Buka dan Sahur ala Mahasiswa

Buka bersama di KBRI Bangkok

Kalau ada acara makan-makan yang paling ditunggu rekan-rekan mahasiswa muslim di Thailand, jawabannya hampir pasti bisa ditebak : Buka Bersama di Kedutaan Besar RI (KBRI). Sabtu sore adalah hari paling ditunggu-tunggu oleh segenap masyarakat Indonesia yang ada di Thailand. Ya, tak lain dan tak bukan adalah acara buka bersama gratis di KBRI yang dilanjutkan dengan sholat tarawih berjama’ah. Selain
menunya yang beragam, buka bersama ini juga memperat silaturrahim warga Indonesia di Thailand, khususnya antara staf KBRI, Masyarakat Indonesia (MI) dan Perhimpunan Mahasiswa Indonesia Thailand (Permitha).


Lain bapak-bapak, lain pula gaya mahasiswa. Bujangan atau sudah berkeluarga, tidak ada bedanya. Bagi mahasiswa, makanan KBRI adalah segalanya. Tempe, jeruk Indonesia, sayur asem, es degan adalah sekian dari banyak makanan Indonesia yang hanya dijumpai di areal KBRI saja. Walhasil, setiap sabtu malam kami pun membawa plastik dan tas yang cukup lapang untuk diisi dengan “ghonimah” atau “rampasan perang” – sebuah istilah yang cukup mengena karena kadang kami harus berdesakan di akhir acara untuk membungkus makanan buka bersama yang masih tersisa. Makanan ini kami manfaatkan sebagai lauk sahur. Alhamdulillah, memberikan kelapangan bagi kami untuk tidak memasak lagi selain menanak nasi.

Romadhon sudah memasuki pertengahan…
Ya Alloh, terimalah ibadah kami dan ampuni dosa-dosa kami.
Mudahkanlah segala urusan kami, lancarkan studi kami dan percepat kelulusan kami
Istiqomahkan kami dalam Dien-Mu yang mulia dan sempurna ini…
Aamiin ya Robbal ‘Alamin

Be Sociable, Share!

5 Comments

Leave a Reply