Tentang DVD combo di iBook yang macet …

Beberapa waktu yang lalu saya sempat mengalami kepanikan. Saat itu tiba-tiba DVD combo yang terinclude di iBook G4 saya macet, ngga’ mau baca file dari CD yang saya masukkan. Di sisi lain, CD yang saya masukan selalu saja “dimuntahkan” beberapa detik setelah drive DVD saya tidak mampu membaca data dalam CD atau DVD yang saya masukkan. Berbagai macam jenis merk CD sudah saya coba masukkan, bahkan tak luput DVD installer Mac OS X yang datang bersama iBook ini juga saya coba masukkan. Tak urung, perlakuan yang sama didapat oleh CD dan DVD yang saya masukkan. Mereka dipaksa keluar kembali setelah si DVD combo ngambek baca data. Bahkan beberapa diantaranya malah ngga’ mau keluar lagi dan saya terpaksa harus me-restart iBook sambil memencet trackpad pas booting supaya si CD yang ngendon dalam drive DVD combo saya segera keluar.
Bingung dan pusing tujuh keliling, saya mencoba dengan setengah putus asa untuk memasukkan CD blank siap bakar yang ada di sisa-sisa tumpukan CD saya. Dengan setengah berharap, saya mencoba mengetes optik yang ada di drive DVD combo saya. “Barangkali hanya kotor, semoga tidak rusak …”, saya berujar dalam hati. Alhamdulillah, ternyata CD blank yang saya masukkan terbaca, sebagaimana default-nya ketika kita akan mem-“bakar” CD-R dengan iBook. Segera saya mencoba mem-burn beberapa data saya, sekedar untuk percobaan. Proses burning berjalan normal, dilanjutkan dengan verify data hasil burning. Huff, sukses juga akhirnya. Artinya, fungsi record di DVD combo masih normal. Tiba saatnya saya mencoba mengeluarkan dan memasukkan kembali CD hasil burning-an tadi.Sret ! DVD combo saya menghisap dan langsung berjalan normal tanpa suara-suara bising yang sebelumnya saya temui saat si combo ini ngadat. Muncul ikon CD di desktop dan data yang ada di dalamnya bisa saya baca…..
Saya mencoba kembali memasukkan beberapa CD yang tadi “dimuntahkan” si combo. Alhamdulillah sekali lagi, si combo mau membaca kembali setelah saya training kejar paket B (baca : paket BURNING) dan ia lulus dari UAN (Ujian Akhir Ngadat). Beberapa CD lain (isi mp3, gambar) saya coba masukkan juga, dan sukses juga. Saya jadi kepikiran, apakah ini adalah salah satu treatment yang non-official bagi DVD combo yang mungkin saja kotor karena debu atau yang sejenisnya ? Wallahu a’lam (situs apple.com ngga’ pernah cerita juga masalah yang beginian). Yang jelas, saya jadi lebih kenal dengan si combo yang sangat sensi dengan CD atau DVD yang nggak berasa lezat baginya. Satu kali saja kita kurang berhati-hati memasukkan CD atau DVD yang kotor (berdebu, ada bekas jari tangan di piringan yang mengkilap) atau sekedar tergores saja, si combo bakalan ngadat. Dan ini akan berakibat fatal kalau tidak segera tertangani dengan baik.

Semoga yang sedikit ini bermanfaat buat temen-temen yang mengalami masalah yang sama. Oya, saran saya coba sekali-sekali kita baca lagi manual dari Mac OS X, terutama yang terkait dengan drive DVD combo dan perawatannya. Caranya gampang koq, cukup pencet “command+?” dan ketikkan kata kunci “eject disc” atau “disc” saja dan halaman manual akan muncul memandu kita, termasuk penanganan pertama ketika CD kita ngadat di dalam drive ngga’ mau keluar. Saran yang lain, jangan terlalu sering memakai DVD combo kalo ngga’ perlu banget (iyalah, tiap barang kan juga ada umur pakainya). Bisa juga pakai drive eksternal yang terkoneksi ke USB supaya DVD combo di iBook tetep awet. So, jangan panik cepet-cepet deh. Tetep nyantai dan yakin kalo setiap masalah pasti ada jalan keluarnya ….

Be Sociable, Share!
Categories: Mac

Leave a Reply