Membeli Buku Bahasa Inggris di Tokyo

“Di mana ya, toko buku bahasa Inggris di Jepang, khususnya di Tokyo?” tanya seorang kawan. “Amazon Japan!”, jawab temannya yang lain dengan mantap dan tanpa rasa bersalah.

MasDab, pada tulisan kali ini, saya ingin berbagi sedikit tentang mencari buku berbahasa Inggris di Jepang, sebuah hal yang mungkin terlihat “konyol” di tengah majunya peradaban jual beli online di negeri Sakura ini. Kisah pembuka di atas, menggambarkan betapa Amazon Japan sudah menjadi kebutuhan primer bagi para penikmat buku, terutama mereka yang malas bepergian atau sibuk. Tapi bagi para penikmat buku sejati (saya tidak menyebut mereka “kutu buku”, karena kutu tidak mengenal selera dan pilihan buku yang mereka lahap), mencari buku tidak sekedar “membeli buku”. Mencari buku secara manual, dengan mengunjungi toko-toko buku dan merasakan suasana di toko tersebut menjadi kepuasan tersendiri. Seperti penikmat kuliner, yang rela mengunjungi tempat-tempat pelosok tidak hanya untuk merasakan nikmatnya kuliner lokal, tapi juga belajar dari budaya di daerah tersebut. Begitu kira-kira perbandingannya…. :D

Foto 1. Junkundo, Shinjuku (sayang, toko ini tutup pada 31 Maret, 2012)

Mencari toko buku yang menjual buku-buku import berbahasa Inggris bukan hal yang mudah. Benar, karena buku-buku import memiliki pangsa pasar cukup kecil di negeri ini. Selain itu, banyak buku-buku import yang sudah diterjemahkan langsung ke dalam bahasa Jepang. Salah satu penerbit yang secara masif melakukan ekspansi di Jepang adalah O’Reilly. Hampir semua buku terbitan O’Reilly sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang. Buku O’Reilly dalam bahasa Jepang ini hampir semuanya melibatkan satu orang jepang sebagai pengarang tambahan, yang memberi konten tambahan pada buku tersebut, sehingga buku terjemahan bahasa Jepang ini menjadi lebih lengkap dari buku aslinya (lihat gambar 2).

Kembali ke toko buku, toko pertama yang sempat saya kunjungi adalah Junkundo, di daerah Shinjuku. Sayang, toko ini sudah ditutup pada tanggal 31 Maret 2012. Meskipun demikian, masih banyak cabang-cabang Junkundo di area Kanto. Secara umum, suasana di toko ini sangat kondusif untuk membaca sekaligus memilih buku-buku favorit. Alih-alih berdekorasi layaknya toko buku, pengelola Junkundo justru menyediakan suasana “perpustakaan”, lengkap dengan beberapa tempat duduk untuk para pengunjung.

Foto 2. Buku OpenCV dalam bahasa Jepang

Toko buku kedua, yang pernah saya kunjungi adalah Book Off Shirokanedai. Toko buku Book Off biasanya menjual buku-buku second hand (atau 中古) berbahasa Jepang. Beberapa cabang Book Off (seperti Shibuya atau Chiba) menyediakan sedikit rak untuk buku-buku berbahasa Inggris. Namun demikian, berbeda dengan Book Off Shirokanedai. Toko buku ini menyediakan hampir satu lantai khusus untuk buku berbahasa Inggris. Berbagai macam buku komputer pun tersedia di sini, tentu kebanyakan edisi lama (di bawah tahun 2006), dengan harga diskon. Untuk mengakses toko buku ini, bisa menggunakan kereta chikatetsu Namboku Line (南北線), ke arah Meguro Station. Turun di stasiun Shirokanedai(白金台). Toko buku ini terletak tak jauh dari stasiun Shirokanedai, berjalan kaki sekitar 3 menit dari stasiun. Alamat lengkapnya sebagai berikut

BOOKOFF Café Shirokanedai Store (1st floor)
Store hours: 8:30-21:30
Tel: 03-5475-5698
URL: http://r.gnavi.co.jp/p469400/  (bahasa Jepang)
Store address: 4-3-19 Shirokanedai, Minato, Tokyo
More information : PDF file

Foto 3. Deretan buku komputer berbahasa Inggris
di Toko Buku Book Off Shirokanedai

Toko buku berikutnya yang pernah saya kunjungi adalah Maruzen Marunouchi Branch (Maruzen丸の内店). Toko buku ini terletak tepat di depan JR Tokyo Station (salah satu stasiun kereta paling ramai dan paling membingungkan yang pernah saya jumpai di daerah Kanto). Jalan dari Tokyo Station, melalui pintu Marunouchi Utara (丸の内北口) sekitar satu menit. Buku-buku di Maruzen bermacam-macam, kebanyakan buku kontemporer seperti majalah dan novel. Namun demikian, di sini juga bisa dijumpai beberapa buku teks untuk berbagai disiplin ilmu, seperti ekonomi dan manajemen (terbesar), kemudian bahasa Inggris, baru sisanya teknik dan ilmu pasti. Buku-buku ilmu komputer juga bisa dijumpai di sini, mayoritas adalah buku teks yang diterbitkan Cambridge, CRC Press, atau John Wiley&Sons (saya tidak menjumpai buku-buku terbitan O’Reilly di sini).

Maruzen Marunouchi Store
Store address: 1-6-4, Marunouchi, Chiyoda, Tokyo
Opening hours : 09.00 – 21.00
URL:  http://www.maruzen.co.jp/corp/shop/marunouchi.html (bahasa Jepang)

MARUZEN bookstore at Marunouchi, Tokyo

Foto 4. Maruzen Marunouchi Store (courtesy: Keiko Murata)

Berikutnya, barangkali banyak yang sudah tahu, adalah Kinokuniya. Toko buku ini berkonsentrasi menjual buku-buku budaya Jepang dalam bahasa Inggris. Selain itu, dijual pula buku-buku pelajaran bahasa Jepang, seperti Minna No Nihongo, atau buku-buku bahasa Jepang lain terbitan Japan Times. Koleksi buku berbahasa inggris untuk anak-anak pun tak kalah lengkapnya di sini.

Foto 5. Kinokuniya Shinjuku Takashimaya Store
(courtesy Expatsguide.Jp)

Selain toko buku utama di area stasiun Shinjuku (Shinjuku Main Store), Kinokuniya juga memiliki cabang lain yang terletak di area perbelanjaan Takashimaya (Shinjuku station south exit). Meskipun lokasinya sangat mudah dijangkau, buku-buku berbahasa Inggris di Kinokuniya umumnya dibandrol dengan harga yang cukup tinggi (*untuk kantong pelajar). Saya sendiri secara pribadi tidak menyarankan untuk membeli buku di sini. Tapi kalau untuk observasi dan melihat isi buku secara sekilas, Kinokuniya masih masuk dalam daftar rekomendasi ;)

Kinokuniya Shinjuku Main Store
Store address: 3-17-7 Shinjuku, Shinjuku-ku, Tokyo
Opening hours : 10.00 – 21.00
Floor Guide: http://www.kinokuniya.co.jp/store/Shinjuku-South-Store/floorguide.html
More information: http://comics212.net/2011/09/17/japan-2010-kinokuniya-bookstore-shinjuku-jr-east-exit/ 

Kinokuniya Takashimaya Store
Store address: Takashimaya Times Square,
5-24-2 Sendagaya, Shibuya, Tokyo
Opening hours: 10.00 – 20.00
URL:  http://expatsguide.jp/3297

Untuk informasi lebih lengkap, Sampeyan bisa mengakses informasi di bawah ini:

  1. 6 Ways to Find English-language Books in Japan
  2. English bookstores in Japan
  3. Bookshops in Japan that specialize in English
  4. Buying english books in Japan

Nah, selamat mengarungi lautan buku MasDab. Jikalau ada waktu luang, tak ada salah sekedar berjalan-jalan dan mengunjungi toko-toko buku di atas :)

Be Sociable, Share!
Categories: Japan

4 Comments

  • ali syamsudin says:

    Matur nuwun infonya mas… Kemarin karena waktu yang mepet jadi ndak sempat huntin…:)

  • rahma says:

    thanks udah berbagi ceritaa yaa :D jadi tau, toko buku jepang tuh gimana, kayak manaa

    mas, klu perpustakaan di jepang sono kayak mana juga yaa? :) suasananya, buku2nya, fasilitasya,etc
    :)

    • Saya pikir perpustakaan di jepang tak jauh berbeda dengan di indonesia. Cuma mungkin, penggunaan IT lebih optimal, seperti pencarian buku, kemudian bisa pesan buku di perpus lain dari univ.kita, dan kita tinggal menunggu saja, sampai mereka mengirimkan notifikasi ke kita kalau bukunya sudah sampai

Leave a Reply