EndNote X3 Gratis dan Legal, Mau?

EndNote X3 gratis dan legal! Judul di atas tidak mengada-ada. Tapi MasDab, apakah Sampeyan sudah pernah dengar nama perangkat lunak ini? Kalau belum, barangkali Sampeyan berkenan untuk menengok catatan saya yang lama tentang EndNote. Kalau sudah tahu, saya akan bercerita kronologinya. Silahkan disimak, MasDab!

Suatu ketika, saya iseng-iseng berkunjung di website resmi perangkat lunak ini. Sebenarnya alasan saya hanya sederhana, saya ingin mendownload video tutorial gratis EndNote yang tersedia di sana. Sebelumnya, saya sudah terlebih dahulu memasang perangkat lunak yang sama versi X1 di komputer saya. Artinya apa? Saya sudah menggunakan EndNote X1 untuk bekerja (membuat karya tulis, mendokumentasikan seabrek referensi, dan lain sebagainya). “Dengan video tutorial ini, tentu kerja-kerja saya akan semakin optimal karena saya mengetahui fungsionalitas EndNote lebih lengkap,” kata saya waktu itu.

Qadarullah, saya kok melihat sesuatu di link paling bawah, masih di halaman yang sama. Saya baca di link itu “INSTRUCTOR REQUEST FORM”. Karena penasaran, saya klik saja link itu. Gambarnya bisa dilihat di bawah ini :

Qadarullah pula, dalam waktu dekat rekan-rekan mahasiswa Indonesia di Thailand ingin mengadakan training EndNote (iya khan Khun Heru Susetyo ?). Maka keisengan saya berlanjut untuk membaca form isian instructor yang tadi saya buka. Di form itu ada juga tulisan :

I would like to receive materials to support my onsite training. For larger quantities, please use the comments field below.

Ohh, jadi kita bisa request buku gratis nih ? Asyik dong. Buku asli dari Thomson Corp. Siapa yang ndak mau? Akhirnya saya pun mengisi form itu dengan berhati-hati. Alamat yang saya gunakan pun alamat kampus saat ini (King Mongkut’s Institute of Technology Ladkrabang). Harapan saya waktu itu, jika memang benar mereka mau mengirimkan materi berupa buku-buku tutorial, tentu akan menjadi doorprize menarik jika kelak diadakan training EndNote.

Oke. Itu saya lakukan sekitar bulan Juni. Rupanya perusahaan ini menanggapi secara serius permohonan saya. Mereka pun menjawab permohonan itu melalui email pribadi saya. Mereka berjanji akan mengirimkan paket yang saya inginkan pada awal bulan Juli 2009.

Nah, tanggal 9 Juli 2009 kemarin, room mate saya memberi tahu bahwa ada kiriman paket untuk saya. “Sepertinya mereka memberi kita ebook deh. Coba lihat nih, kayaknya kok isinya CD,” begitu kata Bung Hatta Fudholi. Jam 18.00, sepulang dari lab saya buru-buru melihat isi dari paket itu. Memang benar, alamat pengirimnya adalah “Thomson Researchsoft : Coatesville, PA, United States”. Lokasi di mana perusahaan pembuat EndNote itu berasal. Langsung saya buka paketnya dan isinya ternyata adalah CD asli EndNote X3, berikut registration number dan serialnya sekaligus!

Sekedar catatan MasDab, kalo Sampeyan beli CD asli ini, sampeyan musti membayar £166.75 (seratus enam puluh enam, tujuh pulu lima poundsterling) menurut Amazon.Comatau jika diubah dalam rupiah sekitar Rp. 2.727.288, – (dua juta tujuh ratus dua puluh tujuh ribu dua ratus delapan puluh delapan rupiah). Yaaa, kira-kira dua bulan gaji PNS golongan III A (jadi kalo mau beli perangkat lunak ini, Sampeyan musti puasa dulu dua bulan jika Sampeyan adalah PNS di Indonesia). Sekedar catatan, perangkat lunak Microsoft Office saja hanya seharga £66.69 atau Rp. 1.090.752,-. Tapi kalau Sampeyan mau sedikit repot kayak saya ini, Sampeyan bisa dapet gratisannya sambil masang foto kayak saya di blog ini. Sumprit! Foto di atas bukan rekayasa. Bukan pula hasil Sotosop. Ndak perlu mendatangkan pakar telematimatika untuk menganalisanya…..

Nah, MasDab. Mari kita budayakan menulis. Dengan EndNote, Sampeyan bisa menulis apapun dengan lebih ilmiah karena apa yang Sampeyan kutip bisa terdokumentasikan secara rapi. EndNote X3 gratisan, siapa takut ?

UPDATE:

MasDab, minggu kemarin (16 September 2010) saya berbahagia karena kiriman paket EndNote X4 untuk Mac saya sudah sampai di kampus. Hanya dengan membayar Rp. 66.000,-  (pajak barang import), EndNote X4 sudah ada di tangan. Yippi ……..  :D

Be Sociable, Share!
Categories: Scientific Writing

8 Comments

  • Rosadi says:

    salam kenal buat mas Sunu, saya Rosadi yang sedang belajar menulis karya tulis ilmiah dan tertarik dengan software end note. bgmn sy mendapatkan softwarenya secara gratis plus tutorialnya, trims banyak?

  • ganesha says:

    Mas.. salam kenal, saya dari Bali tp skrg lagi lanjut studi..

    mengenai EnDNote saya sudah berhasil sampe tahap dapet email..

    nw email tersebut perlu dibales ga yaa?? untuk sekedar bilang terima kasih (biasa adat timur.. he.. ) n smoga bener2 dapet deh sofwernya, bilangnya sih next few week.. :)

    makasi guidancenya mas.. :)

  • Nanti saja, mas. Kalo sudah dapet softwarenya. Oya, ongkos kirim ditanggung penerima lho….

  • ganesha says:

    yaaap.. dan saya udah dapet software EndNote X3 n bener2 gratis mas.. tanpa ongkos apa2, hanya membubuhkan tandatangan aja.. hehe..

    but nw tenkyu ya mas, klo ga ada blog ini kayanya £102 bakal hilang melayang..

    salam hangat, slamat berjuang n sukses selalu.
    Ganesha

  • Nana Mulyana says:

    Setelah membaca » EndNote X3 Gratis dan Legal, Mau? Sepertinya saya tertarik sama aplikasi ini (walaupun bahasa inggris nya pas-pasan) di tambah dengan Mas Ganesha sudah mendapatkan aplikasinya. Semoga saya bisa dapat juga, Mohon sarannya ….

  • @Nana Mulyana:
    Intinya mereka akan mengirimkan software-nya sesuai dengan permintaan kita. Tapi harap dicatat sekali lagi, ada ongkos kirim yang harus dibayarkan (shipping cost)

  • Arief Hendra Saptadi says:

    Wah, triknya Pak Sunu benar-benar cespleng. Tempo hari pura-pura mencoba “melamar” menjadi trainer Endnote X7 (meski saya benar-benar nul puthul untuk urusan Endnote sebenarnya :-D ) untuk institusi saya dan mereka kemudian mengirimkan email berisi serial number aplikasi. Eh, nggak lama berselang, mereka juga mengirimkan satu dos paket kiriman seperti artikel di atas. Anehnya kok nggak ditagih ongkos kirim ya? Alhamdulillah kalau memang benar-benar gratis. Matur nuwun, Pak Sunu :-)

    • irfan zidni says:

      Alhamdulillah saya mencoba cara yg anda sampaikan kawan
      Dan insyallah dalam waktu dekat akan datang paketanya
      Semoga kedepanya senantiasa berguna
      “Legality is Beauty”

Leave a Reply