Hal-hal kecil dalam packing

Saya (kata ibu saya) orangnya pelupa. Meskipun nggak mungkin lupa sama keluarga, tapi saya dikenal sedikit “teledor” kalau merencanakan sesuatu, apalagi untuk urusan packing persiapan berangkat ke Thailand tanggal 29 Mei 2008 besok. Nah, setelah diskusi dengan beberapa dosen senior yang sudah cukup “makan asam garam” di luar negeri, ternyata ada beberapa hal menarik yang mesti diperhatikan saat packing. Supaya bisa bermanfaat untuk yang lainnya, saya share di sini pula hal-hal kecil yang urgen tersebut :

1. Tukerin uang saku ke dalam bentuk dollar US atau mata uang negara yang bersangkutan. Dalam kasus saya, selama seminggu ke depan setelah sampai di Thailand, uang saku (live and outfit allowance) belum diberikan alias untuk makan dan keperluan sehari-hari (baju, beli peralatan dapur) masih pake uang sendiri. Mau nggak mau, nguras tabungan juga akhirnya. Nah, supaya lebih aman pula, tempatkan uang tersebut di beberapa tempat yang berbeda sehingga ada cadangan jika sewaktu-waktu kita membutuhkan.

2. Fotokopi semua dokumen penting dan tempatkan di tempat yang berbeda! Ini nasihat beberapa dosen senior di tempat saya. Kadang kita hanya menyimpan satu dokumen saja tanpa menyimpan kopiannya. Nah, fotokopi dokumen ini nantinya bakalan bermanfaat kalo-kalo kita kehilangan dokumen penting, seperti Passport-Visa atau Ijazah kita. Untuk memudahkan kita, masukkan dokumen yang sering dikeluarmasukkan (passport, visa, uang) dalam satu tas saku kecil yang enteng dibawa.

3. Aktifkan kartu seluler kita supaya bisa digunakan di luar negeri. Ini juga kemarin nggak kepikiran kalo nggak dikasih tau. Beberapa kartu seluler (seperti Mentari) bisa aktif tanpa perlu memasukkan kode khusus. Tapi, untuk tahu lebih jauh kita harus menghubungi operator yang bersangkutan dan memastikan apakah kartu seluler kita bisa dihubungi saat kita tidak berada di Indonesia

4. Cek frekuensi GSM / CDMA yang digunakan di negara tujuan. Beberapa negara, kayak Jepang, ternyata beda frekuensi lho. Nah, kakak saya yang satu ini (di Kyushu Univ), akhirnya beli handphone lagi karena handphone Sony Ericsson-nya ga bisa dipake di Jepang, hehehe….. Untungnya Thailand sama dengan Indonesia. Aman deh…

5. Cek bawaan supaya nggak overweight saat dimasukkan ke bagasi pesawat. Di e-Ticket yang saya dapatkan, batasannya 20kg. Kalau kata Pakdhe saya, rentang batasannya antara 20kg s.d. 30kg. Tapi untuk menjaga supaya kita nggak kena denda, kita musti pinter-pinter packing dan nimbang koper kita sebelum berangkat (pake timbangan badan juga bisa koq !). Kalau saya, yang bikin berat itu buku (Kamus, dll). Nah, pindahin barang-barang berat itu di tas tenteng kita dan kurangi bawaan kita, alias jangan bawa yang aneh-aneh deh ….(btw, meskipun tujuannya Thailand, saya tetap Nihongo o benkyoushimasu juga lhow, makanya beberapa buku pelajaran bahasa Jepang tetep saya bawa, hehehe. La gimana, udah terlanjur blajar jeh, masak nggak dipake’….). Oya, kalo kamu muslim, bawa mushaf Qur’an (baca : manual hidup di dunia dan akhirat)  dan jangan lupa peralatan sholat kamu dibawa juga. 

6. Jangan lupa bawa kamera dan mp3 player/recorder. Selain menemani saat perjalanan, mp3 recorder bermanfaat untuk merekam kuliah dosen, sekaligus mengulanginya kembali jika kita kurang jelas saat di kelas….

7. Non aktifkan HP kalo udah naik pesawat. Ini kadang kita sering lupa. Mumpung belum lupa, diingetin sejak sekarang

8. Jangan bawa barang-barang tajem di tas tenteng kita. Cutter, gunting, dll bakalan jadi masalah. Saya memilih menyimpan di tas besar yang akan masuk di bagasi

Hmm….oke deh, itu dulu kalee. Nanti kalo ada tambahan lagi, bakalan saya update lagi artikel ini. Moga-moga manfaat deh….

Be Sociable, Share!

13 Comments

  • lambrtz says:

    selamat berangkat!!
    hati2 di jalan ya
    oleh2e aja lali :D

    eh iya…cd boleh bawa ga ya? cd program, ebook, mp3…

    ada tips lagi sun. mendingan tasmu kamu kasih tanda. apa kek, pita, rafia, dll, pokoknya yg unik (semakin jelek dan aneh semakin unik :D). biar di bandara kamu bisa mengenali tasmu dan ga ketuker dgn tas orang lain :)

  • yan9n says:

    makanya itu, sony erricson saya ndak dibawa di kantong… ditinggal di istri, itung-itung sebagai peninggalan dan obat kangen buat istri huehehehe…

    satu lagi, jangan lupa bawa obat-obatan darurat… saya aja dibawain istri sampe 5 pak obat maag… soalnya bisa jadi di sana ndak semudah di indonesia untuk beli obat… iya kan???

    oh ya, jangan lupa juga bawa makanan yg bisa dimakan pas awal-awal, susah loh nyari makan klo pas pertama kali… saya dulu bawa indomie 5 bungkus, just in case pas nyampe di dorm kelaparan… kecuali di sana ntar ada yang nampung sementara, jadi aman hehehe (seperti saya… 2 hari makannya numpang hehe)… perlu juga bawa bumbu instant buat variasi makanan… juga bahan makanan yang tahan lama… baju mah ndak usah banyak-banyak, bisa dibeli di sini… yg penting makanan hehehe… ichiban daijina koto hehe

  • nett says:

    nggak sekalian bawa indomie dan bumbu dapur? ya paling enggak buat survival selama 3 hari lah, siapa tahu jet lag… (halah ning Thailand wae jet lag hihihi)

    betewe, kemaren aku kenak bagasi di bandara adi sutjipto… Garuda tega deeeehhh… nambah bayar 6 kilo! padahal di timbangannya EY (setelah di Jakarta) 26, nggak kenapa2… *lagi apes sepertinya!*

  • @yan9n

    ho oh mas, makasih udah diingetin. Jadi inget, perlu beli Royco, Milo, Obat Maag, kecap, saus, sambel,….heheheh. Untung aja ada yang ngingetin, maklum belum punya istri sih, jadi pelupa deh (emange nek wis duwe bojo terus ilang lali ne po yo..?)

  • @lambrtz

    hehehe…sip deh! Entuk koq mar, nek pengin aman kamu bawa harddisk portabel aja. Kemarin aku pas ke Mangga Dua Jakarta, dapet casing firewire dengan harddisk Hitachi IDE 120 GB cuman 770 rebu lho! Coba kamu cari di Jogja (CATATAN : Bukan USB, tapi FIREWIRE yang jauh lebih cepet transfer datanya), ndak bakalan entuk dengan harga segitu, hehehehe…….
    Untuk tanda, oke juga tuh usulnya! Langus !!!

    @nett
    hehehe…iyo. Aku bawa koq, ada indomie, dll. Barusan diingetin juga tuh. Aku mau beli bumbu2 praktis juga deh. Tapi makanan Thai (katanya) ga bedo jauh sama Indonesia koq. Cuman ya itu….puedes nya minta ampyun…

  • sakuralady says:

    aku juga paling ga bisa, besok berangkat baru hari ini gedebag gedebug packing, soalnya pasti ada yang ketinggalan. caranya tuh, aku nyicil apa yang teringat, masukkin koper, ha ha.. akhirnya rehearsal sampe the last minute juga.
    Krn ada yang memang ga worth-it utk dibawa2.. LOL
    slamet packing dan have a safe flight trip menuju hari H ya.. ^^

    btw itu title header-nya susah amat, he he..
    di bhs jepun, ada kata2 yg dah agak asing utk dipake kanjinya. salah satunya kirei biasanya pake hiragana.(きれい). terus juga kaya arigatou gozaimasu(ありがとうございます)daripada pake kanjinya 有り難うございます。 terus life, biasa sih aku dengernya 人生。tp itu bisa juga kali ya?

    he he.. just my 2 yen. :p
    sori kepanjangan commentnya

  • lambrtz says:

    > puedes nya minta ampyun

    cepak2 hydrant sun…:p

  • fikri says:

    wa.. sunu udah brangkat.. slamat menuntut ilmu!!

  • rhm says:

    hmm.. kan kata ibu tuh. klw kata adeknya?? hehe
    :p
    *mas nya mala, kan? hehe, klw salah dimaafkan ya.. *

  • si ghuraba says:

    wah… selamat jalan… luruskan niat, tuntutlah ilmu sungguh-sungguh… dan jangan lupa oleh-olehnya… hehe…

    kata pepatah, “dimana bumi dipijak disana langit dijunjung…” (eh bener gak ya… peribahasanya… hehe…) yaah intinya, meski dimana pun itu, tetaplah junjung tinggi… adat… ups… bukan maksud saya… syari’at Allah…
    jangan lupa misi utama… ‘nahnu du’at qobla kulli syai’ “…

    hati-hati di jalan…smoga selalu dalam perlindunganNya…amiin…

  • lambrtz says:

    hari2 pertama di thailand…
    piye om rasane?
    *rasane != njilat jalan :p*

  • syaamil says:

    Selamat berjuang di bumi Alloh.
    Baju batiknya nggak ketinggalan kan?
    Mangga Dua Jakarta toko yang jualan casing firewire dengan harddisk Hitachi IDE 120 GB namanya apa ya? Insya4Wl akhir juni mo ke jakarta.

  • @syaamil

    waduh, kalo nama tokonya lupa, pak. Tapi lantai 2 tepatnya, coba nanti ditanyakan…..

Leave a Reply