3 Langkah Membuat PDF dari Beberapa File Image

Anda mungkin pernah terpikir, gimana ya caranya menggabungkan beberapa images menjadi sebuah file PDF ? Jika Anda adalah seseorang yang sering melakukan scanning terhadap dokumen-dokumen penting dan mengirimkannya via email, dan Anda menggunakan Mac OS X 10.5 (Leopard), maka selamat ! Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari aplikasi lain yang sepintar Preview. Jika Anda belum menggunakan Mac OS X 10.5, maka beli atau upgrade sistem operasi Anda ke Leopard. Jika Anda ternyata bukan pemakai Mac OS X, maka skip saja artikel ini, alias jangan dibaca ! Wong artikel ini bukan untuk Anda, koq.

 

Sudah ndak sabar ? Oke, ikuti langkah-langkah berikut ini : 

 

1. Buka semua file image Anda secara bersamaan, dengan memencet SHIFT sambil memilih image yang akan Anda buka. Setelah terbuka seluruhnya, jangan lupa untuk mengaktifkan Sidebar Anda dan memilih file image tersebut, secara bersamaan. Convert file-file tersebut menjadi file PDF (masing-masing image menjadi sebuah file PDF yang berbeda). Untuk memudahkan, pilih gambar roda bergerigi di bagian bawah Sidebar, kemudian pilih “Save Selected”. Jangan lupa untuk mengisikan filetype sebagai “PDF” saat Anda akan menyimpan file-file tersebut. Lihat gambar di bawah ini :

 

pdf-tutorial1.jpg

 

 

2. Setelah itu, ulangi langkah pertama. Buka semua file PDF hasil konversi secara bersamaan. Setelah itu, aktifkan Sidebar Anda. Di langkah ketiga inilah, Anda harus melakukan pengubahan file PDF yang terpisah, menjadi satu kesatuan. Caranya, aktifkan Sidebar pada kedua file tersebut. Drag thumbnail dari PDF yang Anda inginkan di bawah atau di atas thumbnail file PDF yang satunya. Tentukan urutannya, apakah di bawah atau di atas. Pada gambar di bawah, saya meletakkan file transkrip di bawah file sertifikat. Secara otomatis, Preview akan mengopikan file tersebut ke file lain yang Anda inginkan. Dan secara otomatis pula, Preview akan menempatkan file PDF Anda menjadi sebuah kesatuan utuh. Lihat gambar di bawah ini :  

 

pdf-tutorial3.jpg

 

3. Langkah terakhir adalah mengamankan file Anda dengan menyimpannya. Cukup tekan File >> Save atau File >> Save As… dan pekerjaan Anda sudah selesai. Kini Anda tidak perlu lagi repot-repot mengupload beberapa image saat mengirimkan email ke rekan atau relasi Anda. Kalau bisa dibikin jadi satu PDF, ngapain repot ? Buat yang belum pakai Mac OS X 10.5 (Leopard), kasiaan deh, elo ! Buruan beli atau upgrade, biar nggak repot lagi ngurusin tetek bengek virus dan patch PC lama Anda, si Win*ows itu ! 

 

pdf-tutorial4.jpg

 

Salam hangat, 

 

Sunu Wibirama, S.T.

(Pengguna iBook G4 dengan Kucing Garong Baru :)

Be Sociable, Share!
Categories: Mac

Leave a Reply