Minggu Pertama Bersama Image Processing

Ya…..aroma research sudah tercium keras di hari-hari saya saat ini. Tepat semenjak saya memutuskan untuk terjun ke bidang baru, Image Processing atau Computer Vision atau Pemrosesan Citra, saya langsung memutuskan untuk instalasi Matlab di komputer laptop tua saya. Perjuangan mendapatkan Matlab tidak begitu saja selesai, karena si komputer ini tidak menggunakan sistem operasi Windows. Mencari Matlab untuk Mac bukan perkara mudah. Tapi akhirnya Matlab ter-install juga, meskipun laptop sampai ngos-ngosan saking beratnya program itu. Walhasil, saya terpaksa menguras ATM beasiswa untuk menambah RAM komputer demi menjalankan si Matlab itu.

Minggu pertama, saat bertemu dengan ajarn (advisor / pembimbing), langsung diajak diskusi dan diberi soal-soal untuk dibawa pulang. Luar biasa, agenda pertama pertemuan langsung di-speed up dengan tugas membaca buku di rumah. Bacaannya pun bukan bacaan ringan macam Naruto atau One Piece itu, tapi sebuah buku tebal nan rumit, Digital Image Processing karya Gonzalez yang terkenal di seantero kampus saya, KMITL. Semua murid dan dosen menggunakan buku itu, kata anak-anak lab. Bahkan beberapa dosen sudah menerjemahkannya ke dalam bahasa Thai, saking terinspirasinya dengan buku itu. Tiap hari, saya mendapatkan tugas-tugas baru dan soal-soal baru. Cukup ngos-ngosan juga mengejar ketertinggalan saya. Maklum, saat S1 saya belum pernah mengambil mata kuliah pemrosesan citra ini. Padahal sebenarnya cukup menarik, plus rumit juga programming-nya. Minggu-minggu awal ini, saya sudah langsung diberi paper untuk bahan seminar 1 di akhir semester. Ya, paper itu rencananya akan saya kembangkan menjadi tema tesis kelak, untuk memenuhi gelar Master Degree….

Gugup ? Jelas… Tanpa bantuan teman-teman lab saya bukanlah siapa-siapa, selain seorang WNA yang datang dengan pengetahuan nol di pemrosesan citra. Target saya simpel saja untuk saat ini, bisa belajar dan memanfaatkan suasana lab yang dipenuhi anak-anak cerdas, serta lulus S2 dengan selamat dan tepat waktu. Untuk jumlah paper ? Sementara satu saja cukup, untuk memenuhi syarat lulus. Tapi kalau bisa lebih, saya sangat bersyukur.

Allahumma Aamiin …………….

Be Sociable, Share!
Categories: Research

3 Comments

Leave a Reply