SEO Video Tutorial

SEO CD

Search Engine Optimization atau sering disebut SEO adalah sebuah ilmu yang mempelajari perilaku konsumen (user, pemakai, pengunjung website), perilaku dan aturan yang ada pada mesin pencari (www.google.com, www.yahoo.com, www.msn.com) serta apa yang harus kita lakukan pada website yang sedang kita kelola, sehingga website tersebut senantiasa muncul pada urutan teratas saat user memasukkan kata kunci mereka pada mesin pencari.

SEO, saat ini menjadi sebuah ilmu yang cukup diminati oleh banyak orang dan beberapa diantara mereka memberikan tips dan trik optimalisasi mesin pencari dengan menggunakan media video. Video yang saya upload ini adalah sebuah serial tutorial yang terdiri dari sembilan bab (dari total 14 bab, huff…). Tiga bab awal sudah saya upload dan siap di download. SEO video tutorial ini dibuat oleh Richard John Jenkins (http://www.websearchengineer.com), seorang SEO Master yang berdomisili di Los Angeles (USA).

Bab 1. Getting Started
Sebuah gambaran awal tentang SEO dan apa yang harus dilakukan oleh para pemirsa video untuk mempelajari SEO. Selain itu, disebutkan pula beberapa hal yang akan menjadi tujuan utama, mengapa video ini perlu kita tonton dan praktekkan. Cukup menarik.

[Download video ini]

Bab 2. Black Hat SEO – White Hat SEO
SEO pun mempunyai etika. Berinternet mempunyai etika dan masing-masing mesin pencari memiliki segudang etika yang mesti dipahami oleh mereka yang menggunakan jasa mesin pencari, sehingga mereka tidak diperlakukan sebagai “the banned site” atau situs yang dimasukkan dalam daftar hitam karena melakukan “search engine spamming”. Maka, etika dalam SEO pun harus kita pelajari, sehingga situs yang kita kelola akan langgeng dalam daftar situs yang banyak dicari oleh user.

[Download video ini]


3. The Search Magician’s Three Linking Rings
Dasar dari SEO adalah mempelajari perilaku tiga buah komponen : user, search engine, dan website. Dari tiga komponen tadi, yang sangat mungkin kita kendalikan, kita ubah, kita manage adalah website. Seorang pengelola situs tidak akan bisa mengatur kata kunci apa yang harus dimasukkan user. Perilaku user jauh diluar jangkauan kita. Search engine pun demikian, masing-masing memiliki aturan tersendiri. Website, adalah peluang terakhir yang bisa kita optimalkan, supaya apa yang kita tawarkan “match” dengan apa yang menjadi “demand” dari user. Selain itu, video ini juga menjelaskan tentang enam buah tujuan / goal dari website yang banyak mendominasi internet :

– Creating Web based selling website
– Creating Offline selling website
– Being informative, entertaining, etc
– Generating lips
– Creating market awareness
– Influencing, persuading the user

Maka, kenalilah jenis situs yang sedang kita kelola. Termasuk dalam goal yang manakah situs kita ?

[Download video ini]

Be Sociable, Share!

9 Comments

Leave a Reply