Listening Comprehension

Bicara soal latihan ndengerin Native speaker berbicara bahasa Inggris, tentu masing-masing orang punya cara tersendiri. Yup, beberapa orang diantara kita mungkin sangat terbiasa untuk membaca tulisan berbahasa Inggris. Namun, bagaimana dengan kemampuan mendengarkan percakapan berbahasa Inggris (listening) ? Ada beberapa tips menarik, nggak serius-serius banget sih, yang bisa dicoba :

1. Siapin telinga buat ngedengerin orang bule ngomong. Kalo nggak siap, mendingan jangan dulu deh.

2. Rajin-rajin nonton pilem barat, dan ilangin terjemahan (sub title) dari pilem tadi. Kata seorang teman, film Harry Potter terbaru edisi bajakan yang suara kemresek minta ampun sangat cocok buat latihan listening. Kalo nggak, coba nonton pilem Rush Hour 3, dan dengerin si Negro (rekan Inspektur Lee) ngomong. Kalo bisa nangkep maksudnya, berarti kemampuan Anda sudah lumayan.

3. Dengerin News dari radio, pake gelombang SW. Namanya juga radio, beritanya tentu beda dengan televisi. Yang jelas, tingkat kesulitannya sedikit di atas cara belajar no.2, karena kita hanya menangkap audio saja, tanpa visualisasi.

4. Jadi guide orang bule. Yah… sambil belajar minum air, eh nyari duit. Kata beberapa teman yang iseng sih, dengan belajar ngomong langsung, dia juga terbiasa untuk ndengerin orang yang diajak ngomong.

5. Kalau punya duit, coba aja jadi gelandangan selama seminggu di Singapura, atau Australia, atau negara-negara lain yang berbahasa Inggris. Coba untuk survival, minimal untuk bisa cari makan di sana. Nah, dijamin pasti lancar deh….

6. Sering-sering aja dengerin kaset TOEFL. Biasanya yang dipakai adalah bahasa Inggris yang baku dan sangat sedikit istilah-istilah slank digunakan. Bisa dicoba ..

7. Kalau nggak bisa juga….. gimana ya ? Mungkin emang belom bakat kali …

Selamat mencoba !

Be Sociable, Share!
Categories: Iseng

2 Comments

  • sampah_borneo says:

    orang barat pengen belajar bhs indonesia,bhsa jawa…
    mereka dtg k indonesia…terus apa kita orang indonesia
    juga kudu datang k inggris.heehee…

  • heheh, mas … kalo besok saya punya perusahaan sendiri, semua orang asing yang mau kerja sama saya harus ikut tes basa jawa dulu. Men kuapok ! :)

Leave a Reply