Toko Elektronik dan Hardware di Jepang – Japan Note (3)

MasDab, alhamdulillah saya masih memiliki kesempatan untuk mendokumentasikan hal-hal menarik di Jepang. Hal pertama kali yang terlintas dalam benak pikiran saya saat mendapatkan tema penelitian “berbau hardware dan elektronik” adalah, “Bagaimana saya mendapatkan barang-barang ini di Jepang? Saya tidak bisa membaca kanji, dan mayoritas informasi ditulis dengan kanji?” Alhamdulillah, seiring dengan waktu, saya mendapatkan berbagai macam informasi dari teman dan sahabat, baik dengan bertanya maupun dengan diskusi. Pada tulisan kali ini, saya akan mendokumentasikan beberapa tempat penjualan barang dan pernak-pernik elektronik, household, untuk keperluan sehari-hari ataupun penelitian. Tulisan ini akan saya update apabila nantinya saya menemukan informasi baru.

1. Akizuki Denshi (秋月電子)

Website : http://akizukidenshi.com/catalog/default.aspx

Untuk pelajar dan mahasiswa informatika atau teknik elektro, toko yang berlokasi di Akihabara ini menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan peralatan elektronik, khususnya komponen elektronik (IC, LED, resistor, kapasitor, amperemeter, dan sebagainya), dengan harga yang cukup terjangkau (apabila dibandingkan dengan membeli eceran di seputaran Akihabara). Lokasi toko ini (tanda panah merah) ada di sebelah utara service center Panasonic, tepatnya dua blok setelah Ishimaru Store. Jika Sampeyan turun dari JR Shinjuku Station, cari toko Aoki, kemudian jalan terus sampai dengan Ishimaru Store, kemudian belok kanan. Untuk lebih lengkapnya, lokasi Akizuki Denshi ada di:

〒 101-0021 1-8-3 Soto-Kanda, Chiyoda-ku, Tokyo Building 1F Nomizu

2. Yodobashi Kamera (ヨドバシカメラ)

Website: http://www.yodobashi.com/

Toko ini menjual alat-alat elektronik siap pakai, seperti laptop, PC, aksesoris komputer, peralatan elektronik rumah tangga, audio video, kamera (dari mulai pocket camera sampai dengan DSLR) dan buku. Di Akihabara, Yodobashi memiliki gedung yang sangat besar dan mudah dilihat dari stasiun. Selain di Akihabara, Yodobashi juga memiliki cabang di tempat lain, seperti di Chiba (di area Chiba Station) dan Shinjuku (arah pintu selatan stasiun Shinjuku).

3. Tokyu Hands

Website: http://www.tokyu-hands.co.jp/en/index.html

Toko ini menjual pernak-pernik yang berkaitan erat dengan hobi dan berbagai macam peralatan rumah tangga. Selain itu, alat-alat “pertukangan” juga dijual di toko ini. Tokyu Hands, yang bersemboyan “Creative Life Store”, memiliki banyak cabang di Jepang. Informasi lebih lengkap bisa dilihat pada website di atas.

4. Vivahome (ビバホーム)

Website: http://www.vivahome.co.jp/

Toko keempat yang saya rekomendasikan adalah Vivahome. Toko ini menjual semua alat-alat kebutuhan rumah tangga dan pertukangan “kelas berat”, mulai dari obeng, tang, sampai dengan batu bata semua dijual di toko ini. Sebenarnya toko ini memiliki cukup banyak cabang, namun saya sendiri baru mencoba berkunjung ke Vivahome Chiba. Kesan pertama kali saya terhadap toko ini adalah, “Impresif! Hampir semua kebutuhan pertukangan dan rumah tangga ada di sini”. Untuk informasi lebih lanjut, lihat peta di bawah :

Be Sociable, Share!
Categories: Japan

Leave a Reply