DVD Combo dan Toast Itanium

Yah, barusan mendapatkan ilmu baru tentang masalah yang selama ini aku hadapi, DVD Combo iBook G4 yang ngambek kagak mau burning. Sempet bikin panik juga, soalnya udah di replace ke Jakarta, diganti sama yang baru, eh koq DVD combo nya tetep nggak mau burning. Sutra lah, pikirku. Yang penting tetep bisa baca CD dan tetep bisa nonton DVD dengan baek. Eh, lama-lama penasaran juga. Mumpung masih garansi, akhirnya tuh iBook kubawa ke Harrisma Service Center, dan kutanyakan ma mas Yonsie, seorang teknisi AppleCenter Jakarta yang direlocation ke Jogja untuk membantu teknisi di Harrisma.

Yah, dengan santai si Mas ini kemudian membuka Toast Itanium (semacam Nero kalo di Windows) dan mencoba memasukkan beberapa file yang akan di burn. Setelah itu, langsung aja memencet tombol RECORD, dengan kondisi DVD Combo belum diisi CD Blank sama sekali. “Mas, CD nya belum dimasukkin loh!”
“Tenang aja, tunggu aja sampai si Toast minta CD”, ujar si Mas ini nyantai. Nah, si Toast mengeluarkan peringatannya dan meminta user untuk segera memasukkan CD kosong ke drive DVD Combo si iBook. Dan….., badala ! DVD Combo tersebut berjalan sempurna !
“Wah, kena nih aku dikadalin ma komputerku sendiri”, aku berujar dalam hati.

Koq, bisa kayak gitu sich. Oke, deh mas, mbak, nyak, babe. Ini dia penjelasan teknisnya :

1. Fasilitas burning di iBook memang nggak begitu baek, terutama hal ini terjadi di beberapa iBook G4 buatan China dengan Texas Licensed. Jadi, buat temen-temen yang kebetulan juga punya iBook model kayak ginian, coba deh dicek DVD Combo-nya jalan nggak tuh, fungsi write-nya.

2. Jangan pernah sekali-kali memasukkan CD Blank ke dalam DVD Combo, sebelum si DVD ini minta ke kita untuk memasukkan CD Blank. Dengan kata lain, khusus untuk fasilitas burning ini, jangan pernah sekali-kali mencoba memakai Finder (fasilitas burning default untuk Mac OS X), karena beberapa kali terbukti, fasilitas burning yang ada di Finder juga nggak kalah kacaunya. Ntah kalo di Mac versi terbaru, yang jelas di iBook agak bermasalah. Solusinya ? Pakailah Toast (atau software lain semacam Burn), drag file yang akan diburning, pencet tombol record, dan tunggu sampai si Toast meminta kita untuk memasukkan CD kosong. Baru deh, masukin tuh CD sampai ditelen abis ma DVD Combo-nya. Insya Allah jalan. Udah aku coba juga koq.

3. Kalo cara di atas nggak bisa, mending segera minta replace aja sama tempat di mana Anda membeli iBook itu. Pokoknya, segera aja deh. Daripada ntar habis garansinya, rugi abis. So, pastikan bener-bener Anda membeli barang yang sehat. Harganya nggak murah, coy ….

Oke, semoga tips di atas ada manfaatnya

Powered by ScribeFire.

Be Sociable, Share!
Categories: Mac

1 Comment

  • loommy says:

    sepertinya harus diupdate versi Tigernya mas Sunu, soalnya mungkin emang masih ada bug nya di 10.4.6 nya njenengan.

Leave a Reply