AcademiaDotEdu: Tempat Mejeng Akademisi

MasDab, sampeyan pasti sudah sangat akrab dengan Facebook (FB), yang biasa Sampeyan pantengin dari mulai bangun tidur, di kantor atau sekolah, sampai mau tidur lagi. Nah, portal jejaring sosial AcademiaDotEdu sebenarnya tak jauh berbeda dengan saudara tuanya itu. Hanya saja, portal ini menawarkan sesuatu yang lain daripada sekedar “leisure games and activities”.

AcademiaDotEdu didirikan oleh empat orang engineer dan satu orang marketing yang tergabung dalam Academia Team. CEO portal ini adalah alumni dari Oxford University bernama Richard Price, PhD. Konsep yang dibangun oleh AcademiaDotEdu mirip dengan konsep yang digunakan oleh situs jejaring sosial semacam Facebook, Plurk, atau Twitter. “Follow The Latest Research” adalah tagline portal jejaring sosial ini, yang secara tidak langsung menawarkan fasilitas bagi para akademisi maupun peneliti untuk mengikuti tren perkembangan penelitian terbaru dengan cara yang mudah dan fun.

Layaknya Facebook, seseorang dapat memperoleh update terbaru tentang status dan kegiatan seorang pengguna portal, paper terbaru yang diupload oleh pengguna, hasil riset, atau buku-buku terbaru yang direkomendasi oleh pengguna portal. Seorang pengguna juga sangat mungkin memasukkan bidang riset yang diminati, kemudian mencari pengguna lain berdasarkan bidang yang sama. Berdasarkan pengalaman saya bergabung selama beberapa bulan di portal ini, saya menemukan beragam pengguna portal, mulai dari bachelor student sampai dengan professor di sebuah universitas. Hm…kini bertambah satu lagi media kita untuk mencari koneksi dan partner bagi penelitian kita  ;)

Pengguna portal juga diperkenankan untuk membuat halaman profilnya sendiri, lengkap dengan informasi keminatan penelitiannya, karya tulis dan buku yang sudah dihasilkan, buku yang sudah dibaca, dan link website yang ia rekomendasikan untuk pengguna portal yang lain. Menariknya, portal ini menyediakan statistik berupa kata kunci (keywords) yang digunakan oleh pengunjung untuk melihat profil dan halaman web kita. Manfaatnya? Tentu promosi gratis hasil penelitian dan karya tulis kita. Mungkin Sampeyan boleh tak setuju, tapi dari sekian banyak paper yang dihasilkan oleh berbagai macam penelitian di dunia ini, tak sampai setengahnya yang bisa benar-benar bermanfaat untuk kemajuan umat manusia. Di sinilah peran “PROMOSI” menjadi penting. Kalau orang lain tidak tahu apa yang Sampeyan lakukan, bagaimana Sampeyan mau “laku” ? Di bawah ini adalah screenshot statistik halaman profil dan web yang saya buat. Hmm….lumayanlah untuk permulaan. Ternyata banyak juga yang berminat dengan ebook CakePHP yang pernah saya upload di blog ini  :)

Not bad, MasDab. Buat kamu yang punya aktivitas lain sebagai seorang pelajar, peneliti, penulis, akademisi, atau apapun itu, jangan cuman Facebook-an aja. Yuk, publikasikan karyamu dengan cara yang cerdas!

Be Sociable, Share!

5 Comments

Leave a Reply