Tutorial Windows Printer Sharing on Mac

Sebenarnya saya nggak bermaksud bikin tutorial ini karena kejadiannya adalah, saya terpaksa ngoprek Mac karena nggak bisa ngeprint di printer jaringan yang dishare dari sebuah Windows Printer Server. Ok, tutorialnya sebagai berikut : 

Persyaratan :  

1. PC Windows yang menjadi server printer sebaiknya memiliki akun admin dengan satu buah kata tanpa spasi (untuk digunakan pada konfigurasi di Mac Anda).

2. Beri nama sharename untuk printer tersebut dengan satu buah kata saja (pada kasus saya misalnya HP LaserJet 1010 diberi nama dengan “Printer”).

 

Langkah-langkah : 

1. Buka System Preferences > Print & Fax.

2. Click “+” untuk menambah printer.

3. Klik kanan di toolbar dan pilih “Customise Toolbar…”

4. Drag ikn “Advanced” ke Toolbar & pilih “Done”

5. Klik ikon “Advanced”

6. Pilih “Windows” dari menu drop down “Type:”

7. Pada textbox “URL:” masukkan lokasi dari printer tersebut dengan format sebagai berikut :

smb://username:password@ipaddress/printersharename 

(jika printer memiliki username dan password)

 

smb://username@ipaddress/printersharename
(jika printer tidak di password)

(misal smb://BIOSIS@125.254.95.101/Printer)

8. Masukkan nama printer dan lokasi

9. Pilih driver printer yang sesuai

10. Coba untuk melakukan testprint. Anda akan diminta untuk memasukkan username dan password Anda. Masukkan dan printer akan melakukan tugasnya…

Fyuh…

Kalo kurang puas bisa merujuk ke artikel aslinya di sini : 

Diskusi Seputar Sharing Printer di Mac OS X

Gut Lak !!

Be Sociable, Share!
Categories: Mac

Leave a Reply