Google Analytics : Solusi Murah Analisa Trafik Situs

Google Analytics adalah sebuah tool analisa trafik web berbasis web yang disediakan oleh Google Inc. untuk para web developer dan admin web. Tool ini mirip dengan beberapa tool yang ter-include dalam Cpanel, seperti : Webalizer, AwStat, dan sebagainya. Bedanya, tool ini adalah free dan memungkinkan kita untuk melakukan analisa banyak situs pada satu buah akun saja. Sedangkan tool yang ada pada Cpanel, meskipun Open Source, tetap harus membayar lisensi Cpanel yang cukup mahal. Untuk mendaftarkan diri pada Google Analytics, Anda harus memiliki account Gmail terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa mengunjungi link ini.

Pertama kali, Anda diminta untuk membuat account situs yang akan Anda analisa. Masukkan nama situs, misalnya kalau saya, ya memasukkan nama situs personal saya. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan beberapa baris code Javascript di bagian header Anda. Anda bisa juga memasukkannya di bagian paling bawah dari halaman web Anda, sebelum tag </body>. Setelah itu, secara otomatis, GA akan melakukan checking ke situs Anda dan dalam waktu kurang dari 5 menit GA akan menarik semua data kunjungan ke situs Anda.

Google Analytics memiliki berbagai macam fitur yang cukup menarik. Anda bisa melakukan eksplorasi sendiri dan mengekspor hasilnya ke dalam bentuk PDF.

3.jpg

Gambar di atas menunjukkan Overview dari pengunjung yang berkunjung ke situs personal saya. Sebaga gambaran, dalam waktu dua hari sudah tercatat 10 kunjungan ke situs tersebut. Dari 10 orang yang berkunjung, 7 orang adalah “absolute unique visitors”, artinya pengunjung tersebut memiliki IP Address yang berbeda dan GA mengidetifikasinya sebagai 7 orang pengunjung yang unik (berbeda). Selain itu, tercatat pula 82 kali “Pageviews”, artinya 82 kali klik pada tiap-tiap halaman di situs personal saya.

1.jpg

Nah, gambar di atas menunjukkan lokasi network (nama Internet Service Provider) yang digunakan oleh para pengunjung situs personal saya. Nomor satu, tentu Gadjah Mada University, alias institusi saya sendiri. Mayoritas memang mengakses dari jaringan UGM. Di bawah UGM, bisa dilihat beberapa ISP lain yang digunakan untuk mengakses personal page saya.

2.jpg

GA juga dilengkapi dengan fasilitas tampilan dalam bentuk Pie Chart. Lumayan canggih juga dan cukup membantu para developer untuk menganalisa trafik situs yang ada di internet. Contohnya, dari 10 pengunjung tadi, bisa dilihat prosentase pengunjung yang menjadi New Visior dan Returning Visitor. Semakin besar New Visitor sebuah situs, berarti situs kita semakin dikenal banyak orang. Semakin besar Returning Visitor kita, berarti situs kita selalu dinilai uptodate oleh pengunjung dan memberikan manfaat yang terus menerus untuk mereka.

Oke, itu baru beberapa vitur saja. Masih banyak fitur segambreng yang wahh banget dari Google Analytics. Ingin mencoba ? Go on !

Jangan cuman bisa bikin web aja. Sekarang sudah jamannya mempopulerkan karya kita dan melakukan analisa terhadap keberadaannya di dunia maya
Be Sociable, Share!

4 Comments

Leave a Reply