Nulis aksara Jepang pake Mac kita

Requirement :
1. Mac OS 10.4 (tiger) atau Mac OS 10.5 (Leopard)
2. Font Japanese terinstall

Dalam rangka mendukung usaha untuk belajar mengenal benda-benda dalam bahasa jepang, saya tertarik juga untuk mempermak iBook tua saya supaya kelihatan stylish-an dikit. Yeah, minimal bisa nulis Hiragana sama Katakana, untuk awalnya…
Oprek punya oprek, ternyata caranya nggak sulit-sulit banget, koq. Setelah membaca Help, akhirnya ketemu juga caranya. Yaps, here they are :

1. Buka dulu System Preference. Kalo udah, bisa lihat ke International

2. Klik tab “Input Menu”. Sudah ? Coba diamatin sekilas di sana. Drag aja scroll bar kamu ke bawah. Maka akan ditemukan input menu untuk menuliskan hiragana, katakana, dll.

Input Menu

3. Silahkan memberi tanda “v” pada input Kotoeri.
Kotoeri Aktif

4.Oke, untuk menuliskan karakter Hiragana dan Katakana, Anda bisa melihat logo kecil “Input Menu” di kanan atas Anda (pada Finder) yang bergambar Bendera Amerika. Klik saja logo itu, dan pilih Hiragana atau Katakana.

Hiragana Icon
Catatan : kalau logo itu belum muncul, silahkan aktifkan melalui tab yang sama (bagian bawah) pada saat Anda mengaktifkan karakter Kotoeri.
5. Untuk memasukkan karakter, silahkan ketikkan karakter Roman-ji dari Hiragana dan Katakana. Secara otomatis, Mac OS Anda akan mengubahnya ke dalam bentuk Hiragana, Katakana, atau Kanji. Keren, bukan ?

がんばって ね !Keep learning ….

NB :
Untuk yang memakai Windows, silahkan lihat tutorial ini :

1. Instalasi karakter Jepang di Windows XP

2. Mengetik dengan karakter Jepang di Windows XP

3. Using Japanese on Your Computer

Artikel lain tentang karakter Jepang di Mac, bagus untuk referensi:

1. Japanese on Your Mac

2. Belajar Menulis Kanji di Mac dengan Trackpad

Be Sociable, Share!
Categories: Japan

10 Comments

Leave a Reply