Tips Mencari Paper Conference dan Journal Gratis

Pernahkah Sampeyan merasa begitu tertekan saat mencari referensi berbahasa Inggris berupa paper atau makalah lainnya? Apakah Sampeyan menyerah dengan kondisi perpustakaan universitas Sampeyan yang langganan jurnalnya tak pernah up to date? Kalau jawabannya iya, kondisi yang sama juga pernah saya rasakan. Nah, di artikel ini saya akan menjelaskan beberapa cara untuk mendapatkan referensi berupa paper conference dan journal secara gratis. Namun, tentu ada ikhtiar yang perlu Sampeyan lakukan untuk mendapatkannya. Tenang saja, tidak berbahaya bagi kesehatan kok.

INTRO

Untuk mahasiswa Master atau Doktor, referensi berupa paper atau jurnal sangatlah penting. Namun sayang, tidak semua universitas mampu berlangganan jurnal-jurnal ilmiah yang harganya selangit itu. Bahkan untuk mendownload satu buah full paper berupa file PDF saja, saya pernah menjumpai sebuah electronic journal library memasang harga sebesar 150 USD. Hanya beberapa lembar saja dan kita harus membayar kurang lebih 1,5 juta rupiah. Itu belum termasuk harga langganan account untuk satu tahun. Lain cerita jika Sampeyan kuliah di universitas yang memperhatikan “hak” mahasiswanya. Sampeyan bisa meninggalkan artikel ini segera :).

Pada artikel kali ini, saya akan sedikit berbagi bagaimana cara mendapatkan “full paper” berupa file PDF secara gratis, untuk kita manfaatkan dalam kepentingan penelitian kita.  Tentu hal ini adalah pengecualian dari hasil pencarian langsung menggunakan Google Scholar. Ada tiga buah cara yang akan saya kupas di sini. Cara yang pertama dan kedua rating keberhasilannya cukup tinggi (*saya sudah berkali-kali mencoba dan tingkat keberhasilan mencapai 90%). Cara yang ketiga, sangat tergantung dari keluwesan Sampeyan bergaul dengan teman-teman Sampeyan.

METODE

1. HUBUNGI PENGARANGNYA LANGSUNG!

Jurus andalan ini sudah terbukti lancar dan legal. “Legal” di sini perlu kita garis bawahi karena kita tidak menyalahi kesepakatan apapun. Selain itu, pengarang paper akan sangat senang mengirimkan papernya karena menjadi referensi untuk peneliti lain. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan email dan perlu “sopan santun” tertentu supaya pengarang paper tersebut mau memberikan paper-nya ke kita. Di bawah ini adalah contoh email yang bisa kita kirimkan kepada author paper saat kita melakukan request paper tersebut . Saya ambilkan dari salah satu email saya yang berhasil di-reply plus mendapatkan attachment berupa paper gratis dari sang penulis.

Bagian (1) adalah basa-basi kita untuk memperkenalkan diri. Sebutkan nama, asal institusi, dan tema penelitian yang sedang kita kerjakan. Jangan lupa sebutkan pula nama dosen pembimbing. Jika Sampeyan beruntung, mungkin saja penulis mengenal dosen pembimbing Sampeyan dan ini menjadi nilai tambah untuk email Sampeyan.

Bagian (2), sebutkan paper yang Sampeyan inginkan. Pastikan judul dan tahun publikasi tertulis dengan jelas. Dua hal ini bisa Sampeyan cari di Google. Gampang kok.

Bagian (3), supaya sedikit ilmiah, sebutkan dari mana Sampeyan tahu judul paper itu. Bisa saja Sampeyan merujuk ke paper karya profesor lain atau karya dosen sampeyan sendiri untuk “mengangkat” nama pengarang paper tersebut. Sampaikan juga bahwa Sampeyan akan menjadikannya sebagai salah satu referensi untuk paper Sampeyan. Tujuannya, memberikan informasi kepada pengarang paper tersebut bahwa Sampeyan tidak sembarangan meminta paper itu (untuk kepentingan penelitian saja). Kalau Sampeyan beruntung, tentu paper yang Sampeyan inginkan akan dikirimkan langsung. Tapi tidak semua peneliti selalu rajin melihat emailnya. Berdoa saja, semoga urusan Sampeyan dimudahkan Yang Kuasa.

2. REQUEST MELALUI FORUM Myescience.Com

UPDATE :
(tanggal 16 Desember 2012)
Saat ini, agak susah untuk mendapatkan invitation dari member myescience, karena selain harus memiliki poin tertentu, ternyata member yang memiliki privilege adalah mereka yang juga membayar biaya khusus. Saran saya, gunakan saja layanan
http://sci-hub.org atau http://gen.lib.rus.ec/

Apa itu myescience.com ? Forum ini adalah forum diskusi internasional berbahasa Inggris tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia akademis. Isinya tak jauh dari sharing cara mencari referensi ilmiah yang baik, mendownload ebook dari Google Book, menulis ilmiah (scientific writing), dan masih banyak lagi. Perlu dicatat, forum ini adalah forum yang “cukup serius” dan mensyaratkan anggotanya untuk ikut berkontribusi pula di forum. Mereka juga memberlakukan aturan yang cukup ketat untuk mengakses konten forum. Hanya member forum dengan poin lebih dari 100 yang bisa mengakses konten forum. Selain itu, beberapa konten memerlukan poin yang lebih tinggi. Lalu bagaimana cara mendapatkan paper gratis di forum ini ? Ini dia langkah-langkahnya :

a. Daftar sebagai member forum. Sampeyan memerlukan alamat email valid untuk konfirmasi aktivasi member.

b. Perkenalkan diri Sampeyan di thread “Get your first 100 credits by introducing yourself“. Sampeyan perlu me-reply posting di thread ini, lalu perkenalkan jati diri sampeyan sesuai dengan aturan yang telah ditentukan. Setelah memperkenalkan diri, Sampeyan akan mendapatkan 100 poin/kredit sebagai modal untuk mengakses konten forum, termasuk melakukan request paper di forum ini (untuk request paper, poin Sampeyan harus di atas 100).

c. Menambah poin dengan 2 kali login pada hari yang sama, atau memposting artikel di forum ini. Untuk lebih jelasnya, Sampeyan perlu membaca halaman ini.

d. Oke. Saya asumsikan poin Sampeyan sudah lebih dari 100 (karena Sampeyan sudah memperkenalkan diri dan sudah menambah poin dengan memposting artikel atau login 2 kali di forum ini pada hari yang sama). Kini Sampeyan bisa melakukan request jurnal di forum “Request”, sub-forum “E-Journal” (lihat gambar di bawah ini). Sebelumnya, saya sarankan membaca tata tertib forum dan cara me-request di forum ini, atau account Sampeyan akan di-banned oleh admin. Untuk lebih jelasnya, Sampeyan bisa melihat sendiri halaman sub-forum “E-Journal” di sini. Tergantung request Sampeyan, tapi biasanya dalam waktu 2 hari sudah ada anggota forum yang membantu Sampeyan dan memberi apa yang Sampeyan minta : file PDF dari paper yang Sampeyan request.

*Catatan: jika Sampeyan juga membantu anggota lain menemukan paper yang mereka minta, poin Sampeyan pun akan bertambah cukup tinggi.

a

3. DOWNLOAD VIA REKAN DI UNIVERSITAS LAIN

Kalau Sampeyan tidak berhasil melalui cara pertama dan kedua, mari lakukan cara ketiga. Syaratnya, Sampeyan harus banyak relasi di universitas lain. Sebutkan saja judul, nama pengarang, nama jurnal yang memuat dan link dari paper tersebut. Semoga Sampeyan memiliki rekan yang baik hati.

Semoga membantu dan sukses selalu,

Sunu Wibirama

NB : Artikel ini saya dedikasikan kepada seluruh rekan-rekan yang telah membantu saya dalam penelitian saya selama ini (maaf sudah merepotkan bapak dan ibu sekalian, dan terima kasih atas bantuannya. Khorb Khun Maak, Arigato Gozaimasu!).

1. Mas Szeifoul Afadlal, Pak Tunggul Adi Purwonugroho, Ibu Yuyun Yuniar (Mahidol University, Thailand)

2  Mas Fikri Waskito (Chulalongkorn University, Thailand)

3. Mas Adhika Widya Paraga, Mas TItis Wijayanto (Kyushu University, Japan)

4. Pak Nur Rohman Rosyid (Tokai University, Japan)

5. Mas Gunawan Dewantoro (NTUST, Taiwan)

6. Mas Rommy Tosana Yuliawan (MITIJA, Jakarta)

7. Mas Andi Hakim Kusuma (King Saud University, Saudi Arabia)

8. Tyas Ikhsan Hikmawan (King Abdullah University, Saudi Arabia)

9. Pak Agus BJ (Tokyo Institute of Technology, Japan)

10. Seluruh staf pengajar dan karyawan di Teknik Elektro UGM

dan semua rekan-rekan yang telah memberi doa, saran, dan masukkan atas proses belajar saya selama ini. Wish you all the best, guys.

Be Sociable, Share!
Categories: Scientific Writing

24 Comments

  • Diky says:

    Kalo saya sih, biasanya pake jaringan di kampus sehingga lbh mudah aksesnya.
    situs yg sering saya tongkrongin biasanya 1. scholar.google.com 2. http://www.jstor.org 3. http://www.sciencedirect.com 4. http://www.oxfordjournals.org.

    Kalo masih gak ketemu juga, saya minta bantuan temen di Ghent Univ. cz di sana ada akses full ke elsevier,springer dan berbagai journal prestige lain (maklum mereka bayar ratusan juta dan merupakan salah satu dari 2 digital library terlengkap setelah royal library pemerintah Belgia)

  • trik2nya menarik. terutama point 2… jadi harus sering OL dan aktif kuwi… koyo cari point2.. hmm.. tapi setidaknya aku sudah punya Sunu dkk untuk point yang ke-3.. hehe ^_^

    jazakallah. moga bermanfaat bagi semua.

  • ganesha says:

    @Diky:
    kan si penulis sudah bilang “Lain cerita jika Sampeyan kuliah di universitas yang memperhatikan “hak” mahasiswanya. Sampeyan bisa meninggalkan artikel ini segera”
    nah usulan sampeyan ini disinggung di kata pengantar.. sehingga bagi mahasiswa yang kuliah di “digital library”nya belum selengkap “digital library” teman anda yaaa ga bisa pake usul anda… ato kalo mau membantu, apa mungkin anda memberikan email teman anda yg di belgia itu??

  • ganesha says:

    oya mas sunu, saya mau tanya..

    saya kan mau register di myesciene, terus mereka koq minta invite register code yaa?? “Please enter Invite register code which was provided by a site member to finish the registration”

    saya musti tulis apa ya di kolom ini??

  • Wah, kayaknya forum itu menambah aturannya….jadi agak ruwet nih mas. Jadi kita harus request invitation code dari member yang poinnya di atas 600. Saya sendiri belum sampai segitu….lumayan beraatt :(( (kalau mau, coba deh cari2 di forum itu member / mod senior, terus di-PM aja, siapa tahu baik hati :) . Jangan lupa pake bahasa Inggris yah)…..

  • ganesha says:

    oooh begitu tooh… ok deh mas… matur nuwun..

  • NuYa says:

    Bang Sunu, trimakasih bgt tips’y. saya coba tips yg 1, tp sdh 1 mgg blm dibalas. Dulu mas Sunu smpe brp lama bls’y?. Aq ngemail ke U.Michigan. musti kd sabar dulu,apa – do’anya – ya mas Sunu,ada solusi jitu lg kah? (solusi n0.4 lah)…

  • @Nuya: hai….
    Memang gak semua penulis paper ‘care’ dengan alamat email yang ia pasang di paper tersebut. Kadang-kadang malah tidak pernah ia buka sama sekali dan dengan begitu ia tidak akan pernah tahu bahwa ada yang “berminat” dengan hasil penelitiannya. Saran saya:
    1. Cari alamat email alternatif dari pengarang tersebut. Siapa tahu dia make alamat email baru untuk berkomunikasi.
    2. Kalau belum bisa juga, coba hubungi co-author paper tersebut (caranya, search webpage profile dia di google dan temukan email-nya).
    3. Cara ketiga, minta tolong ke advisor sampeyan untuk mengirim email ke pengarang tersebut (kalau advisor sampeyan sudah doktor, mungkin lebih “berpengaruh”).
    4. Cara keempat, agak trivial tapi bisa dicoba. Cari akun dia di LinkedIn, kemudian add dan perkenalkan diri sampeyan. Mungkin ini akan membuatnya sadar kalau sampeyan pernah kirim email ke dia dan akan segera membalas email sampeyan…..

    Semoga dimudahkan!

  • NuYa says:

    amin,, trimakasih tips’y.. smoga urusan mas Sunu juga dimudahkan oleh-Nya,,,

  • NuYa says:

    Alhamdulillah mas Sunu saya berhasil cari alamat email dr Co Author’y lewat web’y Univ.Michigan. Dan sdh dibalas sm Prof’y, ya betul ga smua penulis ‘care’ sm alamat email’y ya,, Bersyukur skali akhir’y sy dapet jurnal yg dibutuhin dgn gratisss,,,

  • @Nuya:
    Selamat….selamat!
    Saya ikut bergembira karena apa yang saya tulis bermanfaat juga….Mantap dah!

  • madesabda says:

    salam kenal mas sunu…

    artikel yg sangat membantu dan bermanfaat,,
    kykna saya bakal sering mampir :)

  • rahma says:

    makasih mas, sangt membantu.
    kmrn sy menjlankan cara no.1 dan alhamdulillah pengarangnya respon.

  • Buat yang kesulitan mencari jurnal internasional atau bukureferensi silahkan pesen di lapak jurnal ane di kaskus..info selengkapnya cek di t-guh.tk

  • phrairin says:

    Terimakasih, sedikit membantu dan memberi jalan keluar.

  • […] baca juga beberapa tulisan saya yang lain. Mungkin Sampeyan memerlukannya : (1) Tips Mencari Paper Conference dan Journal Gratis (2) Tips Menulis Thesis S-2 (1) dan (2) (3) Tulisan-tulisan menarik lainnya tentang penulisan karya […]

  • coolkips says:

    Kalau bisa diinfokan di sini Mas Sunu…. Member yang bisa kasih invitation code… dan email mereka… Jadi kita bisa kontak mereka…

    Mas Sunu kan sudah member di myescience…. Kontak mereka lah… untuk bisa membantu rekan di Indonesia register member…

    Kita kan mau join nggak tahu harus kontak email mereka… Perantaranya via Mas Sunu…

    Kita mau join kesulitasn nih… Tolong bantuannya ya… Makasih Mas Sunu…. Semoga sampeyan bisa membantu kita-kita yang belum join.

    • Kebetulan untuk bisa invite harus punya batas poin dan ternyata sekarang berbayar, sehingga saya sudah jarang make myescience. Kalau saran saya, gunakan sci-hub.org saja untuk mencari paper yang dibutuhkan.

      Salam,

      Sunu

  • Marti says:

    Hi there! This post could not be written any better!
    Reading through this post reminds me of my old room mate!
    He always kept chatting about this. I will forward this page to him.
    Pretty sure he will have a good read. Thank you for sharing!

  • Mukhlis says:

    pak nama saya mukhlis, mahasiswa iain raden fatah palembang. saya sedang mencari Stephens, E. C, And Brown, J. E. 2005. A Handbook Of Content Literacy Strategies: 75 Practical Reading And Writing Ideas. Norwood, Mass: Christopher Gordon Publisher.
    kira2 ada ngak pak buku itu. trm kasih

  • Teguh Wiryanto says:

    Buat yang kesulitan mencari jurnal internasional atau bukureferensi silahkan pesen di di http://www.pakteguh.com

  • Khairul Maghfira says:

    Thank you for your kind attention to this matter, sir.

Leave a Reply