tanpa tanda kutip ). Pencarian akan mencari page yang mengandung kata “ password “ sebagai judulnya dengan prioritas utama “admin” .

Jika pada pencarian terdapat dua query pencarian utama, digunakan sintaks allintitle: untuk pencarian secara lengkap. Sebagai contoh pada pencarian “allintitle:admin mdb”. Maka pencarian akan dibatasi pada dua subjek utama judul yaitu “admin” dan “mdb”.

2.“inurl:” ialah sintaks perintah untuk membatasi pencarian yang hanya menghasilkan semua URL yang hanya berisi kata kunci informasi yang dimaksudkan. Sebagai contoh pencarian dalam pencarian,”inurl : database mdb”.

Pencarian akan menghasilkan semua URL yang hanya mengandung informasi tentang “database mdb “. Hal yang sama juga berlaku pada sintaks ini, jika terdapat dua query pencarian utama, digunakan sintaks “allinurl:” untuk mendapatkan list url tersebut.

Sebagai contoh pencarian “allinurl: etc/passwd“ , pencarian akan menghasilkan URL yang mengandung informasi tentang “etc” dan “passwd”. Tanda garis miring slash (“/”) diantara dua kata etc dan passwd akan diabaikan oleh mesin pencari Google.

3.“site:” ialah sintaks perintah untuk membatasi pencarian suatu query informasi berdasarkan pada suatu situs atau domain tertentu. Sebagai contoh pada pencarian informasi: “waveguide site:ugm.ac.id” (tanpa tanda kutip). Pencarian akan mencari topic tentang waveguide pada semua halaman yang tersedia pada domain ugm.ac.id.

4.“cache:” akan menunjukkan daftar web yang telah masuk kedalam indeks database Google, yang berhasil didapatkan oleh Google Crawler. Sebagai contoh:
“cache:detik.com”, pencarian akan memperlihatkan list yang disimpan pada Google untuk page deffcon.org.

5.“filetype:” ialah sintaks perintah pada Google untuk pencarian data pada internet dengan ekstensi tertentu (i.e. doc, pdf or ppt etc). Sebagai contoh pada pencarian : “filetype:pdf” “Linux Hacking” (tanpa tanda kutip). Pencarian akan menghasilkan file data dengan ekstensi “.pdf” yang mengandung kata Linux dan Hacking.

6.“link:” ialah sintaks perintah pada Google yang akan menunjukkan daftar list webpages yang memiliki link pada webpage special. Sebagai contoh:“link:www.jasakom.com” akan menunjukkan daftar webpage yang memiliki point link pada halaman situs Jasakom.

7.“related:” sintaks ini akan memberikan daftar web pages yang serupa dengan web page yang di indikasikan.Sebagai contoh: “related:www.jasakom.com”, pencarian akan memberi daftar web page yang serupa dengan homepage Jasakom.

8.“intext:” sintaks perintah ini akan mencari kata kata pada website tertentu. Perintah ini mengabaikan link atau URL dan judul halaman. Sebagai contoh :
“intext:admin” (tanpa tanda petik), pencarian akan menghasilkan link pada web page yang memiliki keyword yang memiliki keyword admin.

Dengan menggunakan beberapa kata kunci di atas, Google akan menjadi “pedang” yang bisa dimanfaatkan untuk menggali informasi yang tersembunyi, tak terduga, bahkan sangat penting bagi suatu pihak. Beberapa pihak yang rajin melakukan auditing (pemeriksaan ) keamanan suatu sistem melalui jaringan internet biasanya menggunakan google sebagai sarana praktis untuk footprinting (penggalian data sistem yang akan diaudit). Pada kesempatan mendatang, akan kita coba menguak beberapa rahasia yang bisa didapat, hanya dengan google dan kecerdasan otak kanan kita.

Salam,
massunu

Be Sociable, Share!

1 Comment

  • gema adak says:

    saya masih belum paham mengenai ini ”
    1.”intitle:” ialah sintaks perintah untuk membatasi pencarian yang hanya menghasilkan judul yang mengandung informasi pada topik yang dimaksud.
    Sebagai contoh pada pencarian, “ intitle: password admin “ ( tanpa tanda kutip ). Pencarian akan mencari page yang mengandung kata “ password “ sebagai judulnya dengan prioritas utama “admin” .”

    maksudya bagaimana ??

Leave a Reply