Kamus Jepang di Firefox – Rikaichan

おはよう皆さん!げんきですか?
私はすごくげんきです!

Ohayou Minna-san! Genki desu ka?
Watashi wa sugoku genki desu!

Yap, kali ini saya akan sedikit menulis tentang Add-on ajaib Firefox yang bisa kita manfaatkan untuk membantu mempercepat belajar bahasa Jepang. Barangkali, Sampeyan penggemar jejepangan sesekali pernah melongok situs Jisho.Org yang menyediakan kamus online Jepang – Inggris (dan sebaliknya). Untuk bisa menggunakannya, tentu Sampeyan harus online bukan? Dan boleh jadi harus bolak-balik melihat halaman kamus sambil melongok halaman web yang sedang Sampeyan baca.

Nah, kabar baiknya, jika Sampeyan menggunakan browser Firefox atau Flock, kini Sampeyan tak harus repot-repot membolak-balik halaman kamus dan halaman web karena kamus JMDICT/KANJIDIC/ENAMDICT kini bisa Sampeyan install di web-browser dan digunakan secara interaktif, bahkan dalam kondisi offline sekalipun. Sampeyan cukup menggunakan Add-on ajaib bernama Rikaichan plus meng-install kamus Japanese-English di browser Anda, dan sim salabim jadi apa prok-prok-prok, arti dari kata-kata berbahasa Jepang, bahkan kanji sekalipun akan muncul di browser Sampeyan.
すごいですね〜

Caranya bagaimana? Simak langkah-langkah di bawah ini:

1. Gunakan browser Firefox atau Flock untuk membuka halaman project Rikaichan di http://www.polarcloud.com/rikaichan

2. Cari link DOWNLOAD dan klik tersebut. Perlu Sampeyan perhatikan juga versi Firefox yang Sampeyan gunakan (saya sendiri menggunakan Flock 2.6.1 dan menggunakan Rikaichan versi 2.00)

3. Setelah Rikaichan ter-install, restart Firefox Anda, kemudian download kamus Japanese-English dari halaman ini (halaman download ini akan muncul secara otomatis setelah Anda melakukan restart Firefox). Restart Firefox Anda sekali lagi.

4. Nah, MasDab. Kini Rikaichan sudah bisa Sampeyan berdayakan. Caranya, lihat halaman kanan bawah Sampeyan. Akan ada tombol bundar berwarna hitam yang jika Sampeyan klik-kiri satu kali akan mengaktifkan Rikaichan (tombol berubah menjadi merah) dan jika Sampeyan klik-kanan satu kali akan muncul berbagai macam pilihan seperti gambar di bawah ini. Cara yang lain, Sampeyan bisa memilih menu “Tools” > “Rikaichan” pada browser Sampeyan.

5. Cara menggunakan Rikaichan? Guampang, MasDab. Tinggal aktifkan Rikaichan, kemudian arahkan pointer mouse Sampeyan ke tulisan Kanji, Katakana, atau Hiragana yang Sampeyan pilih. Contohnya, saya mencoba membuka halaman web Yumeko, yang sekaligus menjadi referensi utama saya untuk Add-On ini. Saat pop-up muncul, Sampeyan bisa memanfaatkan pilihan fitur Rikaichan, seperti “Alternate View” (tekan A), atau “Save to Clipboard” (tekan S).

6.Kalau Sampeyan pengin melihat versi lengkap arti dari sebuah kata, tinggal pilih menu “Lookupbar” (lihat gambar di langkah ke-4). Lihat gambar di bawah ini. Saya memasukkan kata Kakkoii (かっこいい) dan menekan tombol “Enter” pada keyboard. Secara otomatis Rikaichan akan menampilkan semua arti kata tersebut. Begitu pula jika Sampeyan memasukkan karakter kanji di Lookupbar Rikaichan.

7. Apa isi dari menu Options? Banyak….tapi salah satunya adalah pilihan tombol kombinasi untuk memanfaatkan fitur Rikaichan. Selain itu, Sampeyan bisa juga mengatur preferensi dari kamus yang Sampeyan gunakan.

Nah, MasDab. Rasa-rasanya cukup sampai di sini sedikit ulasan tentang kamus berbasis browser bernama Rikaichan ini. Selamat mengeksplorasi dan jangan lupa melongok tutorial dari Mas Agro Rachmatullah di web Yumeko-nya.

じゃまたね!

Be Sociable, Share!
Categories: Japan

2 Comments

  • fita says:

    saya dah instal rikaicahn 2.01 ‘n kamsunya tapi kok dak muncul tombol yang dimaksud pada poin 4 ya pak, kesalahan dimana ya?

  • @Fita:
    Halo mbak….hmm…kalau pakai Firefox harusnya bisa. Solusi lain, coba install ulang Firefox nya karena bisa jadi ada masalah dengan Firefox (gunakan Firefox yang lama, baca persyaratan kompatibilitas add-on Rikaichan dengan versi Firefox). Kemudian install lagi Rikaichan.

    Moga membantu

Leave a Reply