ERP dan Compiere

compiere-book

Yup, beberapa hari ini aku diminta salah seorang teman untuk membantunya mengerjakan skripsi tentang konfigurasi dan implementasi ERP menggunakan Compiere, sebuah software yang menangangi Resource Planning berbasis Oracle dan Java, yang …. bujubuneng….. langsung nyedhot resource computer yang ada. Sekedar info aja, komputer yang digunakan mempunyai spec prosesor AMD Athlon 64 Dual Core dengan RAM 512 MB. Pas server JBoss (yang isinya termasuk Apache juga) dan program Compiere-nya aku aktifkan, langsung aja komputer “cepet” tadi menurun performanya dan nggak jauh beda rasanya dengan make komputer PIII 700 MHz yang sedang njalanin Corel Draw 11 dan Photoshop bersamaan. Luambatnya bukan main.

Entah kenapa, orang yang suka bermain-main dengan Java based software dan Oracle musti berpikir juga tentang performa komputer yang dimilikinya. Dua biji software ini emang rakus banget sama yang namanya resource. Mungkin sesuai dengan tujuan dan implementasinya yang level enterprise (baca : level gedongan, perusahaan gedhe), so komputer yang dipakai juga musti level enterprise, bukan yang ecek-ecek macam komputer buat ndisain pamflet dan ngedit foto. Dan ini sudah aku buktikan dengan mengutak-atik software tadi. Walhasil, akhirnya aku mendesak temanku untuk segera menambah RAM-nya, jadi 1GB. Daripada ndak kelar-kelar skripsinya, mendingan segera upgrade memori …..

Btw, sepertinya mereka yang menguasai ERP akan sangat bermanfaat di industri-industri, utamanya industri makanan, kesehatan, dan pertanian yang ada di Indonesia. Menurut temanku, banyak peluang kerja bagi mereka yang memahami konsep ERP ini.

So, siapa yang mau nyusul, belajar Compiere ? Siapin dulu aja resource-nya…..

Be Sociable, Share!

3 Comments

Leave a Reply