Senjata Belajar Nihon-go

Flash Card

Barusan daftar belajar bahasa jepang (nihon-go) yang resmi, tertib dan model klasikal di LIJ (Lembaga Indonesia Jepang) bersama rekan satu kampus, saya cukup tertantang untuk mencari sebuah perangkat lunak yang mendukung ‘semangat 45′ saya saat ini. Setelah berkutat selama 15 menit dengan Paman Google, saya menemukan beberapa senjata berkualitas yang cukup mewakili saya, sebagai seorang pengguna Mac yang (katanya) sih masih minoritas di Indonesia. Software tersebut adalah iKana dan TranslateIt.

Software iKana adalah sebuah perangkat lunak yang membantu kita untuk menghafalkan katakana, hiragana dan kanji dengan cara yang menyenangkan. Dengan berbagai permainan dan quiz, kita bisa menghafalkan bentuk-bentuk aksara Jepang yang emang sulit dihafal ini. Lebih lanjut, Anda bisa melongok situs resminya di link ini.
TranslateIt

Sedangkan software TranslateIt adalah semacam multilingual dictionary yang membantu kita untuk menerjemahkan kata berbahasa Inggris ke dalam bahasa lain di dunia yang kita kehendaki. Lumayan membantu lah, meskipun cuman shareware. It’s ok koq ! Bisa di-install di dashboard juga, sehingga praktis kalau kita tiba-tiba menjumpai kata yang cukup sulit dan ingin segera menerjemahkannya. Anda bisa melongok software ini di link ini.

Oya, sebenarnya ada beberapa situs keren yang bisa digunakan untuk belajar bahasa Jepang. Silahkan Anda melihat link di blok saya untuk kategori “Nihongo”.

Yuk, belajar lagi …..

Be Sociable, Share!
Categories: Japan

2 Comments

  • Yan9n says:

    belajar nihongo di LIJ ta?
    coba di taman bahasa, senseinya orang jepang asli
    namanya Mizuta Yuki, lebih cepet ngertinya dan bisa sekalian belajar listening alias choukai…
    ganbatte ya…

  • Assalaamu’alaikum
    Sudah coba mnemosyne Mas? Itu saya pake di Linux. Cuma cardsnya kurang tahu juga apa udah ada yang lengkap semua karakter kana. Kalau tidak, berarti kita mesti menginputkan satu2. Selain itu saya dulu pake kanatest, lumayan menghibur dan ada setting pertanyaannya mau yang seperti apa.

Leave a Reply