Hostingan dan Domain Gratisan !

Dari blog tetangga, sih. Dan udah jadul (lawas) banget artikelnya. Anyway, nggak ada salahnya kalo kita tampilkan di sini, karena bermanfaat banget dan yang jelas, saya sudah merasakan manfaatnya, dengan berdirinya situs idcake.

Oke, kita mulai yuks !

TUTORIAL 1 : Bikin Domain Web.Id Gratisan

>> Lengkapnya silahkan di baca di sini

TUTORIAL 2 : Daftar Hosting Gratisan

>>Lengkapnya silahkan di baca di sini
TUTORIAL 3 : Setting Server

Sudah ? Nah, sekarang kita akan melakukan sedikit trik setting di hostingan dan domain kita. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Setelah Anda mendaftar di register.net.id, dan diaktivasi (disetujui), silahkan login dengan nama dan password Anda.

2. Masuklah ke menu Domain Manager, dan lihat apakah domain Anda sudah diaktivasi ataukah belum. Kalau sudah diaktivasi, tentunya Anda bisa melakukan update setting di domain Anda. Lihat pada setting Name Server. Masukkan nama name server sebagaimana tampilan di bawah ini :

domain1

Isikan dengan ns1.byet.org sampai dengan ns4.byet.org

3. Sudah ? Sekarang Anda buka account Anda di byethost.com. Masuklah ke menu Manage Domains > Domain Manager dan tambahkan nama domain web.id Anda di form create domain, sebagaimana tampilan di bawah ini :

domain2

4. Oke. Selamat, Anda kini sudah menghubungkan antara domain web.id dan hostingan gratis Anda di byethost.com. Coba Anda akses http://namasitusanda.web.id/ . Kalau setting Anda benar, Anda akan mendapati tulisan “Index of/” besar di browser Anda.


TUTORIAL 4 : Install CMS di Hosting Anda

1. Anda ingin membuat blog pribadi ? Forum Diskusi ? Portal ? Byethost menyediakan installernya. Kalau Anda seorang programmer web dan ingin mengupload script Anda, maka Anda bisa meletakkannya di :

/home/namadomainanda/htdocs/

di server byethost.

2. Klik menu Automatic Installer dan pilih domain Anda. Kemudian klik tombol “Proceed”

3. Akan muncul daftar CMS yang tersedia. Silahkan klik satu yang akan Anda “deploy” (install)

4. Akan muncul form isian implementasi instalasi dengan tulisan “Your URL destination to deploy”. Jika Anda berencana untuk memasang dua buah CMS sekaligus (misalnya blog dan forum diskusi), sebaiknya Anda membedakan lokasi instalasi dengan mengisi form ini, satu macam url untuk satu instalasi. Tulis saja yang Anda mau (misalnya /blog, /web, /forum), atau kosongkan jika Anda kurang paham dengan yang dimaksud (dengan asumsi, Anda hanya akan menginstall satu CMS saja).

4. Ikuti langkah dan persyaratan instalasi dari CMS

5. Setelah selesai, Anda bisa melakukan pengaturan dan kustomasi di CMS Anda.

Selamat ! Anda sudah memiliki website dengan domain khusus. Gratis lagi ! Sekalian saya ucapkan matur nuwun ke Mas Zaki atas tutorialnya …..

Yogyakarta, 10 April 2007

Be Sociable, Share!

3 Comments

Leave a Reply