Pasca Laptop Meledak : Dell Tarik 4 Juta Baterai Laptop-nya

Dewi Widya Ningrum – detikInet
Jakarta, Raksasa komputer asal Amerika Serikat (AS) Dell mengatakan, akan menarik sekitar 4,1 juta baterai laptopnya. Ini terkait dengan kasus overheat dan meledaknya laptop Dell yang marak terjadi belakangan. Tak dipungkiri kejadian ini turut membuat pemilik notebook Dell mulai ketar-ketir.

Baterai yang ditarik, menurut Dell, adalah baterai yang dibuat Sony Energy Devices Corp. Jepang. Baterai tersebut termasuk yang dipakai di laptop Latitude, Inspiron dan XPS.

Dell menambahkan penarikan baterai ini dilakukannya dengan sukarela, demi menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Pasalnya baterai tersebut diduga bisa menyebabkan laptop overheat bahkan mengeluarkan api. Penarikan ini, masih menurut Dell, adalah yang terbesar dalam sejarah 22 tahun Dell berkiprah di dunia komputer.

“Baterai lithium-ion yang kami tarik kemungkinan bisa mengeluarkan api,” ujar juru bicara Dell Jess Blackburn, seperti dilansir kantor berita Reuters dan dikutip detikINET Selasa (15/08/2006).

Yang jelas, penarikan tersebut melibatkan 18% dari 22 juta laptop Dell yang dijual antara 1 April 2004 dan 18 Juli 2006. “Semua baterai yang ditarik bermerek Dell, namun sel baterainya merupakan buatan Sony,” ujar Blackburn lagi.

Belum ada korban terkait kasus ini. Sampai sejauh ini Dell sudah menerima enam laporan terkait baterai yang memanas. Lebih lanjut disebutkan, penarikan ini dilakukan dalam rangka menyegarkan kembali ‘image‘ Dell.

Mengenai hal ini, perwakilan dari Sony Energy Devices Corp. Jepang selaku pembuat sel baterai tersebut, masih belum bisa ditemui untuk dimintai keterangan.

Sekedar informasi, Dell juga pernah menarik beberapa baterainya pada tahun 2000, 2001, dan 2004. Bahkan Desember 2005 lalu, Dell juga telah menarik 22.000 unit baterainya dari pasaran. Sejumlah produsen notebook termasuk Hewlett-Packard, IBM, Apple juga pernah mengumumkan penarikan produk karena ada masalah pada baterai. (dwn)

————————————–komentar massunu————————————–

waduh,waduh…ni adlah salah satu kasus mal praktik di bidang IT yang harus segera ditindaklanjuti, buat yang punya laptop Toshiba atau Dell, silahkan baca berita :

Laptop Dell TERBAKAR

Laptop Toshiba Meledak!

Be Sociable, Share!

5 Comments

Leave a Reply