Blog, Blogger dan Blogging (1.0)

Huff….setelah yang kemaren-kemaren machet tanpa ada tutorial yang useful, akhirnya tergerak juga jari ini buwat ngetik-ngetik sekedarnya (semoga temen-temen yang baca dong juga yha, jangan bingung lho …)

Banyak dari kita yang sudah bertahun-tahun menggunakan internet dan email, namun belum mau menggunakan satu hal baru (yang baru aja ngetrend akhir-akhir ini) di kalangan netter (pemakai internet) yang disebut dengan blog. Blog lebih banyak dikenal seperti diary online, dimana blog banyak digunakan oleh netter secara personal untuk menuliskan ide-idenya (good idea or bad idea), proyek-proyek yang sedang dikembangkan, curhat, atau bahkan sekedar mengumpat dan menjelek-jelekkan orang lain.
Apapun alasan kita menggunakan blog, blog merupakan media aktualisasi diri yang luar biasa bermanfaat bagi kita, khususnya mereka yang mencoba untuk menjelaskan ide-idenya dengan bahasa tulisan supaya lebih bermanfaat bagi orang lain. Blog juga bermanfaat untuk menunjukkan portofolio (istilah keren dari ‘hasil karya’) kita kepada orang lain, dimana lewat blog seseorang bahkan bisa memperoleh pekerjaan karena portofolionya diminati orang lain. Dengan blog, seseorang bisa belajar menggunakan bahasa inggrisnya, bahasa jepangnya, atau bahasa apapun yang sedang dia pelajari tanpa takut malu (karena bisa saja kita menyembunyikan identitas asli kita di internet). Seorang netter yang mempunyai blog, rajin nge-blog dan sering bertukar pikiran dengan pengguna blog lain disebut dengan blogger.

Ada kelebihan lain dari blogging (membuat, merekayasa, memelihara, mengisi blog). Selain kita tidak perlu membayar (yup, karena kita cukup sign-in saja untuk mendapatkan account gratis layaknya email), blogging juga menjadi sarana interaksi yang cukup baik bagi mereka yang senang dengan persahabatan, khususnya persahabatan via internet. Ada sebuah kisah menarik, dimana seorang teman saya bisa memperoleh pekerjaan di sebuah institusi asing hanya bermula dari blogging saja ! Bahkan hanya karena iseng-iseng saja, seorang webmaster yang tinggal di bilangan yogya utara berhasil mengumpulkan 500 US dollar per bulannya, dengan aktivitas blogging dan bersosialisasi dengan blogger yang lainnya (pengin tahu caranya ? Makanya, bikin blog dulu dong!). Seorang blogger juga bisa dengan mudahnya mengubah-ubah konfigurasi dan tampilan blog-nya, sesuai dengan pengetahuan yang ia miliki. Bagi seorang pemula, blog memberikan keleluasaan karena konsep-konsep drag and drop dan klik sana-sini untuk mengubah konfigurasi. Bagi mereka yang hobi mengutak-atik, blog memberikan keleluasaan untuk mendesain ulang tampilannya, bahkan apabila harus coding ulang, seseorang akan mampu untuk membuat tampilan yang excellent dan sama sekali berbeda dengan blog-blog yang ada di dunia.

Tentu, masing-masing blog harus memiliki kelebihan supaya nilai jual dari blognya menjadi tinggi dan hit (jumlah kunjungan yang diperoleh) juga tinggi. Tak lain dan tak bukan, tentu dengan berbagai cara kita mampu untuk ‘earning money’ dengan kreatifitas kita. Dan satu hal lagi, blog bukan dominasi orang IT dan orang komputer. Semua orang dengan semua profesi layak untuk menjadi blogger dan inilah salah satu konsep kesetaraan dunia maya yang memandang seseorang bukan dari garis keturunan atau tingkat kekayaannya, namun dari kompetensi dan kontribusinya pada orang lain.
So, mengapa masih ragu ? Just take your self in front of your computer, start typing, tell your idea to others and be a blogger, ‘cause you are different with your friend, your parent, and everyone you know in this entire world.
Happy blogging …..
NB : buat kamu-kamu yang pengin punya blog gratisan, langsung aja tongkrongin alamat ini
http://www.blogspot.com
http://www.wordpress.com

Be Sociable, Share!

2 Comments

Leave a Reply