Persiapan Melahirkan di Jepang

(Courtesy Allabout.Jp)

Pengalaman melahirkan anak pertama di Jepang, secara tidak langsung memberikan pelajaran yang sangat berharga bagi saya dan istri. Jauh-jauh hari sebelum kelahiran anak pertama kami, berbagai macam persiapan, termasuk mempelajari “adat-istiadat” dan budaya orang Jepang di rumah sakit, telah kami lakukan. Tak lupa, kami juga membaca buku-buku petunjuk umum persiapan melahirkan, serta beberapa petunjuk khusus yang dikeluarkan oleh rumah sakit rujukan dokter.

Dalam artikel kali ini, kami ingin menyampaikan sebuah ikhtiar kecil-kecilan yang kami lakukan bulan April 2012 yang lalu. Ikhtiar ini berupa penterjemahan buku “Hello Baby” yang diterbitkan oleh Chiba Health Center yang berisi diantaranya petunjuk praktis barang-barang yang perlu dibawa saat melahirkan di Jepang. Beberapa perlengkapan ibu melahirkan memang disediakan oleh rumah sakit, namun biasanya pasien diminta juga untuk menyiapkan keperluan-keperluan pribadinya. Selain itu, kami sertakan pula langkah-langkah untuk menelepon rumah sakit saat kontraksi tiba. Dari pengalaman kami, berlatih berkali-kali (simulasi menelepon) sangat penting, karena menghilangkan rasa gugup saat kondisi darurat. Kami juga melampirkan beberapa langkah pengurusan dokumen anak, mulai dari rumah sakit sampai dengan Kedutaan Besar RI.

Untuk info-info lain, kami lampirkan pula referensi pelengkap, yang kami jadikan rujukan untuk persiapan kelahiran anak kami.

Semoga ikhtiar ini bermanfaat dan menjadi tabungan amal kami berdua.

(S & R)

Lihat dan Unduh (Scribd) :

Referensi Lainnya : 

1. Hamil dan Melahirkan di Jepang
2. Info penting untuk ibu hamil dan anak di Jepang
3. My Pregnancy in Japan (edisi 1 dan edisi 2)
4. Melahirkan di Jepang
5. Pengalaman melahirkan di Jepang
6. Pengalaman dan persiapan melahirkan di Jepang (PPI Jepang)
7. Informasi melahirkan di Jepang
8. Melahirkan di Jepang (Daily Life)
9. Cerita Bu Yayu (seputar keluarga dan mengurus anak)
10. Cara mengurus surat-surat anak di Jepang
11. Mengurus keringanan biaya melahirkan di Sapporo 
12. Mengurus akta kelahiran anak yang lahir di Jepang (dari Dr. Anto S. Nugroho)
13. Serial Melahirkan (blog Mbak Fety)

Be Sociable, Share!
Categories: Japan

1 Comment

Leave a Reply