Bagaimanakah cara mendapat beasiswa belajar di Jepang?

Itu pertanyaan yang seringkali saya hadapi jika bertemu dengan adik-adik kelas, atau berkomunikasi di media sosial. “Mas, saya pengin sekali ke Jepang. Bagaimana caranya?” Sebuah pertanyaan yang dulu menghinggapi diri saya saat baru saja lulus S1. Nah, supaya Anda semua sedikit terobati galaunya, saya ingin berbagi beberapa tips. Mungkin postingan artikel ini begitu “klasik”, karena saya pernah beberapa kali menuliskannya. Namun, semoga kali ini bermanfaat!


Apa yang ada di artikel ini?
Informasi beasiswa ke Jepang, seputar studi di jepang
(S1-S3), contoh soal ujian masuk ke universitas jepang, dan sekilas info tentang pameran pendidikan tahunan (jika ada, akan saya posting di artikel ini)


Bagaimana dengan panduan untuk hidup di Jepang?  

Informasi tentang hal-hal yang terkait dengan kehidupan sehari-hari (mis. : memilih makanan, panduan mengurus kelahiran anak, membeli buku bahasa Inggris, dst.) sudah saya alihkan secara khusus in halaman JAPAN-GUIDE.



Kapan terakhir kali di-update?

12 Desember 2015

 

 

Perhatian:

  1. Baca sebelum berkomentar. Budayakan membaca sampai tuntas sebelum menulis komentar di bawah. Saya tidak akan menjawab pertanyaan yang jawabannya sudah ada di artikel ini.
     
  2. Saya tidak akan menjawab pertanyaan seputar lowongan, seperti: “Apakah ada lowongan kuliah untuk jurusan ….. di universitas ….. ? “ Artikel ini bertujuan untuk membantu Anda. Andalah yang ingin melanjutkan sekolah, dan mencari informasi yang Anda inginkan terkait bidang studi Anda adalah tugas Anda! 

 

I. Persiapan Awal

Sebelum benar-benar menjadi pemburu beasiswa, ada hal-hal yang perlu Anda persiapkan, dan Anda jawab. Yang pertama, tentu masalah motivasi. Ringkasnya, Anda perlu menjawab pertanyaan ini:

  • Mengapa Anda begitu tertarik pergi ke Jepang?
  • Pernahkah Anda berpikir kesulitan-kesulitan yang bakalan Anda hadapi saat  ada di Jepang nantinya?
  • Apakah kesulitan tersebut dan usaha Anda untuk menghadapinya, layak dengan cita-cita yang ingin Anda raih?
  • Mengapa tidak memilih negara lain saja?
  • Mengapa memilih Jepang yang bekerja dengan jam kerja 7/11, pergi jam 7 dan masuk rumah jam 11?
  • Siapkah Anda untuk belajar bahasa Jepang, menghafal ribuan kanji untuk bisa bertahan hidup sekaligus menikmati keindahan Jepang? (meskipun bahasa Jepang tidak wajib untuk S-3, tapi tanpa mempelajarinya saya pikir Anda tidak akan bisa menikmati Jepang)

Pertanyaan-pertanyaan ini harus Anda jawab terlebih dahulu, karena tanpa menjawabnya, saya takut Anda akan kecewa setelah benar-benar tiba di Jepang nanti. Dan ini tentu sangat disayangkan.

Pertanyaan lain yang harus Anda jawab adalah, sudahkah Anda mencari tahu, survey, bagaimana proses pendidikan S1, S2, dan S3 di Jepang dan apa yang membedakannya? Jika belum, kebetulan ada dua buah artikel yang menurut saya cukup menarik, yang bisa Anda baca:

1. Pengalaman mengikuti pendidikan S1, S2, dan S3 di Jepang (Dr. Anto S. Nugroho)

2. Kiat-kiat Sekolah di Jepang (Dr. Arief B. Witarto)

Setelah Anda menemukan jawaban dari itu semua, saatnya kita melakukan persiapan teknis mencari beasiswa di Jepang. Ada hal-hal praktis yang perlu Anda lakukan, di luar artikel ini. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Tentukan bidang yang ingin Anda tempuh di Jepang. Tentukan sejak sekarang, karena bidang yang ingin Anda tempuh sangat menentukan pilihan pembimbing dan universitas nantinya.

2. Cari universitas  yang akan menjadi tempat belajar Anda. Pilihan universitas, harus melalui pertimbangan, misalnya:

a. biaya hidup di kota tempat universitas itu berada. Mahal atau tidaknya, Anda harus paham benar. Tinggal di propinsi yang agak jauh dari ibukota, tentu biayanya lebih murah. Jika Anda tinggal di Tokyo, biaya sewa rumah bisa dua kali lipat dibandingkan jika Anda tinggal di daerah luar Tokyo, misal di Chiba atau di Saitama. Pilihan untuk tinggal di bagian selatan (Kyushu) pun bukan pilihan yang buruk, bahkan Anda bisa nabung banyak dari uang beasiswa Anda. So, mencari informasi tentang biaya hidup menjadi prioritas!

b. pilihan iklim juga perlu diperhatikan. Jika Anda kuat dengan cuaca dingin dari waktu ke waktu, pilihan untuk tinggal di daerah utara bukan pilihan yang buruk. Tapi kalau Anda punya masalah dengan “dingin” (misal : alergi), sebaiknya Anda tinggal di daerah yang memiliki iklim lebih hangat (meskipun rata-rata daerah di Jepang mengalami 4 musim).

c. Swasta atau negeri? Memang, di Jepang kualitas universitas swasta tidak begitu berbeda dengan universitas negeri. Tapi harga dan biaya, tentu saja beda. Sebagaimana di Indonesia, biaya kuliah di universitas swasta jauh lebih mahal daripada universitas negeri. Selain itu, kesempatan untuk mendapatkan keringanan pembebasan biaya kuliah (menjo / 免除) di universitas negeri lebih besar. Ini bermanfaat jika beasiswa Anda tidak mencakup biaya kuliah (alias hanya biaya hidup saja). Lain halnya jika Anda yakin dengan kondisi keuangan Anda. Swasta atau negeri tentu tak jadi soal.

d. Ada baiknya, tetapkan universitas yang memiliki ahli di bidangnya. Jika Anda ingin belajar teknologi, khususnya Teknik Elektro tentu tidak ada salahnya mencoba belajar di University of Tokyo, atau Tokyo Institute of Technology, atau Kyushu University. Jika ingin belajar penginderaan jauh (remote sensing), bisa melihat profil Chiba University. Ini hanya contoh saja. Masing-masing universitas punya produk unggulan, dan sebaiknya Anda tahu. Dengan mengetahui produk unggulan setiap universitas, Anda bisa berharap akan belajar di tempat yang benar dan dari maestro-nya langsung :). Bagaimana bisa tahu tentang hal ini? Baca dan baca. Banyak bertanya ke senior yang Anda kenal. Hal termudah adalah, perhatikan web masing-masing universitas dan lihat apa “produk unggulan mereka”. Apa yang mereka “jual” di web, supaya orang-orang mendaftarkan diri ke universitas tersebut.

3. Langkah berikutnya adalah mendapatkan pembimbing akademik. Ini bukan pekerjaan yang mudah. Saya dulu sempat mengirimkan lebih dari 10 lamaran melalui surat elektronik (email), cuma dibalas 2 email saja. Lainnya? Hilang tak berbalas. Menyerah? Tidak. Saya terus berjuang untuk mendapatkan pembimbing melalui komunikasi online:

Untuk mencari pembimbing, bertanyalah pada kenalan Anda (senior, dosen di Indonesia, dst). Jika bisa mendapatkan pembimbing yang pernah membimbing mahasiswa Indonesia, hal tersebut lebih baik (dengan catatan, mahasiswa yang dulu pernah dibimbing tidak terlibat kasus, dan sukses menyelesaikan studi). Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat ebook yang pernah saya tulis : Scholarship Hunter Guide . Lihat juga ebook sebelumnya : Chicken Soup for Scholarship Applicant. Di dua buku ini sudah saya tulis semua tips-nya, sangat lengkap dan cukup akurat (karena terbukti saya mendapatkan beberapa calon professor dengan cara yang saya tulis di buku itu).Silahkan baca dan praktikkan dengan contoh-contoh email yang saya buat di sana.

4. TIba saatnya mencari sponsor. Sudah banyak website yang menjelaskan tips dan trik mencari beasiswa. Di artikel ini, saya hanya menuliskan beberapa alamat web sponsor beasiswa, yang sekiranya bisa jadi pertimbangan Anda semua.

5. Ada baiknya belajar bahasa Jepang terlebih dahulu, sebelum berangkat ke Jepang. 2-3 bulan belajar Indonesia sangat membantu, terutama untuk survival di Jepang. Namun, jika memang ingin benar-benar menikmati Jepang, sebaiknya Anda masuk kelas bahasa di Jepang.

Saya sendiri, pernah mengikuti kelas bahasa Jepang di Indonesia selama 2 bulan. Sekedar untuk tahu, bagaimana bisa “sampai ke tempat tujuan dari bandara Narita“. Selebihnya? Saya masuk kelas bahasa selama satu semester di Jepang. Dan saya lanjutkan dengan belajar secara otodidak (karena memang sudah tidak ada waktu khusus untuk belajar bahasa).

Untuk mempelajari bahasa Jepang, sudah banyak website yang memuatnya. Salah satunya yang dulu sering saya kunjungi adalah web Yumeko milik Mas Agro Rachmatullah (Nagoya University). Web lain yang saya rekomendasikan adalah Tae Kim Grammar Guide. Web lain yang sering saya tengok adalah Tofugu. Oya, ada juga tips dari Pak Hasan di blognya. Kapan-kapan saya akan coba tuliskan lebih lanjut tentang tips-tips belajar bahasa Jepang.

6. Jika Anda masih menempuh studi S1 di akhir semester, tidak ada salahnya juga untuk mencoba peluang pertukaran pelajar. Silahkan merujuk ke kantor urusan internasional di universitas Anda. Oya, salah satu program yang diikuti oleh adik angkatan saya adalah JENESYS. Silahkan merujuk ke website ini. Pertukaran pelajar ini sangat bermanfaat untuk mendapatkan gambaran awal tentang kehidupan di Jepang, fasilitas universitas, sistem akademik, dan tentunya calon dosen pembimbing kita. Sekedar info, profesor Jepang akan lebih senang mewawancari mahasiswanya secara langsung daripada menjawab email secara online. Dengan mewawancarai secara langsung, profesor tersebut bisa melihat kemampuan akademik calon mahasiswa dengan lebih detail. Nah, pertukaran pelajar adalah salah satu kunci untuk mendapatkan calon pembimbing.

7. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan lihat video yang sudah saya upload di Youtube:
Video Bridge to Japan (Bahasa Indonesia) : edisi 1edisi 2edisi 3

8. Berikut adalah panduan lengkap dari JASSO tentang belajar ke Jepang dan panduan mencari kerja di Jepang. Silahkan kunjungi link berikut ini.

 

9. Baca buku Panduan Resmi Beasiswa Jepang 2015-2016 dari JASSO

cover_jasso

Memuat informasi lengkap tentang beasiswa di Jepang yang bisa diakses dari Indonesia dan pada saat sudah berada di Jepang. Download PDF bukunya di sini .

Nah, setelah Anda membaca semua bahan-bahan yang ada di atas, Anda bisa mulai melihat-lihat beberapa link artikel di bawah ini.

II. Daftar Website Beasiswa ke Jepang dan Pengalaman studi di Jepang

Terima kasih untuk rekan saya di Keio University, yang sudah berkenan berbagi link-link beasiswa Jepang:

III. Info-Info Tentang Beasiswa Monbukagakusho (MEXT)

IV. Info Pengalaman Mengenai Beasiswa

V. Artikel tentang keperawatan di Jepang

Ners, Ayo Kuliah Di Jepang:
http://saldyusuf.blogspot.jp/2010/07/ners-ayo-kuliah-di-jepang.html

S2, S3 Keperawatan di Jepang:
http://medianers.blogspot.jp/2012/01/strategi-sukses-dapatkan-beasiswa-s2-s3.html

Tenaga Kerja Keperawatan di Jepang:
http://oknurse.wordpress.com/2012/06/19/pendaftaran-perawat-ke-jepang-program-g-to-g-2-31-juli-2012/ 

Perawat ke Jepang:
http://perawatkejepang.blogspot.jp/

Ayo perawat Indonesia, rasakan tantangan baru di Jepang:
http://www.ngajinesakjagad.com/2011/09/ayo-perawat-indonesia-rasakan-tantangan-baru-di-jepang/

VI. Contoh soal ujian masuk ilmu komputer di Kyushu University

Link download: soal 1, soal 2, panduan masuk universitas
Keterangan: Contoh soal ini dulu saya dapatkan dari seorang profesor di Universitas Kyushu dalam proses pencarian beasiswa ke Jepang. Profesor yang baik hati tersebut memberikan contoh soal untuk bidang ilmu komputer, supaya bisa memberikan gambaran untuk mahasiswa Indonesia yang akan menempuh studi S2 di Jepang.  Nah, soal di atas tentu tidak mewakili soal di semua universitas. Tapi setidaknya, ada gambaran tentang bagaimana dan apa yang harus dipersiapkan, jika ingin belajar sebagai maahasiswa S2 di Jepang (terutama di bidang ilmu komputer). 

Semoga bermanfaat. Oya, jika Anda ingin menampilkan posting Anda di blog Anda, silahkan cantumkan sumber aslinya ya. Ada beberapa yang langsung melakukan “kopas” tanpa mencantumkan link ke artikel ini.

Selamat mencoba dan semoga sukses !

Be Sociable, Share!

142 Comments

  • Ari Santoso says:

    Bagaimana informasi untuk pelatihan/magang industri pada keahlian tertentu, informasinya dimana ya ? Misalnya pelatihan tentan Mekatronika
    Pls sharing
    Thank U
    Ari

  • Dewi says:

    Om boleh minta alamat emailnya biar gampang tanya2nya :)))

  • Dewi Asih Rmadani says:

    saya sedang kuliah mengambil S1 di UNIV. MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA, English Department, saya ada planning untuk ambil S2 di Jepang, tapi tdk tahu jurusan apa yang akan diambil nantinya. apa kira2 yang cocok buat English Department seperti saya,? terima kasih

    • Di Jepang, saya pikir untuk masuk ke “English Department” agak susah, selain karena jarang (tidak ada jurusan bahasa Inggris, adanya jurusan bahasa Jepang), orang Jepang sendiri agak tertutup dengan bahasa asing (dan cenderung lebih mudah belajar bahasa yang serumpun, seperti bahasa China). Saran saya, kalau memang mau, coba belajar di hubungan internasional. Mungkin bisa melihat-lihat web WASEDA university.

  • Helena puspita says:

    Kak saya mau tanya kuliah di jepang gimana ya sistemnya? dan dimana ya universitas yang bagus di japang tapi untuk jurusan Arsitektur? Mohon bantuannya,, dan terima kasih

  • BANG SAYA KERJA DI PDAM DAN SEKARANG DALAM PROGRAM S2 AKUNTANSI….AKU INGIN SEKALI KULIAH DIJEPANG WALAUPUN HRS KEMBALI KE S2……TP BHS INGGRIS SAYA BANG PAS22N….AKU PERNAH MAGANG DIJEPANG SELAMA 3 THN DAN TINGGAL DISAITAMAKEN,ITULAH YG MEMBUAT AKU SELALU TERMOTIFASI ,NAMUN YG PALING UTAMA ADALAH ORNG TUA SAYA BANG….AKU MOHON BERIKAN AKU TUNTUNAN DALAM MENCAPAI SEMUA INI BANG…SEBELUM MAKASI BANYAK

  • fauzi says:

    kang mau tanya .. saya dri ex magang jepang.. sya mau kuliah di jepang tapi saya cuma tamatan SMA umur 24.. ada kah jalan buat kuliah di sana mohon bantuan nyaa

  • asih yunita says:

    kak, kalo jurusan kebidanan ada gak di jepang?atau tentang kesehatan, tapi sayanya lulusan dari D4 kebidanan…nuhun

  • ismia says:

    kak, mau tanya teman saya ada yg menjadi ‘kensushei’ spt yg kka bilang di coment diatas. maksud dari kensushei itu apa sh ka? sama gakusei. trmakasih bnyak .

    • Halo Ismia,
      Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Kensushei adalah trainee, atau mereka yang datang ke jepang untuk menerima pendidikan pelatihan, khususnya pelatihan dalam bidang kerja / keterampilan / keperawatan. Sedangkan gakusei adalah mereka yang datang ke jepang untuk belajar , baik itu di sekolah menengah maupun di perguruan tinggi.

  • Qadafi says:

    Mas Minta bantuannya donk, Adik saya pingin sekali kuliah ke jepang. tp bagai mana caranya.. mohon bantuan nya mas..
    Boleh minta No hp or alamat email mas?

  • eliza andayani says:

    mas,untuk beasiswa kuliah keguruan s2 atau s3 ada ga?kecuali yg monbusho.sy lahir maret 1979.jd kl di monbusho dah ga bisa..makanya mau tanya,beasiswa lain..ditunggu balesannya ya mas..

    • Halo Mbak Eliza Andayani,
      Terima kasih ya sudah berkomentar di blog saya. Mohon maaf saya telat banget jawabnya. Yang saya tahu dari kenalan saya yang ada di Jepang, rata-rata mereka menggunakan beasiswa teacher training dari Monbusho mbak. Kalau memang Monbusho sudah tidak memungkinkan, apakah sudah dicoba ke Depdikbud (Dikdasmen)? Barangkali ada skema beasiswa pemerintah RI untuk berangkat ke Jepang.

      Demikian, semoga berkenan

  • legi says:

    mau tanya kalo buat tahun ini masih ada gak beasiswa buat lulusan tahun sekarang

  • Arni says:

    Mau nanya kalo mau S3 Akuntansi di Jepang, bisa minta info perguruan tinggi yang baiknya dan info biaya hidupnya di daerahnya bagaimana?

    Terima kasih

  • Rosy Andayani says:

    Kak saya mau nanya,saya sekarang menjalani kuliah S1 jurusan pendidikan matematika di universitas swasta. Saya punya impian bisa melanjutkan S2 di jepang di jurusan matematika. Universitas apa yang cocok agar saya bisa masuk ke jurusan matematika?Terima kasih.

  • garexar says:

    kak saya mau nanya
    saya skrng ini sdang mnjlani kuliah s1 kimia
    dan yg sya mau tanya yaitu di atas ada beasiswa
    Hitachi Scholarship
    yang hanya untuk dosen (staf fakultas) dan hanya untuk universitas unggulan (ITB,UI,UGM) maksudny gmn??

    dan saya kuliah di salah satu univ di atas
    apakah saya bisa mendapatkan nya untuk melanjutkan s2 ke jepan..???

    mohon pencerahan nya y k

  • garexar says:

    kak saya mau nanya
    saya skrng ini sdang mnjlani kuliah s1 kimia
    dan yg sya mau tanya yaitu di atas ada beasiswa
    Hitachi Scholarship
    yang hanya untuk dosen (staf fakultas) dan hanya untuk universitas unggulan (ITB,UI,UGM) maksudny gmn??

    dan saya kuliah di salah satu univ di atas
    apakah saya bisa mendapatkan nya untuk melanjutkan s2 ke jepan..???

    mohon pencerahan nya y k

    • Halo,
      Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Iya, memang Hitachi Scholarship memiliki kesepakatan kerja sama dengan beberapa universitas saja. Selain itu, beasiswa Hitachi juga tidak sembarangan meloloskan calon penerima beasiswa, karena mereka akan melihat prospek lab yang akan menjadi home base dari penerima beasiswa tersebut. Jika Anda berminat, Anda bisa bertanya ke bagian hubungan kerja sama internasional di kampus Anda. Untuk lebih jauh tentang detailnya, coba cari tahu kakak angkatan yang pernah menerima beasiswa ini dan coba konsultasikan ke mereka, terutama tentang kriteria seleksi, dan tips-tips nya supaya lolos seleksi beasiswa Hitachi

      Demikian, semoga membantu

  • Ronald says:

    terimakasih sebelumnya atas infonya,

    Saya tamatan S1 Komputer jurusan Sistem Informasi, kalau mau nyambung S2 ke Jepang, ada untuk jurusan komputer?

  • putri kusuma wardhani says:

    Mas saya masih kls 2 Madrasah Aliyah Negri Banyuwangi, saya mau minta info untuk beasiswa S1 jurusan Hubungan Internasional dr MEXT / dr lainnya ….di JPG? mohon bantuannya kak… atau email profesor terkait disana?

  • agustina says:

    Mas, saya sudah baca blog-nya dan panduan utk mendapatkan scholarship. Saya mau tanya contoh-contoh link profesor yang butuh student S2 nyarinya dimana ya Mas? Terutama untuk negara2 Eropa. Soalnya klo di web univ biasanya ga ada.

    Terima kasih.

    • Halo Agustina,
      Untuk mencari info lowongan, memang ada beberapa cara. Salah satunya adalah dengan cara menghubungi rekan / kenalan kita yang sedang kuliah di lab professor tersebut. Cara kedua, dan ini yang paling gampang, silahkan ikut milis beasiswa[at]yahoogropus[dot]com

      Semoga membantu

  • Dessy Widya A says:

    om, saya sedang kuliah di sekolah vokasi UGM, saya mencari beasiswa untuk politeknik di Jepang, mohon rekomendasi politeknik yang bagus dan menyediakan beasiswa untuk lulusan sekolah vokasi. trims

  • zakiyah says:

    maaf mas mau tanya., saya sekarang kan sedang duduk di bangku perkuliahan S1 dan ingin melanjutkan S2 di jepang saya program study TEKNOLOGI PENDIDIKAN, kira2 universitas mana yang cocok untuk program yang sedang saya jalani sekarang..

  • park shin hyun says:

    thanks about your information. . ,
    saya ingin lebih tahu secara mendetail tentang bagaimana cara mendapat beasiswa secara mudah terlebih untuk pelajar di daerah sukoharjo,jawa tengah yang jauh dariibukota

  • Pardomuan Simanullang says:

    Siang bang, saya lulusan s2 program studi teknologi pendidikan (merancang sistem pembelajaran dan manajemen pendidikan), saya berkeinginan melanjutkan s3 di Jepang. Mohon bantuan bang jurusan dan universitas mana yang cocok untuk saya ambil dan tidak membutuhkan biaya hidup yg tinggi. saya kelahiran 06 april 1980 dan sedang mau mencoba beasiswa MONBUSHO. TERIMAKASIH.

  • samsut tabris says:

    mas saya mau tanya university apa sih yg cocok buat saya di jepang untuk pengambilan jurusan IT ???
    pencerahan anda sangat membantu

  • Nur Fauzia Muhammad says:

    Assalamualaikum
    pak, terimakasih atas info-infonya. semoga ini bisa membantu saya untuk pergi ke jepang :) arigatou:)

  • Bella says:

    klo tanya” soal biaya di universitas di jepang?? bagaimana??

  • imran hasanuddin says:

    assalmu alaikum..

    mw nanya mas, klo lulusan s1 program studi matematika (smntra penyelesaian hehe..)trus lanjut s1 lagi jepang bidg matematika keuangan apa msih bisa ya? trus apa ada beasiswa untuk itu?

    mohon pencerahannya..

  • Hetty san says:

    arigatou… atas infonya,,

  • mutiah says:

    saya mau nanya apakah peminat masuk ke university of tokyo di jepang banyak? dan berapa persen peluang saya untuk bisa masuk ke university of tokyo?

  • Hajrah Alwi ( Hara ) says:

    Assalamu Alaikum Wr Wb ..
    Pak, saya ingin nanya, saya sekarang kuliah S1 di salah satu Universitas Swasta,, jurusan Akuntansi. Saya sangat ingin lanjut kuliah S2 di jepang dengan jurusan yang sama ,, Universitas apa yang cocok dengan jurusan saya (Akuntansi ) di jepang ? Dan jika saya tidak menyukai universitas yang Bapak sarankan , bisa Bapak sarankan saya jurusan yang cocok dengan saya yang tidak jauh dari perkuliahaan saya , Dan kirimkan alamat email Profesornya juga …, Mohon Di Respon !!! , Terima kasih

  • Wahyu D. Saputra says:

    Artikel yang sangat bermanfaat Pak Sunu,
    Saya Wahyu D. Saputra, Mahasiswa tahun ke-3 jurusan Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian UGM. Saya mempunyai tekad untuk melanjutkan kuliah ke Jepang untuk jenjang S2 dan S3 nanti. Sejak saat itu, saya rajin mencari tahu seluk beluk Jepang, kiat-kiat kuliah di Jepang, termasuk menghadiri pameran pendidikan Jepang di Indonesia. Saya sudah mengunduh dan membaca semua ebook Pak Sunu terkait beasiswa di web ini. Beberapa waktu yang lalu, saya juga sudah menemukan sensei yang cocok menurut saya untuk membimbing studi saya disana nanti dari profil beliau dan jurnal-jurnal yang beliau tulis, yakni dari Tohoku University.
    Yang ingin saya tanyakan, perlukah saya menghubungi beliau sejak sekarang melalui email? Mungkin untuk bertanya tentang penelitian yang beliau terbitkan di jurnal, mengingat saya masih tahun ke-3, sekaligus mendekatkan diri dengan beliau. Hal tentang kapan mulai menjalin komunikasi via email dengan calon sensei inilah yang masih saya bingungkan.
    Domo Arigatou

    • Mas Wahyu D. Saputra,
      Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel-artikel saya. Semoga ada manfaatnya ya. Mengenai kontak ke professor, sebisa mungkin dilakukan di awal mas. Intinya adalah coba jalin komunikasi terlebih dahulu. Professor Jepang biasanya adalah orang sibuk, tapi mereka akan mengapresiasi bila ada yang bertanya tentang penelitian mereka. Kalau email terbalas, itu langkah awal yang luar biasa. Selanjutnya, diskusi bisa masuk ke penelitian yang diminati. Intinya, tetap jalin komunikasi dengan mereka. Kalau memang rejeki dan sudah tiba waktunya, akan mudah untuk meminta kesediaan mereka menjadi pembimbing kita. Tips yang lain: kalau sempat ke Jepang, entah dengan program pertukaran pelajar atau cuma short visit, pastikan kita bertemu dengan Professor tersebut secara langsung mas, face to face. Dan pastikan kita bertukar kartu nama. Itu akan memberikan impresi lebih.

      Salam,

      Sunu

  • Ge says:

    Sensei, saya mahasiswa di poltekkes dengan prodi DIV Fisioterapi. Bagaimana peluang lulusan DIV untuk mendapatkan beasiswa? Bagaimana caranya? Dan apakah ada kesempatan pertukaran mahasiswa? Terima kasih banyak

  • Wahyu D. Saputra says:

    Terima Kasih atas saran dan nasehat yang diberikan Pak Sunu, sangat bermanfaat dan Insya Allah akan saya terapkan.
    Kalau boleh bertanya lagi, apakah semua Universitas di Jepang meng-cover jenjang S2 melalui program Monbukagakusho ?
    Karena beberapa waktu yang lalu saya membuka web sebuah Universitas dan disana untuk mahasiswa riset sudah harus menyandang gelar master, bagaimanakah ini ? Misal kondisi tersebut benar adanya, bisakah kita mengambil S2 di Universitas A dan S3 di Universitas B dengan program beasiswa yang sama, yakni Monbukagakusho?
    Sekali lagi terima kasih atas jawabannya.
    Salam,

    Wahyu

  • suhendri says:

    thanks very much ,atas posting an nya mas ,,,sangat membantu sekali ,,.
    o ya mas ,,kalau boleh tau itu ,beasiswa monbukagakusho berapa jatahnya setiap tahun ya mas untuk indonesia ,,khusus untuk research student ?

  • Iin says:

    Terima kasih artikelnya Mas,

    Saya jadi termotivasi untuk melanjutkan kuliah di Jepang. Tapi saya mau nanya, kalau untuk jurusan Sastra Jepang sendiri, universitas yang bagus di mana ya Mas?

    Terima kasih.

  • Tiara Kasih says:

    Salam
    saya lulusan SMA tahun 2013, saya ingin menanyakan apakah ada program beasiswa melanjutkan pendidikan ke Perguruan tinggi di Jepang. Mohon disertai dengan link agar bisa menjadi referensi. Mohon konfirmasinya.
    Terima kasih

  • hesti ratna sari says:

    Saya ingin melanjutkan s1 keperawatan di jepang, gimana caranya? Saya sekarang d3 keperawatan . Mohon petunjuk nya dan cara mendapatkan beasiswa

  • patimah says:

    artikelnya sangat menarik dan membuat semangat saya semakin menggebu gebu untuk kuliah di jepang, mas saya patimah mahasiswa jurusan matematika semester 3 di UIN Malang, saya sempat mengikuti tes tulis beasiswa monbusho D2 IPA akan tetapi masih belum lolos, dan saya bertekad untuk mengikutinya tahun depan, akan tetapi saya masih bingung untuk mengambil S1 atau D2, saya ingin mengambil jurusan yang berhubungan dengan bisnis, akademik saya rata rata, saya ingin sekali kuliah di jepang dan orang tua sangat mendukung, menurut mas peluang di terimanya lebih banyak di S1 apa D2, ? terimakasih mas :)

  • Refizal Dwi Heriswan says:

    Bang, mau nanya kalau beasiswa ke Jepang untuk S1 Sumber Daya Perairan ada gak ? Soalnya saya cari – cari gak ketemu untuk Sumber Daya Peraiaran, ada juga untuk Perikanan.
    Apakah di Jepang memang tidak ada jurusan Sumber Daya Perairan atau memang tidak ada beasiswa untuk jurusan tersebut ?
    Mohon bantuannya, terima kasih

  • Gayuh Wahyu Utami says:

    ohayo gozaimasu..
    kak sebelumnya terimakasih atas informasinya, dari yang saya baca, saya belum menemukan bahasan tentang university di bidang seni..saya ingin tahu tentang universitas di jepang yang bergerak di bidang seni terutama di jurusan fashion design yang menyediakan beasiswa. saya sangat ingin mendapatkan beasiswa di jepang untuk bidang fashion design,namun saya sekarang sedang menyelesaikan pendidikan S1 di english department. apakah masih ada kemungkinan untuk saya meraih cita-cita terbesar dalam hidup saya ini? saya pernah mengirimkan e-mail ke Vantan arts academic namun tak ada jawaban untuk beasiswa. apakah ada recomendasi untuk saya universitas-universitas mana saja yang menyediakan beasiswa untuk bidang fashion design? saya mohon bantuannya dengan sangat ya kak, karena saya mempunyai tekad yang sangat besar untuk bisa study di jepang terutama di bidang fashion design. saya tunggu balasannya ya kak….
    domo arigato gozaimasu…

  • Rizky Tri Utomo says:

    Assalamualaikum kang, saya seorang pelajar kelas 2 SMA jurusan IPS, rencananya Insya Allah saya ingin kuliah di Jepang dengan mengambil jurusan Ekonomi. Apakah ada saran untuk Universitas yang unggul dalam jurusan tersebut, dan cara agar sukses pada test yg ada untuk mendapatkan beasiswa?

  • adis says:

    assalamualaikum .. pak , saya mahasiswa jurusan D3 gizi .. ada tidak beasiswa untuk jurusan saya .. saya ingin lanjut ke S1 tapi untuk jurusan yang sama …

  • Intan Saputri says:

    Assalamu’alaikum, bang saya Intan. Saya sangat tertarik sekali dengan sistem pendidikan di Jepang ( salah satunya ), sehingga saya berencana u/melanjutkan S2 di Jepang. Saat ini saya sedang menempuh pendidikan MTK disalah satu univ. negeri. Saya udah googling tentang S2 pend. MTK, saya hampir pasrah ttg info2nya. Dan Alhamdulillah akhirnya saya menemukan salah satu univ. swasta di Jepang yg punya program S2 pend. MTK ( Waseda University ), dan saya merasa sulit u/berkomunikasi dengan anak Indonesia yg sedang kuliah di Waseda University, adakah link mengenai anak negeri yang sedang menempuh pendidikan di Waseda University? Saya butuh sekali info2 mengenai univ tersebut, bagaimana cara mendapatkan beasiswa, tes masuk unive tersebut, juga kehidupan sehari-hari disana. Saat ini pun saya mulai belajar bahasa Jepang, memahami kebiasaan/adat orang sana. Trims bang :)

  • Fachrurrazi says:

    Ass. om saya mahasiswa dari salah satu univ negeri di aceh, saya berminat kuliah s2 di jepang di bidang chemical engineering. dan pilihan saya antara tokyo university, sama kyoto univ. dari kedua pilihan tersebut, mana yang lebih baik? baik dari segi biaya hidup, maupun kualitas prodi yang ditawarkan?

  • stia says:

    assalam mualaikum, mohon infonya saya kuliah di jurusan ekonomi dan universitasnya swasta apakah ada syarat khusus?
    ,terima kasih

  • desy zakia says:

    assalamualaikum kang..
    makasih infonya kang, sangat inspiratif dan memotivasi :D

    saya mau nannya juga kang, ada beasiswa untuk jurusan psikologi di jepang g kang? saya cari di atas g ada.
    saya pengen banget kuliah dijepang, tapi keburu nyemplung di psikologi slah satu univ.negeri yg g terlalu terkenal/bagus.
    kira2 bisa gak saya dapet beasiswa s2 psikologi di jepang (kalo emang ada) dengan modal latar belakang pendidikan di univ yang g terlalu bagus??

    makasih sebelumnya :)

  • rilva TB says:

    Selamat siang pak.saya mahasiswi S1 jurusan teknik sipil di kota makasaar mau tanya ada nggak universitas di jepang yang cocok untuk jurusan saya.Dan tolong informasi mengenai situs beasiswa yg cocok untuk jurusan saya dan saya ingin melanjutkan S2 di jepang karena itu adalah impian saya sejak kecil .mohon pencerahannya .terima kasih sebelumnya pak

  • Millenio says:

    mas sekarang kan anda sudah sukses
    anda tinggal di mana dan sudah menjadi apa?
    maaf apabila kasar

  • Andri Wahyu Rianingsih says:

    Saya Andri wahyu dari jogja sdg menempuh s1 nursing semster 8,,, kalau saya pengen kuliah s2 di jepang tapi setelah koas/sumpah ners th 2016 daftarnya bisa dr sekarang tidak ya? Mohon rekomendasi universitas yang bagus untuk nursing di jepang,,,, terimakasih

  • lui h says:

    kak mau nanya, beasiswa s1 ekonomi ke jepang ada ngga? lalu, biaya hidup di sana bagaimana ya? terima kasih..

  • Erlangga Ricki says:

    bapak maaf mengganggu saya ingin bertanya dengan bapak Sunu..saya baru saja lulus dari SMA tahun 2013 lalu..saya sedang mencari cari beasiswa untuk bisa kuliah di luar negeri…tapi skills bahasa inggris saya masih pas pas an..adakah beasiswa untuk program latihan bahasa terlebih dahulu di jepang ? mohon bantuannya..
    saya akan berusaha memenuhi aturan dan syaratnya jika benar benar ada beasiswa untuk pelatihan bahasa jepang atau inggris yang bertujuan untuk bisa kuliah di salah satu perguruan tinggi di jepang.

  • radhu says:

    maaf saya mau tanya
    berarti beasiswa nya tidak mencakup syarat seperti nilai pendidikan awal sebelum s1
    contoh saat sekolah nilai harus bagus dan selalu mendapat prestasi

  • Ryan says:

    maaf saya mau minta sarannya,
    saya sekarang masih sma kelas 1 dan punya rencana kuliah di jepang 2 tahun mendatang, mengambil S1 jurusan ilmu komputer, apa perlu saya belajar S1 di indonesia dulu atau langsung mengambil S1 di jepang?
    terimakasih

  • Emillia Rizky Ekanandya Lakzmi says:

    terimakasih kak info2nya, tpi ada bbrpa hal yg pengen aku tnyain. cara untk kita apply di slah satu univ di Jepang itu gmn ya?biar kita bisa dapet LoA. kn ada beasiswa yg persyratannya harus ada LoA dari univ tsb (beasiswa LPDP). trs kalo boleh tau info, univ di Jepang yg punya program S2 unggulan di bidang public policy itu univ mana ya? terimakasih sebelumnya :)

  • Éndah SA says:

    dear bang Sunu

    anak saya ingin sekali bisa kuliah di Jepang di jurusan design grafis dan sekarang lagi mencari cari beasiswa untuk bisa kuliah di Jepang

    boleh dibagi info dimana dan bagaimana saya bisa mencari info lengkap tentang universitas yang memiliki fakultas design grafis yang bagus dan cara-cara untuk mendapatkan beasiswa kuliah di Jepang, terima kasih

  • octavia says:

    terimakasih banyak buat info dan sharingnya. Perkenalkan nama saya via, saya mau tanya Pak university yang unggul di Jepang untuk jurusan farmasi apa ? Thanks so much

  • billy andra nasution says:

    saya billy mau tanya untuk kuliah teknik mesin di jepang yang biaya ekonomis dan bagus universitas apa bang. kemudian, bisakah kita sambil bekerja disana sambil kuliah

  • pendi says:

    bismillah,,,,,
    sy mw nanya bagi teman2 yg lulusan s2 di UGM
    yg bisa terima beasiswa di UGM harus lulusan S1 UGM juga ?
    bagaimana dari kampus lain misalnya universitas indonesia timur (makassar) ?

  • Saskia priska says:

    Om kalo untuk design graphic blh minta channel/link lanjutannya?untuk s1 terimakasih

  • Aisha says:

    Maaf om, klo untuk bidang S1 illustrator ada peluang untuk beasiswa ga? Menurut om, universitas negeri mana yang bagus? terimakasih.

  • fajar says:

    mas saya masih kls 3 smk jurusan tehnik komputer jaringan setelah lulus smk tahun besok saya ingin melanjutkan kuliah di jepang di kyushu unversity jurusan komputer… tetapi saya bingung cara.a untuk daftar kesana .. dan apa ada di kyushu university beasiswanya untuk jurusan saya .. terima kasih mas .. mohon minta bantuan,a

  • syarifah says:

    Kha ..saya mau tanya kalo jurusan keperawatan&kedokteran ada??lalu bagaimana syarat2 ny….

  • ayu says:

    maaf saya ayu saya mau tanya ada informasi tetang beasiswa s1 atau s2 kebidanan di japan? mohon informasinya

  • MUTIARA says:

    KAK GIMANA KALO PUNYA SERTIFIKAT PERTUKARAN PELAJAR KE JEPANG BISA GAK KEPAKE BUAT BEASISWA?KALO AKU SIH MSH KELAS 10,MAU IKUT JURUSAN FARMASI DI JEPANG.MAKASIH KAK

  • Yumae says:

    Kak tanya dong, kalo mau kuliah di Jepang dengan jurusan bahsa inggris bisa nggak ya? soalnya aku cari2 kok agak langka gitu, apa jurusan kuliah bahasa Inggris disana nggak ada? yang lewat beasiswa

  • Mai says:

    Termiakasih banyak,artikel ini benar-benar sangat membantu.

  • Frisian Yuniardi says:

    Dear Pak Sunu Wibirama,
    Selamat sore.
    Mohon ijin untuk meng copy paste artikel Bapak ini untuk website kami, http://www.shinjukucenter.com jika diperbolehkan.
    Terima kasih sebelumnya.

    Best regards.

  • Shofia Amirah Febriani says:

    Maaf mas numpang tanya,universitas di Jepang yang ilmu psikologinya bagus dimana yaah mas?dan daerah Jepang bagian mana yang biaya hidupnya paling rendah?terima kasih sebelumnya..

  • Pendy says:

    Assalamualaikum kak rama…
    Saya mahasiswa disebuah universitas swasta dijakarta prodi sistem informasi,setelah membaca blog kak rama saya sangat tertarik untuk melanjutkan study saya ke jepang,saya mau tanya kak rama,kira2 universitas apa yang bagus/unggul dlm prodi ilmu komputer dan bagaimana cara mendapatkan bea siswa dari universitas tersebut supaya saya bisa melanjutkan study saya ke jepang,jadi saya bisa mempersiapkan semua dari sekarang….tolong bantuannya kak rama,tetima kasih

  • bangkit febrianto says:

    kak, saya siswa man model babakan ciwaringin, saya masih kelas 2, saya ingin sekali memperoleh beasiswa ke jepang namun saya agak kesulitan mencari informasi seputar beasiswa di jepang, kak saya ingin minta alamat website yang memuat info beasiswa yang bisa saya kunjungi?

  • Chafid Masrur says:

    Salam mas Sunu, saya mau tanya sedikit,
    mengapa informasi yang saya cari tentang japan Study Schoolarship kebanyakan berlatar belakang ilmu-ilmu eksakta? bahkan di web nya PPI Jepang sendiri tidak menampilkan profil mahasiswa dari ilmu-ilmu humaniora-budaya. Saya dari S1 ilmu sejarah (masih aktif), tetapi sangat kesulitan mencari cultural-humanistic schoolarship semacam Ilmu sejarah, antropologi, cultural studies dll di Jepang. Saya minat dalam bidang tersebut. mohon bantuannya, terimakasih..

  • Nicolaus Nezha says:

    Dear Bang Sunu,

    Saya alumni S2 NCKU Taiwan yang ingin melanjutkan S3 di Jepang. Ada beberapa hal yang saya tanyakan:
    1. Untuk beasiswa monbukagakusho jalur U2U, apakah bisa saya menggunakan U2U dari Univ S2 saya? dikarenakan univ S1 saya tidak memiliki MoU apapun dengan univ Jepang

    2. Karena kedua ortu saya hampir tidak memungkinkan ditinggal sendiri di Indonesia dan saya anak tunggal, apakah ada syarat2 khusus kalau saya ingin membawa ortu saya ke Jepang waktu saya studi S3??

    Terima kasih atas jawabannya

  • Devi Triana Sari says:

    assalamualaikum, maaf ka saya ingin bertanya untuk universitas di jepang yang bagus dalam bidang kesehatan ada tidak ya? apakah dijepang harus dapat mengerti bahasa jepang atau apabila dengan menggunakan bahasa ingggris sudah bisa?

  • muh. nur fatahillah says:

    mohon maaf minta bantuan
    dimana university di jepang di bidang kimia nuklir atau kimia murni yang terbagus dan mau bertanya bagaimana kejepang untuk sekolah tanpa beasiswa. di izinkan atau tidak oleh pemerintah jepang????

  • arriya says:

    kak mau naya ,,, kalau untuk mengikuti program S1 dijepang itu ada batas limit ijazah terakhir gak kak ? ,maksud nya batas limit ijazah SLTA kita,,,kalau di indo misalnya,,batas untuk mengikuti program S1 sampai limit adalah 3 thn dr pengeluaran ijaza terakhir , melebih batas itu ijazah sudah habis limit dan univ juga sudah tidak bisa terima lagi…atau pertanyaan yg lebih singkat lagi ada batasan umur gak untuk masuk ke univ dijepang untuk program S1.

  • sherlyyao says:

    Kak, saya mau tanya. Saya pernah melihat kak dori (andori indriani) dan saya menjadi ingin ke jepang. Saya sangat suka gambar dan saya berencana ingin kuliah dan kerja disana dengan jurusan design atau illustrations. Kira kira bagaimana saya mencari tau tentang kuliah design dijepang ya kak? Terimakasih :) saya harap kak membalas :)

  • Aldo Tantri says:

    Pak,mau tanya Universitas yang cocok untuk jurusan Bisnis di Jepang tuh Universitas apa ya?untuk jenjang pendidikan S2,mohon bantuannya,Terimakasih

  • Fafa says:

    Assalmu’alaikum Wr.Wb..
    haiyou Wibirama Sensei. Hajimemashite watashi wa Fafa desu.
    salam kenal pak nama saya M.Faqihudin Ikhfa,S.Pd akrab dipanggil Fafa. Terimakasih atas artikel yang sangat membantu ini. singkat saja pak, saya sangat ingin melanjutkan studi S2 pada jurusan/ prodi ”Pendidikan Seni (Lukis)” di Universitas di Jepang. mohon masukannya tentang Universitas yang kompeten dengan Pendidikan Seni beserta calon Doktor/Profesor pembimbing yang fak di bidang tersebut beserta tatacara meraih LoA-nya. Arigatou gozaimasu.
    doumo yoroshiku onegaishimasu.

    fafaherballegalizer@gmail.com, 089624758420
    Wassalamu’alaikum.

  • khaerul ikhsan says:

    Pak adakah program S2 di jepang dalam pendidikan terutama pendidikan guru sekolah dasar?

  • Saskia says:

    pak, boleh nanya gak?
    misalnya ada anak baru kelas 1 sma, bisa berbicara menggunakan bahasa inggris dan ingin daftar ke universitas di jepang itu bisa enggak masuk ke universitas tsb?

  • John Collins says:

    Moshi Moshi
    Apakah Anda mencari beasiswa untuk menyelesaikan studi Anda dan Anda tidak memiliki cukup dana untuk membiayai diri Anda melalui itu? Khawatir tidak lebih karena perusahaan pinjaman yang terkenal di sini lagi untuk menempatkan senyum di wajah siswa. Kami menawarkan beasiswa kepada 76 mahasiswa masing-masing dari 24 negara yang berbeda dan kandidat ini akan menentukan negara pilihan mereka bahwa mereka ingin belajar. Kami juga ingin membiarkan Anda tahu bahwa biaya Anda akan memiliki selama bertahun-tahun sekolah Anda akan mengurus oleh perusahaan kami. Begitu cepat sekarang dan menerapkan Anda mungkin menjadi yang terakhir yang beruntung. Kontak (st.mathewscholarshipcompany@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut atau hubungi + 2348163548273
    selamat Mencoba

  • Ica says:

    Assalamualaikum.
    Permisi mas, saya mau nanya. Saya mahasiswi semester 4 bidang kimia murni. Mau fokus ngambil biokimia. Rencananya saya mau ngambil s2 di jepang. Cuma saya bingung kalau kuliah di japan itu language nya jepang focus atau campur dengan english? Trus nilai toefl mempengaruhi gak ya?
    Terima kasih ya.

  • alpine says:

    Hallo, maaf sebelumnya ikut komen, sya blum sempat juga baca artikelnya krna bru nemu artikel ini, tpi bolehkah sya bertanya? Sya skrg sdang kuliah di jurusan fashion, ingin mencari beasiswa di jepang dg jurusan yg sama, apakah anda punya link? Atw info apapun mengenai beasiswa s2 fashion, terima kasih :)

  • ari gunawan says:

    selamat sore Pak…
    saya lulusan S2 teknik mesin ITB kerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di kementerian perhubungan usia 37 tahun. saya sangat tertarik untuk mencari beasiswa S3 ke jepang di jurusan teknik mesin. apakah saya harus dapat letter of acceptance (LOA) dari lektor di universitas tujuan dan bagaimana caranya, apakah langsung lewat website universitas yang dituju.

  • AGIL KRISTANTO says:

    om jika sudah menikah apakah masih bisa mendapat beasiswa kuliah S3 di jepang???

  • Een Nurpiah says:

    arigatou gozaimasu pak. informasi ini sangat bermanfaat sekali, Insya allah saya ada rencana untuk melanjutkan kuliah S2 di Jepang
    salam kenal
    Een

  • Prayoga says:

    kak…saya saat ini kuliah s1 smster 6 jurusan teknik mesin. saya mau melanjutkan s2 ke jepang dgn jurusan teknik juga. kira – kira universitas apa yang kakak rekomendasikan? dan tntang program beasiswa nya kak. trimakasih.

  • Garrick joviananda says:

    kak mautanyakl batas umur kuliah di jepang itu berapa ya kalau s1

  • Esa Widi Septiana says:

    Assalamualaikum. Saya seorang mahasiswi semester 2 Jurusan Pend. B. Inggris di Universitas Negeri Lampung. Saya ingin bertanya adakah beasiswa untuk pertukaran pelajar/pelatihan pendidikan guru di Jepang untuk mahasiswi yang masih di tingkat awal seperti saya? Jika ada link serta info yang berhubungan, mohon bantuannya. Saya sudah membaca artikelnya, It’s usefull, thank you.

  • Pujo Abril says:

    adakah beasiswa ke Jepang dari lulusan vokasi D3 ke sekolah S1 ? Tolong bantuannya terima kasih…

  • juniza says:

    Halo kak,selamat siang..
    Perkenalkan sy Juniza mahasiswi freshgraduated..maaf kak, yh ingin saya tanyakan adalah jika saya untuk sementara waktu tinggal d rumah saudara dan belajar bahasa jepang di sana untuk melanjutkan master degree di Jepang apakah akan lebih mudah untuk mendapatkan izin tinggalnya? Saya sudah mencoba mendaftarkan diri sebagai research student melalui manbukagakusho,namun belum mendapatkan pengumumannya..
    mohon saran dan bimbingan kakak,arigatou gozaimassu

  • Bella Andini Abdoe says:

    Salam kak..
    Saya bella mahasiswi semester 6 di jurusan gizi poltekkes medan, saya mau tanya bagaimana ya cara mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan dari d3 gizi ke s1 gizi di jepang dan saya juga mau tanya kampus manakah yang harus saya tuju ??

    Mohon bantuannya ya kk

  • RINDANG SRI AYOMI says:

    Hallo Sunu ini Rindang, mau tanya dong tentang beasiswa Monbusho. Kalau beasiswa untuk Master-nya apakah harus lewat proses jadi research student dulu? Apakah bisa apply beasiswa langsung untuk kuliah master tanpa melalui proses research student dulu? Let’s say misal udah dapat LoA dari salah satu Universitas di Jepang. Thanks ^_^.

    • sunuwibirama says:

      Hallo Rindang,
      Hai apa kabar ? Lama tak jumpa. Sorry jawabnya telat.
      Iya Rin, menurutku tergantung kamu daftarnya di tipe seleksi apa.
      Kalau yang G to G kan kebanyakan jadi kenkyuusei dulu yah, nggak langsung masuk ke Master.
      Tapi aku kurang tahu juga apakah sekarang mereka membuka peluang untuk langsung masuk ke Master.
      Btw, coba juga beasiswa lain semacam Hitachi atau LPDP. Sepertinya bisa langsung S-2.

  • Handi says:

    Hi pak sunu,

    Terima kasih atas usaha bapak dalam menulis blog ini dan juga ebook-nya, bagi semua yang hendak melanjutkan kuliah di Jepang.

    Btw Pak Sunu, saya masih ada pertanyaan yang rada “dasar”.
    Saya masih belum paham, Jika kita sudah mencari profesor pembimbing dan profesornya bersedia untuk menerima kita sebagai anak bimbingannya.

    Apakah langsung otomatis kita diterima di universitas tempat profesor itu bekerja? Atau masih harus mengikuti ujian saringan masuk?

    Juga apakah di Jepang ada system by coursework atau research?

    Terima kasih sebelumnya Pak Sunu

    • sunuwibirama says:

      Halo mas Handi,
      Tidak otomatis diterima mas.
      Biasanya kita harus ikut ujian masuk dulu untuk S-2.
      Untuk S-3 juga demikian. S-2 by coursework (mostly), S-3 by research.

  • Nurul says:

    Salam kak..
    saya mau nanya, kakak ada kenalan yang sekarang atau dulu pernah kuliah di Osaka University atau Kyoto University ga kak?

    Saya harap kakak menjawab pertanyaan saya kak. Terima Kasih kak :)

  • oscar says:

    bang?? kalau daftar jurusan yang ada di univ negeri jepang , abg punya link nya ga? trus beasiswa apa yg nyediain jurusan pertambangan ? makasii sebelumnya

  • Benibas says:

    Permisi mau nanya, kalau untuk kuliah s1 arsitektur di hokkaido link beasiswa nya dari mana ya? Apakah bapak tahu? Terima Kasih.

  • gebrina tasya says:

    salam pak,
    saya ingin sekali kuliah dijepang, saat ini saya masih menempuh sekolah menengah ke atas. tapi saya tidak tahu langkah apa yg yang harus saya lakukan terlebih dahulu. apakah saya harus belajar bahasa jepang terlebih dahulu di indonesia atau bagaimana, karna saya tidak mempunyai kerabat yang pernah berkuliah dijepang. saya ingin memulai persiapan dari sekarang, saya mohon bantuannya.

  • Rara says:

    Assalamu alaikum
    Kak, tolong kirim link tentang beasiswa untuk farmasi. Terima kasih

  • Bella Bawotong says:

    Pak, saya lulusan kebidanan, saya ingin melanjutkan studi S2 saya di jepang. Saya ingin bertanya universitas jurusan kebidanan S2 apa yang bagus d jepang? Dan apakah sulit untuk masuk universitas jurusan S2 kebidanan di jepang?

  • Devi says:

    Halo pak mau tanya nih saya mau tanya nih kalau melanjutkan s1 jurusan akuntansi di jepang apakah mudah untuk pekerjaannya dan menyetarakan kemampuan dengan sistem akuntansi di indonesia? Karena yang saya takuti saya sudah belajar di jepang lalu keyika kembali ke indonesia ilmunya mentah karena berbeda penerapannya gitu, thankyou pak

  • vani says:

    Terimakasih pak atas artikel beserta ebooknya. Sangat bermanfaat sekali. Semoga artikel ini menjadi amal jariyah untuk bapak dan keluarga. Aamiin
    Pak disini saya mau bertanya. Saya sekarang kuliah S1 jurusan farmasi tingkat 2. Yang ingin saya tanyakan adalah apakah saya harus kuliah keprofesian terlebih dahulu di indonesia selama 2 tahun untuk nantinya apply beasiswa S2 ke jepang ? Atau saya bisa langsung apply beasiswa S2 tanpa kuliah keprofesian dahulu pak ?
    Lalu menurut bapak, universitas mana yang cocok untuk saya ambil ? Di tunggu respon nya pak. Terimakasih :)

  • Tri says:

    Siang Kak, saya ingin bertanya. Apakah ada program studi pendidikan guru sekolah dasar di Universitas di Jepang? Kalau ada, dimana saja ya kak? Terimakasih.

  • tejo says:

    Maaf pak mau ikut nimbrung, yg saya tanyakan ttg peluang kerja disana bagaimana yaa? Kebetulan saya lulusan d3 elektro yg dah lama kerja di perushaan jepang di indonesia jadi nggk muda lagi 😊, jalur seperti apa yg bisa ditempuh? Terimaksih

  • Lilys says:

    bang maaf mau tanya nih seputar kuliah pascasarjana di jepang.apakah semua universitas di jepang memberlakukan ujian masuk untuk semua mahasiswa pasca sarjana???????

  • Ivan Juanda says:

    Sore kak, saya mahasiswa semstr 2 UMPurwokerto jurusan pend. Sejarah, dan berniat cari beasiswa S2 yg berhub. Dg Sejarah, tolong kasih” infonya kaka dan saran”nya yg bner” saya harapkn. Terimakasih :)

  • fitri says:

    kak… maaf saya mau tanya. saya pengen banget ke jepang untuk melanjutkan kuliah walau pun saya sekarang masih semester 2 keperawatan di UMS. tetapi sayangnya kemampuan bahasa inggris saya bisa dibilang payah banget kak. apa masih ada kemungkinan saya masuk ke univ jepang..?
    dan kalo bisa saya minta rekomendasi dari kakak….

  • triyani says:

    kanda … saya ingin bertanya saya ingin kuliah d jepang . d fakultas sastra .. itu bagana caranya dan di universitas mna .. untuk sastra di indonesia yg saya jumpai terutama d universitas pamulang .sastra indonesia .. bagaimna dengan sastra untuk s2 d jepang ..
    saya triya … semeater 4 . sastra indonesia d universitas pamulang . tangerang
    jika saya ingin s2 d jepang bagaimna untuk s2 sastra

  • Adela says:

    terima kasih mas untuk artikelx, sangat bermanfaat. dan terima kasih untuk link-link beasiswa untuk bidang keperawatan😊.
    Insha Allah tahun ini saya lulus S1 kep dan ada planing untuk lanjut study di hokaido university..

  • ulin dini p. says:

    pak saya mau tanya dari kecil saya sangat ingin kuliah dijepang tapi setelah saya melihat nilai saya
    saya merasa kurang percaya diri terutama nilai matematka saya tapi pak saya punya keahlian dalam komputer apa bisa saya kuliah dijepang walau dengan nilai saya yang pas-pasan

  • windy.A says:

    kak saya baru llus SMA mau lanjutin sekolah ke jenjang perkuliahan ngambil jurusan keperawatan, untuk treening bisa smpk ke jepang itu programnya memang dari sekolah langsung atau kita bisa milih untuk trening ke jepang ? dan kalo ngelanjutin kuliah ke jepang langsung setelah lulus SMA itu memungkinkan tidak ?

  • Dida Hamid says:

    Hallo, saya dulu kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi (S1), Aktifitas saya mengajar privat. Saya ingin melanjutkan ke jurusan Psikologi anak/pendidikan (S2). Dan saya juga tertarik ingin belajar bahasa dan budaya Jepang. Untuk beasiswa S2 jurusan tsb di jepang biasanya di univ apa ya? (yg terbaik). Kalau mau belajar bahasa Jepang dan budayanya, asik langsung praktek ke sana kali ya? Program homestay untuk umum ada gak ya? Thk for info :)

  • Septi Mayang Sarry says:

    Mas, mau bertanya, jika ingin mempelajari mengenai psikologi bencana atau ilmu mengenai disaster adakah University di jepang?

  • Assalamu’alaikum pak, saya mau bertanha di jepang apakah ada universitas yg menyediakan program S2 profesi utk psikologi ya? Maaf sebelumnya soalnya saya sendiri mencari2 utk program S2 profesi psikologi sangat susah sekali. Terima kasih.

  • al says:

    kak maaf nih mau tanya ,berapah yah biaya pembangunan satu sekolah swasta di jepang.mohon jawabanya kak

  • al says:

    maaf kak mau tanya lagi ,bisa ngak beli sekolah swasta dijepang kak.terus biaya yg harus dikeluarkan berapa,moho jawabannya kak

  • yuvik says:

    hallo kak,
    mau tanya dong
    universitas di jepang yang ada jurusan pendidikannya dimana ya?
    dan pastinya ada beasiswanya.
    ditunggu balasannya kak.
    teimakasih

  • namomu says:

    bang ane mw tanya tolong bales ea….
    ataw ada darii minna yg mw bantu ane..

    ane Mahasiswa baru … dan ingin kuliah design di jepang
    college apa yg cocok bwt sya djepang sana.
    dan bahasa apa yg harus saya latih..

    dan bagaimana step by step nya.. seperti EJU ..itu msh blum ngerti sya…
    dan test JLPT ..

  • Gama says:

    Assalamualaikum pak, mohon maaf saya mau bertanya untuk beberapa link tersebut ada yg tidak bisa dibuka. Mungkin ada link lain yg bisa dibuka? Terima kasih

  • erna fatmawati says:

    Sbelumnya trimakasih ats infonya..insaAllah brmanfaat.
    Pak..saya mau tnya..saya kuliah di UNIPDU prodi D3 bhs jepang smester 3..saya ingin sekali stelah lulus d3 bs lanjut di jepang.. Kira” jurusan apa yg sesuai dgn prodi saya ya? *saya dengar bila pemilihan tidak sesuai dgn prodi awal nnti sulit pnerimaannya..
    Dan meskipun beasiswa apa kita jg perlu prsiapan uang..*maklum pak saya dri kluarga sderhana

  • ananda zaskia putri says:

    Kk,aku masih smp sih,tapi aku ingin jadi insinyur mesin.
    Menurutku di jepang bagus untuk jurusan ku. Menurut kakak bagaimana pergaulan di jepang? Apakah terlalu bebas? Kampus apa yg cocok untukku kk?
    Apakah aku bisa mendapatkan beasiswa disana?
    Terimakasih atas informasinya ya kak

Leave a Reply