Promoting Your Site via Internet

googleku

Hah ? Yang bener ? Emang bisa promosikan situs pake internet dan situs kita diakses oleh manusia di seluruh dunia ?
Eit, jangan apatis dulu, bro ! Bener loh. Coba aja lihat situs yang sedang kamu pelototin ini. Situs ini menempati urutan kedua di mesin pencari www.google.com jika dimasukkan kata kunci “sunu” atau “sunu wibirama”. Gimana sih caranya ? Langsung aja kebet tutorial yang satu ini :

1. Pastikan kamu mendaftarkan situs kamu pada mesin-mesin pencari yang kondang abis, semacam Google atau Yahoo. Caranya ? Misalkan di google ada fasilitas pendaftaran dengan membuka http://www.google.com/addurl.html . Buka aja halaman ini dan masukin informasi yang dibutuhkan. Niscaya Google akan segera mendeteksi situs kamu dan keabsahan alamat yang kamu masukkan. Untuk Yahoo dan mesin pencari yang lain, silahkan cari sendiri fitur pendaftaran situsnya ! (Iya, dong. Biar nambah pinter, geto….).

2. Rajin-rajinlah mempromosikan via email atau forum-forum diskusi internet yang kamu ikutin. Jadikan alamat situs kamu sebagai signature (tanda tangan), atau catatan kaki, sehingga tiap kali kamu mengirimkan email atau melakukan posting di forum-forum, kamu bisa sekalian promosikan situs kamu.

3. Isi buku tamu, dan perbanyak silaturrahim. Ya, ini juga salah satu trik licik, supaya jumlah hits pengunjung situs kamu naik. Intinya, rajin-rajin aja kunjungi dan mengisi buku tamu di situs lain dan perbanyak silaturrahim …

4. Pertukaran banner. Ini juga salah satu cara yang cukup manjur kalau tidak mau dibilang ampuh. Ajak kerjasama situs-situs kaliber nasional untuk melakukan pertukaran banner. Niscaya orang akan semakin sering mengunjungi situs kamu dan hits situs kamu akan bertambah. Sebagai dampaknya ? Posisi situs kamu di ranking mesin pencari akan naik drastis.

5. Masukkin RSS situs lain ke situs kamu. Ini juga secara tidak langsung akan menambah jumlah hits meskipun tidak secara signifikan.

6. Promosiin di situs-situs komunitas, semacam Friendster.

7. Dan ini yang terakhir. Ternyata kabar “mulut ke mulut” juga pengaruh loh ! So, jangan sungkan untuk mengatakan, “ Jangan lupa buka situs pribadiku yha ! “ kepada temen-temen, sahabat, dan handai taulan kamu tatkala kamu bersua dengan mereka.

Oke, itu dulu tips sederhana buat jadi terkenal (di internet). Yang terpenting, rajin-rajin aja melakukan update konten situs kamu, supaya pengunjung kagak bosen !

Wallahu a’lam

Be Sociable, Share!

1 Comment

Leave a Reply