Menulis Karya Ilmiah dengan EndNote X

Apakah Anda pernah merasa kesulitan saat akan menulis karya ilmiah, terutama pada saat memasukkan referensi di part Introduction? Kalau jawabannya “iya”, maka barangkali Anda perlu meminta bantuan sebuah aplikasi yang memang didedikasikan untuk karya tulis ilmiah : EndNote X. Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi khusus yang bertugas mendokumentasikan semua sumber referensi yang akan Anda gunakan untuk menulis karya tulis ilmiah. Format referensi yang dimasukkan akan dikelola secara otomatis oleh EndNote, terutama format yang biasa digunakan untuk penulisan artikel ilmiah. Format yang disediakan berjumlah ratusan, namun default aplikasi menyediakan format: Annotated, Author-Date, dan Numbered.
Format Numbered misalnya seperti ini:

1. Zhu, D., M. Kunin, and T. Raphan, Robust High-speed Binocular 3D Eye Movement Tracking System Using a Two-radii Eye Model, in Proceedings of the 28th IEEE EMBS Annual International Conference 2006: New York City. p. 5302-5306.

Sedangkan format Annotated adalah:

Zhu, D., M. Kunin, et al. (2006). Robust High-speed Binocular 3D Eye Movement Tracking System Using a Two-radii Eye Model. Proceedings of the 28th IEEE EMBS Annual International Conference New York City: 5302-5306.

Sementara itu, format Author-date adalah:

Zhu, D., M. Kunin, et al. (2006). Robust High-speed Binocular 3D Eye Movement Tracking System Using a Two-radii Eye Model. Proceedings of the 28th IEEE EMBS Annual International Conference New York City: 5302-5306.

Anda bisa mencari format-format lain, sesuai dengan keperluan jurnal ilmiah atau conference yang akan Anda ikuti. Namun umumnya tiga buah format inilah yang digunakan untuk penulisan karya tulis ilmiah.
Selain itu, EndNote memiliki kemampuan lain yang cukup mengagumkan yakni mendokumentasikan sumber referensi yang berupa gambar, halaman web atau tabel. Semua ini hanya perlu Anda tambahkan dengan drag and drop saja. Beberapa referensi online yang berbentuk internet address (URL) dapat Anda masukkan pula ke dalam sumber bibliography Anda.

Untuk menambahkan referensi baru, Anda cukup menekan menu “References” > “New References”, kemudian mengisi data referensi yang Anda butuhkan, sebagaimana gambar di bawah ini:

Untuk memasukkan referensi Anda ke dalam aplikasi pengolah kata (misalnya Ms. Word), End Note menyediakan menu khusus, sehingga Anda bisa langsung memasukkan referensi yang Anda pilih dengan cara:
1. Pilih referensi Anda dari daftar referensi.
2. Kemudian tekan menu “Tools” > “Cite While You Write” > “Return To Word”
3. Pada Ms. Word, cari menu EndNote, kemudian tekan menu “Insert Citation” > “Insert Selected Citation(s)”

Anda bisa mencoba edisi trial EndNote X dari website resmi mereka: www.endnote.com. Untuk mendapatkan edisi penuh (full edition), Anda musti membelinya.

Semoga bermanfaat

Be Sociable, Share!
Categories: Scientific Writing

4 Comments

  • mantab dah tutorialnya.makasih buanyak dah mo sharing…jarang lho da ynag mo sharing beginianAstaga.com lifestyle on the net

  • Nana Mulyana says:

    Salam kenal ….. walau belum ke S2 baru S1 saja. Akhir akhir ini saya disibukan sama teman yang S2 karena memerlukan aplikasi EndNote. Makasih Informasinya Mas semoga menjadi solusi buat teman saya yang kebingungan

  • nita says:

    End note memang banyak membantu dalam menulis karya ilmiah. Sekedar sharing, saya biasa menggunakan endnote web, ini lebih mudah, karena database paper langsung otomatis tersimpan kalo kita membuka paper dari link web of science atau web of knowledge (tidak perlu lagi membangun data base manual). Coba buka http://www.myendnoteweb.com, semoga bisa bermanfaat.

  • @Nita :
    Thanks for sharing. Memang endnote web sangat praktis untuk download citation langsung. Namun demikian, kita perlu koneksi internet setiap saat kita akan menginput data. Untuk aplikasi desktop yang terhubung ke Word, IMHO– EndNote Desktop lebih praktis. Ada caranya, supaya tidak perlu membuat citation secara manual. Download saja link “citation” di tiap-tiap jurnal yang akan kita masukkan. Biasanya mereka menyediakan link citation untuk EndNote atau RefWorks.

Leave a Reply