More ‘Bout SEO (1)

Ada seorang teman masjid yang ngomong ke saya, “Mas, piye carane supaya web kita bisa nangkring di Google, di urutan pertama ? Aku mbok minta tolong ke kamu ya mas …”

Wah, gila nih ! Nggak gampang coy, bikin web kita bisa terkenal di Google ! Bahkan pekerjaan untuk membuat sebuah web menjadi nomer satu di Google sudah menjadi penghasilan tersendiri bagi para internet marketer. Ya, inilah yang sering disebut dengan SEO (Search Engine Optimation). Tidak hanya Google saja yang perlu kita sambangi supaya web kita menjadi “kondang”. Search engine yang lain juga perlu kita kunjungi dan tentunya kita mendaftarkan website kita di sana.

Tentang SEO ini, memang bukan menjadi barang baru di kalangan para aktivis internet. Bahkan sebagian dari mereka sudah menangguk untung yang lumayan besar, hanya dari kegiatan me-nangkring-kan website di urutan pertama search engine, tentu saat para pengunjung memasukkan kata kunci yang tepat. Selain itu, bagi mereka yang bermain di Adsense, SEO ini adalah ilmu wajib yang harus dipelajari, kalo situs mereka kepingin laku. Yang jelas, SEO ini ilmu yang bisa digunakan untuk cari duit, dan sudah banyak orang yang menjadi ahli SEO dan menawarkan dirinya di perusahaan-perusahaan untuk menaikkan hits situs mereka.

Ada beberapa cara (kuno) yang sebenarnya bisa kita manfaatkan untuk menaikkan hits situs kita, terlepas dari baik buruknya konten situs kita :

1. Buat situs dengan materi yang beda, unik, dan lain daripada yang lain. Ini penting. Barang bagus diliat dari kenapa dia beda dengan barang yang udah ada, plus kalo barang itu berkualitas. Itu menjadi nilai tambah tersendiri buat barang tadi. Kesimpulannya, situs yang kita bikin harus menyediakan keunggulan yang hanya bisa didapat oleh pengunjung saat mereka mengunjungi situs kita

2. Rajin aja jalan-jalan ke situs lain dan cari inspirasi. Belajar dari situs-situs dengan hits tinggi. Buat mereka yang hobi blogging, silahkan melakukan blog walking sebanyak-banyaknya dan berikan apresiasi terhadap blog orang lain.

3. Masuk ke bagian teknis nich ! Oke, gunakan meta data yang tepat di halaman web Anda. Masukkan meta tag dengan kata kunci yang tepat, jangan ngasal aja masukinnya. Kalau web Anda tidak ada hubungannya dengan ponsel, jangan memasukkan kata kunci “ponsel” di metatag. Crawler Google akan menertawakan Anda nantinya …

4. Masih teknis, pelajari karakteristik dan cara kerja indexing-nya Google. Untuk masalah ini, para penggiat Adsense dan para publisher adalah ahlinya. Silahkan Anda berdiskusi dengan mereka. Atau, carilah informasi di wikipedia, dan tak lupa, tentu baca artikel-artikel tentang SEO di berbagai situs. Ini akan menambah kedewasaan Anda, daripada sekedar memasukkan sekarung kata kunci yang nggak ada hubungannya sama sekali dengan konten situs Anda.

5. Gunakan robots.txt yang akan membantu Google untuk melakukan crawling terhadap halaman-halaman web yang Anda inginkan. Bagaimana tutorialnya ? Cari aja sendiri, heheheh ! Jangan manja, ah …

6. Ikuti milis, forum diskusi, dan berkontribusilah dengan melibatkan url atau alamat situs Anda. Misalnya gini nih :

” Eh, aku punya loh, ebook gratis. Kamu bisa download di situsku, di :

http://sakkarepmulemuni.com/download/namafilekamu ”

Nah, dia akan mengunjungi situs kita dan akan berjalan-jalan untuk melihat file-file lain yang kita sediakan. So, jangan terlalu ngoyo, yang penting rajin aja …

7. Promosi Offline penting juga, kalo emang situs kamu ada hubungannya dengan sesuatu yang offline (misalnya : kamu jualan jamu, atau porselin, maka bisa deh, tuh situs kamu bikinin stiker atau gantungan kunci yang nyebut-nyebut nama situs kamu).

8. Lihat di mana kita melakukan hosting. Tentu berbeda jauh, jika kita melakukan hosting website kita di jaringan IIX dan di jaringan luar Indonesia (US, UK, dll). Bukan faktor utama sich, tapi ini juga menentukan kecepatan akses website kita bila diakses dari jaringan luar IIX, terutama kalo website kita berbahasa Inggris.

9. Cara yang terakhir untuk menaikkan hits : sediakan download-an file-file yang menarik pengunjung. Terserah, apapun itu, tergantung dari hati nurani masing-masing. Kalau kita sudah nggak peduli lagi dengan hak cipta, menghargai hasil karya orang lain, silahkan sediakan program-program ilegal . Dan nggak lama lagi kita bakalan kena tegur dari mereka yang merasa dirugikan ….

Oke, itu aja sich, sedikit banget tentang SEO. Suatu saat akan kita sambung lagi artikelnya. Maklum, masih sama-sama belajar !

Be Sociable, Share!

1 Comment

  • K-159 says:

    Hi sunu, artikel yg ‘menarik’ sampe2 ada yg nerbitin buku khusus utk masalah ini.Bahkan ada yg sampe menggunakan cara yg gk ‘fair’ dg kombinasi script yg berat :( agar tertangkap jd urutan pertama di google.Banyak webmaster lupa akan content websitenya demi mengejar hal ini.Have a nice day, bro

Leave a Reply