Jalur Van di Victory Monument Bangkok Thailand

“MasDab, tahu jalur van ke Ladkrabang? Nge-temnya di mana yah? Saya mau maen ke situ….”
“MasDab, kalau ke Rayong atau ke Pattaya naik van yang mana? Saya ndak bisa baca tulisan Thai….”
“MasDab, saya pengin ke kantor imigrasi, naik van yang manaaaa?”

Yah, itulah sebagian pertanyaan yang dulu tidak pernah bisa saya jawab dengan jelas karena gambaran pangkalan van di Victory Monument Bangkok (Bahasa Thai: อนุสาวรีย์ชัยสมรภูมิ) begitu abstrak. Saya tidak pernah bisa memastikan apakah van yang dimaksud berada di sebelah utara, selatan, timur, atau barat Victory Monument. Van, sebagaimana bus, taksi, dan skytrain, adalah salah satu moda transportasi utama di Thailand, khususnya di Bangkok dan propinsi di sekitarnya. Sebuah van berukuran kecil rata-rata bisa memuat 10 sampai dengan 12 orang dan van berukuran besar mampu menampung maksimal 16 orang (tergantung “size” badan Sampeyan juga, hehee…).

Bepergian menggunakan van lebih irit dibandingkan dengan taksi, bila Anda bepergian bersama dengan teman Anda kurang dari 4 orang. Selain itu, biaya perjalanan van ditetapkan dengan harga-harga diskrit / tertentu tanpa menggunakan argo. Sebagai contoh, dari daerah Ladkrabang sampai dengan Chatujak WeekEnd Market cukup membayar 45 Baht per orang (kira-kira 13.500 rupiah dengan kurs 1 baht = 300 rupiah). Jika Anda berhenti lebih jauh sedikit dari lokasi pemberhentian yang disepakati, harga tidak akan berubah banyak. Jika Anda menggunakan taksi, mungki bisa menghabiskan uang Anda minimal 250 baht untuk sekali jalan (kira-kira 75.000 rupiah).  Irit ya? Jelas!

Sore ini, secara tidak sengaja saya menemukan peta grafis dan jadwal pemberangkatan van di Victory Monument. Meskipun saya sudah mbalik ke Jogja, tidak ada salahnya jadwal ini saya posting di blog. Siapa tahu Sampeyan butuh. Ya tho?

Selamat mengamati jadwal van, MasDab. Semoga perjalanan Sampeyan menyenangkan……

Referensi:

1. http://www.angkor.com/2bangkok/2bangkok/forum/showthread.php?t=3938

2. http://thaitransit.blogspot.com/2008/11/mega-victory-monument-metro-bus.html


Be Sociable, Share!

7 Comments

Leave a Reply