Fun and Easy Japanese Language Learning

Watashi wa Sunu Wibirama desu.
Indoneshia kara kimashita
Douzo Yoroshiku Oneigashimasu

MasDab, kalimat-kalimat di atas dulu pernah saya ucapkan dengan lancar, persis sebelum saya mulai tune in dengan tonal language-nya Thailand. Nihon-go, atau bahasa Jepang, adalah bahasa asing kedua yang saya kagumi karena, selain membutuhkan hafalan yang kuat untuk mengenali karakter-karakter tulisnya, bahasa Jepang memiliki berbagai macam istilah yang menunjukkan politeness level (tingkat kesantunan), suasana hati, dan pengetahuan kita terhadap zaman berlakunya bahasa itu sendiri.

Setelah dua tahun bergumam dan bercengkrama dengan tonal language (yang naudzubillah sulitnya bukan main karena “salah nada bisa salah rasa”), rasa-rasanya cukup berat me-retrieve beberapa kosakata dan ekspresi kaiwa (percakapan) dalam bahasa Jepang. Meskipun demikian, ada tiga buah portal belajar bahasa Jepang yang tidak pernah hilang dalam ingatan. Portal-portal ini menghiasi baris-baris bookmark di web browser saya dari masa ke masa. Apa sajakah? Ini dia….

Portal pertama adalah JapanesePod101.Com . Portal ini diprakarsai oleh Peter Galante, warga Amerika yang sudah menetap di Jepang lebih 9 tahun. Ia, bersama rekan-rekannya, pada awalnya hanya ingin mengekspresikan kekagumannya pada khazanah budaya dan bahasa Jepang. Seiring dengan perkembangan teknologi internet dan makin maraknya podcasting melalui internet, portal ini menjadi sebuah media yang mengasyikkan untuk mempelajari bahasa dan budaya Jepang. Dengan mendaftarkan diri menjadi anggota portal, Sampeyan akan mendapatkan keanggotaan seumur hidup dan berbagai macam fasilitas belajar  yang barangkali cukup jarang ditemukan di negeri kita, Indonesia.

Portal kedua adalah Tadotsu Gakuen. Blog yang diawaki oleh Yohan-sensei ini adalah reborn dari NIHONGOKURASU yang telah berdiri sejak tahun 2006, namun baru benar-benar bisa berinteraksi antara pengajar – siswa sejak bulan April 2007. Nama Tadotsu Gakuen dipilih untuk memberikan identitas yang khas kepada komunitas ini agar dapat lebih berkembang dan dikenal. Nama komunitas ini berasal dari kata “tadotsu” 多度津 yang merupakan nama sebuah kota di prefektur Kagawa – Jepang dan kata “gakuen” 学園 yang berarti sekolah. Selain artikel, komunitas ini juga menyelenggarakan kelas bahasa Jepang online melalui Yahoo Messenger.

Portal ketiga adalah blog Yumeko, yang digawangi oleh Agro Rachmatullah, alumni Ilmu Komputer UGM yang berdomisili di Purwokerto. Penulisan kanji dari Yumeko adalah 夢子. Kanji pertama “yume” berarti “mimpi” dan kanji kedua “ko” berarti “anak”. “Yume” berisi harapan agar pembaca dan penulis blog ini senantiasa menjunjung mimpinya. Meskipun usia blog ini cukup muda (jika dibandingkan dengan Cerdas-Terampil-Taqwa yang dulu pernah mengudara di domain wordpress.com, hehe), blog ini memberikan informasi yang cukup lengkap dan bervariasi tentang bahasa dan budaya Jepang. Beberapa informasi teknis, seperti bagaimana mengaktifkan font Jepang di Windows XP , juga ditampilkan. It’s a little bit more interesting instead of merely talking about culture and language, thought…..

Nah, itu dia beberapa portal pilihan saya, MasDab. Jika Sampeyan adalah orang yang baru belajar bahasa Jepang pertama kali, atau malah sedang me-refresh ingatan tentang bahasa Jepang yang sudah mulai memudar, mari bersama-sama ikrarkan dalam hati untuk tetap bersemangat….

Update (10 November 2010):


Oya, untuk Sampeyan yang pernah bertanya, apa sajakah resources online dan free yang bisa saya gunakan untuk belajar bahasa Jepang, ada baiknya Sampeyan mengunjungi TOFUGU, sebuah blog yang bercerita tentang seluk-beluk di balik belajar bahasa Jepang dan budaya Jepang. Cukup menarik, karena disajikan dalam bahasa Inggris yang ear catching dan easy to digest. Di sini, Sampeyan juga bisa menemukan 100 resources online yang direkomendasikan oleh Koichi, penulis blog ini.

Ganbatte ne~ !  :)

Be Sociable, Share!
Categories: Japan

3 Comments

  • gina says:

    Terima kasih infonya mas Sunu…
    (pasti udah sering dan biasa banget baca kalimat kaya gini dari parapembaca web,he).

    Saya juga baru mau belajar lagi nihongo yang hampir setaunan ini saya cuekin. Infonya memudahkan saya belajar lagi…semoga Alloh juga memudahkan dan meringankan urusan-urusan mas Sunu…

  • nariswari karina d says:

    cek-cek-cek..

  • nariswari karina d says:

    Maaf, Saya mau nanya di form komentar koq ga bisa ya??
    Tapi Saya coba posting komentar (komentar nomor 2), bisa masuk. Apa kepanjangan ya pertanyaan saya?? #masih.usaha.posting.komentar

Leave a Reply