Sharing Partisi Mac dengan FTP

“Yah…koq bisanya cuman sharing file di user ini aja sih ? Gimana dong, partisi yang satunya ? Nggak bisa diakses deh”

Masalah sharing file Mac dan Windows mulai muncul saat kita melakukan partisi pada hard disk komputer Mac kita. Ya, Mac memang dirancang dengan berbagai kemudahan konfigurasi dan layanan (services), termasuk layanan file sharing. Pada sistem operasi Mac OS X, ada beberapa cara untuk melakukan file sharing Mac – Windows. Salah satu yang paling mudah dilakukan adalah dengan menggunakan layanan asal Mac, yakni Windows Sharing. Layanan ini akan memungkinkan file-file yang ada di komputer kita diakses dengan sistem operasi Windows. Caranya cukup mudah, aktifkan saja layanan ini dan Anda tinggal mengaksesnya dengan membuka Microsoft Windows Network pada Windows Explorer Anda, atau dengan membuka Start > Run > \ip.address.anduser.anda.

Sebagai contoh, komputer Mac Anda memiliki ip address 192.168.0.3 dan user yang saat ini Anda gunakan adalah “macsuntzu”. Untuk membuka akses file sharing melalui Windows, Anda tinggal mengetikkan \192.168.0.3macsuntzu pada prompt aplikasi “Run” dan secara otomatis Windows Explorer akan segera memberi akses pada file komputer Mac pada user Anda. Problem yang Anda hadapi saat ini adalah, bagaimana jika saya ingin mengakses file lain yang berada di luar folder user saya ? Apakah kita mengakses file di partisi data kita ? Bagaimana jika saya ingin mengambil beberapa file system atau library yang berada di luar folder user saya ?

FTP-3

Lakukan dengan FTP

Selain aplikasi Windows Sharing, Mac juga mengijinkan kita untuk mengakses beberapa file melalui metode lain, salah satunya melalui FTP Access. Akses melalui FTP dilakukan melalui port 21, secara default. Untuk mengaktifkan fitur ini cukup mudah, tinggal memberi tanda ‘check’ pada pilihan FTP Access dan secara otomatis komputer Mac Anda akan mengaktifkan layanan akses melalui port 21 (FTP). Lalu bagaimana cara mengaksesnya melalui komputer Windows kita ?

Anda memerlukan aplikasi tambahan untuk melakukan hal ini, tak lain adalah aplikasi FTP client. Ada banyak aplikasi FTP client open source di internet, seperti Filezilla, atau FastTrack FTP. Saya menggunakan aplikasi yang kedua sebagai aplikasi client yang saya gunakan untuk mengakses layanan sharing FTP di komputer Mac saya.

FTP-2

Menggunakan FTP Client pada Windows

Silahkan aktifkan aplikasi FTP client Anda. Pastikan Anda mengetahui alamat ip address,
username dan password komputer Mac Anda. Masukkan data-data ip address, username dan password Anda pada aplikasi FTP client Anda, kemudian lakukan akses ke komputer Mac. Apabila Anda sudah terkoneksi, silahkan masuk di tingkatan ‘root’ (/) untuk mengakses semua struktur folder pada komputer Mac Anda. Untuk mengakses partisi lain (sebutlah dengan partisi ‘Data’), Anda harus mengakses path berikut ini : /Volumes/Data/
Nah, Anda sudah berhasil mengakses partisi Anda dan saatnya melakukan pertukaran file dengan kecepatan transfer yang tidak jauh berbeda dengan layanan Windows Sharing.
Selamat mencoba !

ftp-3

Be Sociable, Share!
Categories: Mac

Leave a Reply