Tips Membaca Buku Gratis di Springer Online

MasDab, bagi Sampeyan yang sering berkutat dengan buku, paper jurnal atau konferensi, pasti sampeyan mengenal dengan baik nama “Springer”. Ya, Springer adalah salah satu penerbit terkemuka yang menaungi banyak jurnal dan buku-buku  yang ditulis oleh peneliti di berbagai belahan dunia. Springer senantiasa menerbitkan buku-buku acuan, yang sebagian besar berbasis pada hasil penelitian. Bagi kita yang tidak “terbiasa” membeli buku, baik online maupun hardcopy, karena faktor biaya, membaca buku gratis adalah salah satu mimpi besar kita untuk mengakses pengetahuan tanpa harus mengeluarkan sepeser biaya.

Nah, kali ini saya ingin berbagi sebuah tips untuk Sampeyan, terutama yang betah membaca buku di layar komputer: tips membaca buku (ebook) gratis terbitan Springer!

Bagaimana caranya ? Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka website Springer dan cari buku yang Sampeyan kehendaki. Bisa dari jaringan kampus, atau dari jaringan di luar kampus.

NB:
Jika Sampeyan mengakses Springer dengan proxy universtas, Sampeyan akan melihat logo negara di mana universitas tersebut berada. Dalam gambar di bawah ini, saya menggunakan proxy kampus saya (Tokai University, Jepang).  Di bagian kanan atas akan tertulis keterangan nama negara dari kampus Sampeyan (di browser saya tertulis “Japan”, negara tempat universitas saya saat ini berasal).

2. Pilih menu “Read Online”. Perhatikan gambar di bawah ini:

3. Setelah itu, perhatikan di bagian sisi kanan halaman profil buku tersebut. Akan terdapat pranala “Access an Online Book Review Copy”. Untuk membaca buku gratis tersebut, Sampeyan harus menyebutkan sebuah jurnal atau media massa, di mana nantinya Sampeyan akan menulis review tentang buku yang Sampeyan baca. Terserah apa nama media massa-nya. Bisa juga dengan menyebutkan status Sampeyan sebagai dosen di universitas tempat Sampeyan mengajar dan mata kuliah yang saat ini Sampeyan ampu. Nantinya, data Sampeyan akan diverifikasi oleh Tim Springer.

4. Klik link pada poin 3 di atas, kemudian isi data diri Sampeyan, email valid, alamat kampus, dan sebagainya. Isikan alamat email valid, karena Springer akan melakukan konfirmasi data yang Sampeyan kirimkan. Isi email konfirmasi dari Springer sebagaimana gambar di bawah ini.

5. Akhirnya, Sampeyan bisa membaca satu buku penuh secara gratis. Tanpa harus membayar sepeser pun (dengan catatan universitas Sampeyan berlangganan akses ke Springer). Satu hal yang terpenting adalah sesi verifikasi. Sediakan data Sampeyan seakurat mungkin, karena mungkin akan ada “sesi tanya jawab” melalui email dengan Tim Springer. Oya, Sampeyan juga akan diminta untuk menuliskan komentar atau review tentang buku yang Sampeyan baca, termasuk jika ada errata (koreksi) salah tulis atau apapun yang Sampeyan temukan, Sampeyan diminta untuk submit ke form online yang mereka rujuk

Jika dirasa postingan saya bermanfaat untuk Sampeyan, sudilah kiranya Sampeyan menyampaikan komentar di artikel ini. Selamat membaca MasDab. Semoga ilmunya bermanfaat :)

Oya, baca juga beberapa tulisan saya yang lain. Mungkin Sampeyan memerlukannya :

(1) Tips Mencari Paper Conference dan Journal Gratis
(2) Tips Menulis Thesis S-2 (1) dan (2)
(3) Tulisan-tulisan menarik lainnya tentang penulisan karya ilmiah dan penelitian

UPDATE (tanggal 20 Juni 2012 ): 
Alhamdulillah, MasDab. Selain versi online ternyata Springer juga menyediakan examination copy versi offline. Minggu ini saya “ketiban berkah” mendapat kiriman buku gratis dari Springer yang berjudul “An Invitation to 3-D Vision”. Setelah mendapatkan buku ini, para reviewer biasanya diminta untuk mengisi formulir / kuesioner tentang buku tersebut, sekaligus memberikan testimoni atau koreksi bila ada kesalahan cetak atau tulis dalam buku tersebut. (Review buku “An Invitation to 3-D Vision” bisa dibaca di sini).
Di bawah ini saya lampirkan foto bukunya :

Be Sociable, Share!
Categories: Scientific Writing

3 Comments

Leave a Reply