Ilmu Di Internet : A Brief Tutorial for Us ….

Bismillah, in the name of Allah …..
Internet, terlepas dari pengaruh baik ataupun pengaruh buruk yang ditimbulkan sebenarnya adalah gudang ilmu yang luar biasa, baik bagi mereka yang berkecimpung di dunia eksakta, dunia komunikasi, maupun dunia sosial dan politik yang lainnya. Ada banyak cara untuk memanfaatkan internet sedemikian rupa sehingga apa yang ada di dunia maya yang tak terhingga luasnya ini bisa kita serap sesuai dengan kafa’ah (keterampilan) yang kita dalami. Want to know how to optimize your brain with internet connection ? Check this out :

1. Pastikan Anda terbiasa dengan search engine (mesin pencari) dan pastikan Anda mampu menggunakannya secara optimal. Gunakan search engine semacam google.com dan pastikan Anda mampu memanfaatkan fitur-fitur pencarian yang ada pada google. Kalau masih belum jelas, bisa lihat di artikel saya yang lalu

2. Just open your mind ! Don’t prejudice without belief, jangan menghakimi sebelum tabayun (cek ‘n ricek). Sebuah situs tidak selalu seperti yang ditampilkan atau diberitakan. Serap yang baik buang yang buruk, jangan dimakan keduanya (’amar ma’ruf nyambi mungkar) atau malah kebalikannya (walah, musibah itu namanya, hehehehe…). Pokoknya, merasa nyaman aja ketika surfing or browsing.

3. Rajin ngikutin berita-berita terbaru. Situs-situs seperti www.detik.com, www.eramuslim.com, dan situs-situs berita lain, seperti antara, BBC, islamonline adalah makanan harian mereka yang gak mau dibilang ketinggalan berita (oya, ada sisi-sisi jurnalisme yang kadang nggak berimbang diberitakan, terutama apabila terkait dengan dunia Islam. So becareful, jangan baca BBC sebelum baca eramuslim, jangan buka CNN sebelum buka hidayatullah.com). Situasi dunia, peluang kerja dan sebagainya bisa didapat di sini.

4. Ikutan mailing list yang bermanfaat. Oya, syaratnya Anda punya email, maka buatlah email terlebih dahulu (pakai aja plasa.com, atau yahoo.com. Bisa juga gmail.com, tapi yang terakhir ini harus melalui rekomendasi temen kita yang meng-invite / mengundang kita dengan email juga). Untuk memudahkan dalam mensortir email privat (pribadi) dan email mailing list, buatlah folder tersendiri (add folder) dalam email anda. Anda pun bisa membuat filter atas email yang masuk dengan menambahkan filter melalui fitur “option” yang ada di opsi email Anda (yang ini diambil dari fitur-fiturnya yahoo.com yang menyediakan filter email, artinya yahoo akan mengenali email yang mempunyai header / awalan tertentu kemudian memasukkannya ke folder yang Anda tentukan).

5. Ikutan forum diskusi yang sesuai dengan spesialisasi Anda. Dan jangan lupa, proaktiflah, jangan pasif aja. Berkontribusilah kepada forum, maka mereka akan memberikan manfaat juga kepada kita. Insya Allah, via forum diskusi kita bisa memperdalam apa yang jadi masalah kita, bahkan dari sanalah kita bisa memperoleh koneksi kerja secara tidak langsung.

6. Cintai apa yang Anda tekuni dan tularkanlah ilmu Anda kepada orang lain. Dengan membagikan apa yang Anda miliki, Allh SWT akan menambahkan ilmu Anda. That’s right, artinya Anda harus rajin-rajin research terhadap apa yang sedang Anda geluti dan jangan lupa membagikan ilmu Anda kepada orang lain. Internet gak hanya buat orang IT, semua orang sangat bisa dan sangat mampu memanfaatkan internet untuk pengembangan dirinya. Salah satu cara buat share ilmu Anda ke orang adalah dengan membuat blog (www.wordpress.com , www.blogspot.com). Cukup daftarin diri Anda dan Anda akan memperoleh account gratis layaknya email gratisan. Anda pun akan memiliki blog pribadi dengan struktur www.namaanda.wordpress.com atau www.namaanda.blogspot.com . Simpel kan ? Manfaat blog ? Hmmm, ikuti artikel saya yang kemaren

7. Download resource-resource yang bisa dibaca secara offline, kayak ebook, artikel-artikel dan seterusnya. Anda bisa gunakan google untuk mencari file yang sesuai dengan apa yang Anda gunakan, berikut jenis filenya sekalian (pdf, doc, ppt, apapun itu).
Oya, ada juga situs-situs tertentu yang menyediakan layanan pengiriman majalah atau jurnal gratis sampai ke rumah kita via pos (saya udah berkali-kali dikirimi, tentu kita harus ngisi form dengan nama dan alamat sesungguhnya). Jurnal ini biasanya berisi hasil research ilmuwan-ilmuwan luar yang dishare secara gratis ke kita. Carane piye ? Usaha dunks ! Masukin aja keyword di google.com : “free journal copy related with [isikan dengan bidang ilmu yang Anda cari]” atau “free shipping journal copy related with [isikan dengan bidang ilmu yang Anda cari]”. Hasil akan bervariasi, tapi setidaknya Anda sudah mencoba kan ? Hehehehe …..

8. Dokumentasikan artikel-artikel dan file mailing list yang Anda anggap perlu. Caranya ? Save As aja..mudah kan ? Situs-situs tertentu menyediakan fasilitas download yang memungkinkan pengunjungnya mendownload file-file mailing list yang lama (tahun-tahun sebelumnya).

9. Ada sebuah situs yang menyediakan pengetahuan secara umum, layaknya sebuah ensiklopedia. Situs itu adalah http://wikia.com (versi Indonesia) atau http://wikipedia.com (internasional). Anda cukup memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari di situs tersebut dan sreettt, keluarlah berbagai macam info related with your keyword. Ada juga situs komunitas Indonesia yang cukup ramai dikunjungi http://www.kaskus.com . Kunjungi aja dan sekali lagi, pastikan Anda nyerep yang baik-baik aja ya ….. (jangan nakal lho, malaikat Atid udah siap-siap megang penanya tuh ! Hehehehehe…).

10. Perluas komunitas, ajak teman-teman Anda dan berikan penjelasan yang benar tentang manfaat positif dari Internet. Jangan sampai ada fatwa “Internet Haram” karena kebodohan kita dalam memanfaatkan internet ataupun fatwa yang tidak dilandasi pengetahuan atas ‘manhaj’ (metode) yang benar memanfaatkan internet.

11. Last but not least, ikutan aja friendster (friendster.com) dan tulis semua bacaan dan hobi Anda. Anda akan menemukan orang-orang yang se-”fikrah” (baca : sepaham) dengan Anda. Tinggal klik link di profil Anda dan friendster akan menampilkan list orang-orang yang sehobi dengan Anda. Yakin ! Oya, kalau ndak mau pasang foto aseli Anda di sini, pasang aja foto doraemon atau hello kitty sebagai foto samaran (hehehehe…). Yang penting ‘open your mind’ aja dan jangan ragu begaul (tentu sesuai syar’i yha, aja neka-neka lah…).

Huff…. oke deh. Itu dulu aja. Semoga bermanfaat buwat ente yang sedang melototin tulisan ini. Ada kurangnya saya mohon maaf. Kalau ada lebihnya, ambil aja deh, bawa pulang sekaliyan …hehehehehe ……..

“….yarfa’illahulladziina amanu minkum walladziina uutul ‘ilma darajah….” (Al Mujadilah:11)

Be Sociable, Share!

8 Comments

Leave a Reply