From Research To Manuscript – Sebuah Resensi

Judul              : From Research to Manuscript – A Guide to Scientific Writing 2nd Edition
Pengarang       : Michael J. Katz
Penerbit         : Springer (2009)
ISBN               : 978-1-4020-9466-8
Sample           : Springer Online Page

A scientific experiment, no matter how spectacular the results, is not completed until the results are published. Thus the scientist must not only do science but must write science
(Robert A. Day, How to Write and Publish A Scientific Paper – 4th Edition)

Mulanya, saya merasa bingung saat mendapatkan tugas “latihan menulis paper untuk dikirimkan ke jurnal internasional” dari dosen pembimbing saya di Thailand. Ini adalah tugas pertama saya untuk benar-benar menulis ilmiah tanpa cela, setelah beberapa kali “berlatih kecil-kecilan” menulis paper untuk seminar nasional maupun internasional dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Kebingungan ini membawa saya bertanya kepada beberapa rekan, maupun dosen pembimbing saya sendiri. Pertanyaan saya kira-kira seperti ini, “Ada atau tidak ya, buku yang benar-benar ultimate membahas penulisan ilmiah, khususnya menulis paper ilmiah dari A sampai Z?”

Pertanyaan yang tidak mudah ini terjawab saat saya melihat buku berjudul From Research To Manuscript 1st Edition di apartemen rekan saya, Mas Fikri Waskito. Ketertarikan saya pun membawa langkah saya ke toko buku Kinokuniya di lantai 3 Siam Paragon Mall, Bangkok. Kinokuniya adalah international book store yang mirip perpustakaan karena tempatnya yang nyaman, ada lounge di dalam toko tersebut, dan terdapat arena bermain anak-anak bagi pembeli yang membawa serta keluarganya dan tidak ingin terganggu oleh polah anak-anaknya saat sedang mencari buku yang diinginkan. Sayang, buku yang saya cari ternyata lebih cepat terjual dari yang saya kira. Stok buku kosong, sehingga saya meninggalkan Kinokuniya tanpa hasil.

Beberapa hari sesudahnya, dosen saya mengirimkan email dengan attachment cukup besar. Setelah dibuka, olala ….. ternyata versi digital dari buku yang saya cari dikirimkan melalui email. Dan yang lebih membahagiakan adalah file yang dikirimkan adalah versi terbaru dari buku yang saya cari (Edisi Ke-2, terbitan tahun 2009). Tanpa berpikir panjang, saya segera menekuni buku ini dalam rangka melaksanakan “tugas menulis paper” tadi. Dalam waktu kurang lebih dua minggu, saya menyelesaikan buku ini sekaligus memiliki gambaran yang cukup lengkap tentang seluk beluk penulisan ilmiah yang dibahas dalam buku ini. Apa saja? Simak review saya di bawah ini.

Pada bagian awal buku ini, penulis buku mencoba menjelaskan pentingnya penulisan ilmiah. Klaim saintifik, sedikit banyak, berbeda dengan fakta karena kemunculannya didasari dengan percobaan dan pengujian. Sebuah klaim saintifik tidak akan banyak berguna tanpa disertai dengan data-data yang valid dan teruji. Untuk memudahkan pengujian, validasi, publikasi hasil penelitian, serta menyebarluaskan kemanfaatan dari hasil penelitian tersebut, ilmu untuk menguasai dasar-dasar penulisan ilmiah menjadi tak terhindarkan.

Pada bagian pertama (Tools and Technique), penulis mencoba menjelaskan prinsip-prinsip yang harus dipahami saat kita ingin menekuni dunia penulisan ilmiah. Pemahaman terhadap struktur penulisan ilmiah membuka bagian pertama ini, diikuti dengan beberapa contoh kata-kata yang lazim digunakan dalam penulisan ilmiah berbahasa inggris, cara menampilkan data agar mudah dibaca dalam sekali periksa, dan mengolah gambar-gambar pendukung tulisan ilmiah. Penjelasan bagian pertama cukup mudah dicerna karena disertai dengan contoh-contoh paragraf dalam paper ilmiah, tabel-tabel, grafik, dan penyajian gambar yang baik.

Pada bagian kedua (Writing A Research Paper), penulis menjelaskan logika penulisan paper, dimulai dari yang paling mudah sampai dengan yang paling sulit dan paling penting, dengan urutan sebagai berikut:

  1. Materials and Method
  2. Results
  3. Discussion
  4. Conclusion
  5. Introduction
  6. Title and Abstract

Saya sempat berpikir, mengapa judul and abstrak menjadi bagian tersulit? Bukankah menulis judul dan abstrak tidak terlalu lama dilakukan, tapi mengapa menjadi bagian tersulit? Jawabannya saya temukan dalam halaman 149 di buku ini. Judul dan abstrak tulisan menjadi “wakil” sekaligus “frontman” untuk tulisan kita. Jika kita gagal mengonstruksi judul dan abstrak yang menarik, gagal pula seluruh ulasan dalam paper tersebut karena pembaca akan segera berpaling ke judul paper lain.

Selain menjelaskan cara menulis bagian-bagian paper, bagian kedua ini juga menjelaskan bagaimana cara membangun cara pandang pembaca untuk meyakinkan bahwa apa yang kita sajikan adalah “original”, “novel”, “never been published before”, atau istilah apapun itu yang bermakna “hasil penelitian ini membawa sesuatu yang baru dalam bidang ilmu terkait”. Mungkin inilah yang jarang ditemui di buku-buku penulisan ilmiah lainnya. Kebanyakan buku penulisan ilmiah, especially yang berbahasa Indonesia, hanya membahas teknis penulisan tanpa menjelaskan cara membangun pola pikir pembaca agar mereka percaya, setidaknya memiliki asumsi awal, bahwa apa yang kita sajikan dalam paper adalah sesuatu yang baru, yang belum pernah dilakukan oleh peneliti sebelumnya.

Bagian ketiga (Preparing a Manuscript for Submission) menjelaskan tips-tips memilih jurnal dan apa yang harus dipersiapkan sebelum mengirimkan manuscript (atau paper dalam format awal sebelum siap diterbitkan). Salah satu tips menarik dari pengarang buku ini adalah: untuk tahap awal, pilihlah sebuah jurnal yang paling susah ditembus. Mengapa? Tak lain adalah kritik dan masukan cuma-cuma dari para reviewer bisa kita dapatkan untuk memperbaiki manuscript kita. Dengan mendapatkan masukan dari berbagai reviewer yang ahli di bidangnya, kita bisa memoles manuscript kita agar lebih reader friendly, dan tentu layak submit ke jurnal yang sesuai.

Tips lain yang disodorkan penulis adalah perlunya mempertimbangkan open access publishing untuk menerbitkan tulisan-tulisan ilmiah kita. Mengapa? Artikel yang dipublikasikan di sebuah penerbit tak berbayar (open access publisher) memungkinkan adanya peluang sitasi yang lebih besar daripada artikel yang dipublikasikan di sebuah penerbit yang berbayar. Pembaca dengan mudah mengunduh tulisan kita, mempelajari, dan bukan tidak mungkin menjadikan tulisan kita sebagai referensi karya ilmiahnya tanpa harus membayar biaya langganan ke penerbit tersebut. Selain berbagai tips di atas, penulis juga menyajikan cara-cara memilih jurnal berdasarkan faktor-faktor yang krusial, seperti ranking jurnal, paper acceptance rate (misal, dari sekian ratus paper yang masuk, hanya 60% yang diterima), dan impact factor (angka yang menunjukkan seberapa sering artikel-artikel pada jurnal tersebut dirujuk oleh karya ilmiah lain). Penulis menutup bagian ketiga ini dengan menjelaskan cara menanggapi komentar atau hasil koreksi dari para reviewer.

Buku ini secara garis besar sudah mewakili penjelasan tentang penulisan ilmiah, khususnya penulisan manuscript untuk sebuah jurnal ilmiah. Selain disajikan secara runtut dan terperinci, buku ini juga menyajikan contoh-contoh paragraf, kata-kata ambigu yang harus dihindari dalam penulisan ilmiah, singkatan-singkatan dan satuan yang digunakan dalam penulisan ilmiah, sampai dengan perangkat lunak yang bisa digunakan peneliti untuk memudahkan penulisan ilmiah. Kelemahan buku ini adalah, tidak ada pemisah yang jelas antara bagian pertama, kedua, dan ketiga sehingga pembaca yang tidak mencermati daftar isi akan kebingungan saat menemukan Chapter 1 (dari bagian berikutnya) setelah membaca Chapter 5 (dari bagian sebelumnya). Secara umum, saya merekomendasikan rekan-rekan mahasiswa yang menempuh studi S2 atau S3, utamanya dari bidang sains, untuk membaca buku ini.

It’s worth the price, folks!

Daftar Isi Buku

Acknowledgements and Introduction

Part I: Tools and Techniques.

1. The Standards of a Scientific Paper.

2. Scientific Words, Sentences, and Paragraphs.

3. Writing Scientific Text.

4. Presenting Numerical Data.

5. Constructing Scientific Figures.

Part II: Writing a Research Paper.

1. Writing During Research.

2. Composing the Sections of a Research Paper

Part III: Preparing a Manuscript for Submission

1. Choosing a Journal

2. A Final Rewrite

3. Preparing and Submitting the Manuscript

4. Responding to Editors and Referees

Be Sociable, Share!
Categories: Scientific Writing

2 Comments

  • erywijaya says:

    Wah mantab review bukunya, layak untuk dibeli dan dibaca, suwun mas dab

  • arif says:

    Salam kenal Mas Sunu,
    wah artikel risensi bukunya bagus sekali, saya saat ini sedang membutuhkan referensi utk menulis paper di jurnal internasional, kalau diizinkan, mohon saya dikirimkan versi digital dari buku tsb diatas via japri atau file digital tsb bisa diupload di website? matur nuwun.

Leave a Reply