Belajar Menulis Kanji di Mac dengan Trackpad


私は sunu です。
インドネシア からきました。
Watashi wa sunu desu.
Indoneshia kara kimashita.
Saya Sunu. Dari (negara) Indonesia.

“MasDab, gimana sih cara nulis kanji yang mudah pake Mac? Ada nggak ya, fitur menulis dengan trackpad?”
Saya jawab, “Ada…tenang aja. Sampeyan baca artikel ini sampai selesai, ya. Lalu tulis komentar Sampeyan, hehe…”

Nah, MasDab. Barangkali Sampeyan pernah membaca artikel lama saya yang bercerita tentang bagaimana mengaktivasi karakter Asia Timur (khususnya Jepang) di komputer Mac. Pada artikel kali ini, saya akan bertutur tentang fasilitas baru komputer Mac dengan trackpad-nya. Jika Sampeyan sudah menggunakan Snow Leopard dan trackpad komputer Sampeyan adalah multitouch trackpad, maka artikel ini akan sangat berguna untuk Sampeyan yang sedang belajar bahasa Jepang atau bahasa Cina, dan menggunakan komputer Mac.

Salah satu kelemahan belajar bahasa Jepang/Cina menggunakan komputer adalah, “kehilangan kesempatan belajar menulis”. Namun rupanya, Steve Jobs dkk. menyadari hal ini dan mereka sepenuhnya paham bahwa menulis adalah bagian tak terpisahkan dari belajar bahasa. Nah, salah satu fitur berharga yang bisa Sampeyan jumpai di komputer Mac adalah “Show Trackpad Handwriting”. Cara menggunakan fitur tersebut sebagai berikut:

1. Buka “System Preferences” dari menu bergambar apel di sebelah kiri atas komputer Sampeyan. Kalau tidak ketemu, coba gunakan fasilitas “Spotlight” untuk mencari “System Preferences”. Kalau nggak ketemu juga…..aduh, cucian deh elo! Dipake nggak sih komputernya….

2.  Ok, no offense ya. Don’t be mad dengan kalimat di akhir poin 1 (*tapi tetep aja Sampeyan harus menemukan System Preferences untuk bisa lanjut). Setelah ketemu, coba buka “Language and Text”. Pilih menu “Input Sources”. Aktifkan “Kotoeri” (untuk karakter Jepang), “Chinese – Simplified” atau “Chinese – Traditional” (untuk karakter Cina). Perlu Sampeyan ketahui, karakter kanji dalam bahasa Jepang berasal dari negara Cina. Sayangnya, fitur “Show Trackpad Handwriting” ini hanya untuk karakter Cina. So, jika Sampeyan ingin menulis karakter kanji Jepang dengan trackpad, Sampeyan musti mengaktifkan karakter Cina juga. Untuk lebih jelasnya, silahkan Sampeyan lihat gambar di bawah ini.

3. Sudah beres? OK, saatnya beraksi. Pilih “Show Trackpad Handwriting” dari menu keyboard input bergambar bendera yang ada di bagian kanan atas Sampeyan. Jika Sampeyan masih bingung juga, coba tekan kombinasi keyboard “Control+Shift+Spacebar” bersamaan. Silahkan Sampeyan lihat gambar di bawah ini.

4. Nah, kini trackpad Sampeyan sudah diambil alih sepenuhnya oleh fasilitas ini. Untuk me-nonaktif-kan fitur ini, Sampeyan bisa menekan kembali kombinasi tiga tombol ajaib di atas (Control+Shift+Spacebar). Untuk menggunakan fasilitas ini, Sampeyan harus membayangkan trackpad Sampeyan sebagai “area virtual” untuk menulis kanji. Di bawah ini, Saya cantumkan gambar layout “area virtual” yang diletakkan di atas trackpad.


Keterangan tombol:

(1) Tombol backspace untuk menghapus karakter kanji Sampeyan. Jika Sampeyan salah tulis, cukup klik trackpad di bagian kiri atas ini dengan lembut.
(2) Tombol space untuk memberi ruang antara karakter kanji yang sudah Sampeyan tulis dengan karakter kanji baru yang akan Sampeyan masukkan.
(3) Tombol delete, untuk menghapus karakter kanji yang sudah sampeyan tulis.
(4) – (7) adalah karakter kanji hasil pengenalan pola karakter (character recognition) Mac Sampeyan. Mac akan menyediakan berbagai macam pilihan kanji, sesuai dengan yang Sampeyan tulis. Silahkan menekan salah satu kanji untuk memilih karakter kanji yang Sampeyan maksud.

5. Saatnya menulis kanji! Aktifkan aplikasi “TextEdit” Sampeyan, kemudian aktifkan fitur “Show Trackpad Handwriting”. Mulailah menulis dan pilih karakter kanji yang Sampeyan maksud. Untuk menambahkan space di antara karakter yang ada, cukup tekan tombol (2). Di bawah ini, saya mencoba menulis kanji gunung (山 / Yama) dan memasukkannya di TextEdit. Yah, meskipun agak repot, it was really fun….

6. Untuk yang masih penasaran dengan fitur-fitur lain di Mac yang mendukung pembelajaran Bahasa Jepang, silahkan lihat artikel di blog Tofugu ini. Hope it helps you too…..

Inilah alasan mengapa saya selalu mengatakan,

“Mac ain’t everything, but it seems that it is a little bit better than the others”

これから….日本語をべんきょうしますがんばってください ね~!

Be Sociable, Share!
Categories: Japan

3 Comments

Leave a Reply