Be a switcher on linux …

Be a switcher on linux ? Yup, sistem operasi cap pinguin ini sekarang emang bukan lagi sistem operasi kelas duwa.Bahkan, beberapa corporate mensyaratkan karyawannya supaya mereka nggak canggung-canggung lagi “ngoprek” (istilah khusus yang artinya : mempelajari dengan sungguh-sungguh…).So, linux bukan lagi sebuah sistem operasi dengan tampilan text only yang layak ditakuti. Ada beberapa trik yang bisa dicoba, khusus buat kamu-kamu yang masih awam dan pemula di linux (don’t worry, semua juga awalnya newbies koq !).
Trik tersebut adalah :

1. Cobalah pelajari terlebih dahulu tampilan linux dengan menggunakan versi live CD.Butuh yang gratis ? Pesen aja di http://shipit.ubuntu.org. Dapetin aja linux ubuntu yang masih satu keluarga sama distro linux debian.

2. Kalo udah mantep, install aja linux di komputer kamu. Masih takut juga ..? Sediakan harddisk baru yang terpisah dari harddiskmu yang lama (yang berisi Windows ..).

3. Mulailah jalankan linux dan sedikit demi sedikit tentukan kebutuhan kamu yang paling mendasar terhadap linux kamu. Apakah kamu ingin menjadi seorang administrator sistem administrator jaringan, ataukah webdeveloper, atau kamu cuma menggunakannya untuk
mengetik, sebagaimana yang kamu lakukan di windows. Atau bahkan multimedia editing ? Linux mampu melakukannya …

4. Usahakan, kamu juga mempelajari beberapa perintah dasar di linux. Insya Allah bermanfaat.

5. Pelajari juga cara-cara menginstall paket dari konsole. Sekedar tahu aja, untuk distro yang berbeda, paket instalasinya terkadang juga berbeda. Namun, ada satu paket yang bisa diinstal di semua distro, yakni paket source yang sering berakhiran dengan tar.gz,tar.bz, dan sebagainya ..

   Cara installnya gampang :
   
   Pertama kali, ekstrak dulu paket instalasinya. Misalnya, paket tar.gz :

   $tar xvzf

   terus masuklah di direktori yang barusan kamu ekstrak, lalu ketikkan perintah :

   $configure
   $make
   $makeinstall

   (ikuti aja perintah di atas, satu persatu …)

Oke ….itu dulu modal dasarnya kalo mau jadi linuxer. Met ngoprek linux !

Be Sociable, Share!

Leave a Reply