Nama dan Julukan ala Khun Thai

Merah Putih di Negeri Gajah Putih

Dalam pergaulan sehari-hari dengan rekan Thai, kita sering menjumpai nama sapaan (nickname) yang kadang jauh berbeda dari nama aslinya. Nama orang Thai, yang terkadang cukup panjang dan sulit diingat, biasanya akan disingkat menjadi sebuah suku kata. Penyingkatan ini biasanya untuk memudahkan mereka dalam memanggil rekan mereka secara akrab. Dulu saat pertama kali saya mulai akrab dengan rekan lab, mereka berniat memberikan nama panggilan untuk saya. Tapi saya menolak dengan halus dan mengatakan kepada mereka dua suku kata “su-nu” sudah cukup untuk membuat saya mudah dikenal dan mereka pun mengerti.

Ada yang unik dari nama panggilan ini. Entah mengapa, banyak rekan-rekan Thai yang menggunakan nama panggilan dengan nama hewan. Beberapa nama yang  barangkali akan cukup sering Anda dengar adalah ‘Pheung’ (lebah), ‘Moo’ (babi), ‘Mot’ (semut), ‘Chaang’ (gajah), ‘Nok’ (burung) dan masih banyak lagi. Khusus untuk nama ‘Moo’, saya memiliki tiga orang rekan yang menggunakan nama panggilan ini. Satu diantaranya sudah lulus dan kini menjadi dosen di Universitas Srinakarinvirooj. Tampaknya, panggilan ‘Moo’ sangat favorit di antara mereka. Ini terbukti dengan banyaknya rekan saya yang menggunakannya. Kemudian, jangan lupa sematkan ‘Phi’ (semacam ‘Kak’, ‘Mas’, atau ‘Mbak’) jika Anda memanggil rekan Thai Anda yang lebih tua, dan ‘Nong’ (semacam ‘Dik’) untuk memanggil yang lebih muda. Penyematan ‘Phi’ atau ‘Nong’ ini bukan sekedar basa-basi. Orang Thai sangat menghormati senioritas dan menghargai junioritas. Mereka tak akan sungkan-sungkan untuk memanggil orang yang lebih tua dengan panggilan ‘Phi’ meskipun jabatan orang yang memanggil lebih tinggi dari orang yang dipanggil. Untuk kasus tertentu, bila seseorang tidak memanggil yang lebih tua dengan sebutan ‘Phi’, maka ada beberapa kemungkinan: mereka sudah sangat akrab berteman, atau mungkin keduanya adalah sepasang kekasih, atau bisa jadi satu sama lain dari mereka sudah tidak saling menghormati lagi. Untuk yang terakhir ini sangat jarang terjadi, namun saya sudah menjumpai satu kasus dimana seorang junior tak lagi mau memanggil seniornya dengan sebutan ‘Phi’ karena konflik personal di antara mereka.

Inilah sedikit pengalaman dari pergaulan sehari-hari dengan rekan Thai. Jika Anda adalah orang baru di lingkungan Anda, jangan sungkan dan malu untuk bertanya tentang kebiasaan mereka. Oya, kalo memang Anda berkenan untuk diberi nama panggilan, sebaiknya pilih nama panggilan yang Anda sukai ^_^.

Regards,

(Sunu Wibirama)

Be Sociable, Share!

4 Comments

Leave a Reply