Prolink PHS100 di Windows 7

Dua pekan ini, saya berusaha me-recovery koneksi internet yang biasanya selalu setia menemani saya 24 jam di Bangkok. Setelah memilih dan memilah, akhirnya pilihan jatuh di Modem PROLINK PHS100 dan kartu Telkomsel Unlimited. Tapi, hei….ada yang berbeda, MasDab. Saat saya mencoba menjalankan modem dan kartu Telkomsel di sistem operasi Windows XP, semuanya berjalan lancar. Tapi tidak dengan Windows 7. Selalu muncul pesan “connection failed” saat saya mencoba terkoneksi dengan internet.  Setelah selama beberapa menit berkonsultasi dengan Mbah Google, akhirnya ada beberapa cara yang layak dicoba:

1. Update Firmware. Saya tidak menyarankan Sampeyan melakukannya, karena bila gagal, resiko modem rusak akan Sampeyan hadapi. Tapi, it’s OK bila Sampeyan keukeuh ingin melakukannya. Sampeyan bisa melihat tutorialnya di sini.

2. Cara kedua, sedikit ribet sih. Tapi Sampeyan tidak perlu memasang firmware baru di modem Sampeyan. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

a.    Buka program utility Prolink PC Manager seperti biasanya. Pastikan Sampeyan membuat profil baru di sana dan melakukan konfigurasi koneksi dengan benar. Buat Sampeyan yang memakai kartu selain Telkomsel, Sampeyan bisa menanyakan konfigurasi ini ke penjual kartunya. Untuk pemakai Telkomsel, konfigurasi bisa dilihat di skrinsyut ini:

b.      Buka Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center

c.       Pilih “Set up a new connection or network”

d.      Pilih “Set up a dial-up connection”

e.      Pilih PHS100 Modem, seperti gambar di bawah ini:

f.        Isikan konfigurasi di bawah ini, kemudian tekan connect. Aal iz well….beres!


g.       Untuk mengakhiri koneksi, buka systray di kanan bawah, kemudian pencet tombol “Disconnect”

Nah, MasDab. Moga bermanfaat tutorialnya…..jangan lupa MasDab, kirim komennya jika tutorial ini membantu Sampeyan!

Be Sociable, Share!

18 Comments

Leave a Reply