Viper: cara mudah mendeteksi plagiarisme

Apa itu plagiarisme? Bagi yang belum tahu, mungkin bisa membaca artikel saya sebelumnya. Sejauh yang saya ketahui, plagiarisme karya tulis bisa diartikan sebagai tindakan pengambilan sebagian, atau keseluruhan konten dari sebuah karya tulis tanpa melakukan kuotasi dan sitasi yang pantas. Masalah ini bukan saja dihadapi oleh para pemula. Orang yang sudah berpengalaman menulis karya tulis pun, kalau tidak berhati-hati, bisa tersandung masalah ini. Terkadang, akibatnya pun tidak sepele. Lalu, bagaimana supaya kita yakin, bahwa kita tak melakukan aksi copy paste (baik sengaja maupun tidak)?

Artikel kali ini membahas salah satu solusi praktisnya :)

Untuk memeriksa apakah sebuah paper adalah plagiat dari paper lain atau bukan, ibarat mencari jarum di dalam tumpukan jerami. Tidak akan ketemu, kecuali jika kaki kita tertusuk jarum tersebut. Pun dalam hal ini, karya tulis ilmiah. Sampai ada laporan dari pihak yang merasa dirugikan, sebuah paper yang lolos screening reviewer (baik seminar maupun jurnal), dianggap sebagai karya tulis asli dari penulisnya dan bukan merupakan plagiat dari paper atau karya tulis lain.

Susah? Hampir mustahil, tapi bukan berarti tidak mungkin. Seiring dengan kemajuan teknologi internet, teknologi basis data, serta machine learning, peneliti pun diberi kemudahan untuk melakukan pemeriksaan mandiri (self assessment). Diantaranya, dengan memanfaatkan bantuan perangkat lunak, baik itu berbayar maupun gratis.

Sudah banyak perangkat lunak berbayar yang beredar dan terkadang cukup menghabiskan kocek. Tak perlu dibahas di sini. Sampeyan bisa melakukan pencarian dengan kata kunci “plagiarism checker software” di internet. Di artikel kali ini, saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman saya menggunakan perangkat lunak tak berbayar bernama VIPER.

Viper bisa diunduh secara gratis di situs resmi mereka: http://www.scanmyessay.com/. Ukuran installer-nya tak terlalu besar, sekitar 3,5 MB. Pada saat penulisan artikel ini, saya menggunakan Viper 4.1.86.1115. Untuk bisa menggunakan Viper, Sampeyan harus memiliki akun terlebih dahulu. Sebagaimana pendaftaran akun email, pendaftaran akun Viper pun sangat mudah. Aktivasi akun diperlukan. Oleh karena itu, isikan alamat email valid Sampeyan.

Setelah akun terdaftar, Sampeyan bisa langsung login menggunakan antarmuka yang ada di perangkat lunak ini. Sampeyan diminta untuk mengunggah sebuah file (Adobe file atau Office file), yang nantinya akan diproses dan dicocokkan dengan referensi yang ter-indeks di Viper. Nah, di sinilah yang cukup berat, tergantung dengan koneksi internet Sampeyan. Untuk melakukan pemrosesan file sendiri, tidak terlalu lama. Untuk 4 halaman paper dengan format IEEE, saya membutuhkan waktu sekitar 3 menit. Nah, untuk melakukan pencocokan konten paper dengan database, dibutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar 5 menit. Barangkali ini juga terkait dengan koneksi internet. Saya belum membuktikannya, tapi karena Viper melakukan konfirmasi konten paper secara online, kecepatan koneksi internet menjadi salah satu kuncinya.

Hasil scanning Viper – judul-judul referensi di paper saya terdeteksi sebagai potongan kalimat yang sama dengan apa yang ada pada database Viper  

Gambar di atas menunjukkan hasil pemeriksaan Viper. Dari hasil pemeriksaan, terlihat bahwa unique match di bawah 1%. Sebagian besar kalimat yang terdeteksi terletak pada daftar referensi. Hal ini bisa dimaklumi, karena penulisan judul referensi harus benar, sesuai dengan karya tulis yang asli. Setelah pemeriksaan selesai, kita bisa membuat laporan tertulis yang rinci tentang hasil pemeriksaan Viper, dengan memencet tombol Generate Reports di aplikasi ini. Hasil laporannya ada pada gambar di bawah ini:

Laporan lengkap hasil pemeriksaan paper oleh Viper – dari hasil pemeriksaan, kandungan plagiasi pada paper saya sekitar 5%, yang berarti kemungkinan besar bukan merupakan plagiat dari karya tulis yang sudah dipublikasi

Nah, setelah laporan sudah tercetak, kita bisa melihat nilai total Matching Content. Pada percobaan yang saya lakukan, hasil pemeriksaan menunjukkan 5%, yang berarti masuk pada kategori pertama: Overall plagiarism rating 6% or less. (klik pada gambar untuk melihat penjelasan dari hasil pemeriksaan ini).

Limitasi pemeriksaan harian – Viper tidak bisa digunakan jika kita melebihi batas yang sudah ditentukan

Apa yang terjadi jika kita mengunggah terlalu banyak file? Viper memiliki limitasi dalam pemeriksaan paper. Hal ini terbukti, saat saya mengunggah sebuah file paper dengan jumlah halaman yang cukup banyak (8 halaman). Hasilnya, Viper menolak untuk melakukan tugasnya :D

Semoga artikel pendek ini membantu pembaca sekalian, terutama bagi kita semua yang tidak berbahasa inggris secara native. :)

Be Sociable, Share!

14 Comments

  • […] artikel terdahulu, saya pernah membahas sebuah perangkat lunak bernama Viper. Perangkat lunak ini memiliki fungsi […]

  • alwin usman says:

    saya sudah ikuti langkah-langkahnya, tapi hasil scan tidak ada yang terdeteksi, padahal saya sudah coba untuk tulisan plagiat.. general reportsnya tdk bekerja. hasil plagiatnya tdk terlihat.. mohon pencerahannya.. terima kasih

    • Halo mas Alwin Usman,
      Terima kasih sudah berkunjung. Perlu diingat, untuk menggunakan Viper kita harus :
      1. Menggunakan koneksi internet tanpa Firewall. Kalau firewall Anda aktif, kemungkinan besar Viper tidak bisa dioperasikan karena terblokir oleh Firewall di Windows / jaringan internet kantor Anda.

      2. Cek antivirus. Non aktifkan antivirus, karena antivirus terkadang melakukan blokir koneksi internet aplikasi lain.

      Semoga sukses

  • rull says:

    saya sudh beberapa kali membuat akun viper, tp tetap nggak bisa. kira-kira apa masalahny gan???
    mohon pencerhnny….:)

  • arisa dewi says:

    saya sudah menggunakan viper dan pada plagiarism nya terdeteksi 16% apakah maish bisa lolos plagiasi atau tidak?
    terima kasih

  • bima romadhon says:

    permisi saya membuat akun viper dan selalu tertulis pesan

    Server Error in ‘/Viper’ Application.
    Could not allocate space for object ‘dbo.Account’.’PK_Account’ in database ‘v_gateway’ because the ‘PRIMARY’ filegroup is full. Create disk space by deleting unneeded files, dropping objects in the filegroup, adding additional files to the filegroup, or setting autogrowth on for existing files in the filegroup.
    Description: An unhandled exception occurred during the execution of the current web request. Please review the stack trace for more information about the error and where it originated in the code.

    Exception Details: System.Data.SqlClient.SqlException: Could not allocate space for object ‘dbo.Account’.’PK_Account’ in database ‘v_gateway’ because the ‘PRIMARY’ filegroup is full. Create disk space by deleting unneeded files, dropping objects in the filegroup, adding additional files to the filegroup, or setting autogrowth on for existing files in the filegroup.

    Source Error:

    An unhandled exception was generated during the execution of the current web request. Information regarding the origin and location of the exception can be identified using the exception stack trace below.

    Stack Trace:

    [SqlException (0x80131904): Could not allocate space for object ‘dbo.Account’.’PK_Account’ in database ‘v_gateway’ because the ‘PRIMARY’ filegroup is full. Create disk space by deleting unneeded files, dropping objects in the filegroup, adding additional files to the filegroup, or setting autogrowth on for existing files in the filegroup.]
    CobraDAL.DataGateway.ExecuteNonQuery(String procName, String conStr, Int32 cmdTimeout) +461
    CobraDAL.DataGateway.ExecProc(String procName, String conStr) +53
    Cobra.UI.Web.Register.BtnSubmitClick(Object sender, EventArgs e) +2082
    System.Web.UI.WebControls.Button.OnClick(EventArgs e) +9553594
    System.Web.UI.WebControls.Button.RaisePostBackEvent(String eventArgument) +103
    System.Web.UI.WebControls.Button.System.Web.UI.IPostBackEventHandler.RaisePostBackEvent(String eventArgument) +10
    System.Web.UI.Page.RaisePostBackEvent(IPostBackEventHandler sourceControl, String eventArgument) +13
    System.Web.UI.Page.RaisePostBackEvent(NameValueCollection postData) +35
    System.Web.UI.Page.ProcessRequestMain(Boolean includeStagesBeforeAsyncPoint, Boolean includeStagesAfterAsyncPoint) +1724

    Version Information: Microsoft .NET Framework Version:4.0.30319; ASP.NET Version:4.0.30319.17929

    kira kira masalahnya apa ya?mohon pencerahannya terimakasih

  • andika says:

    download aplikasinya di mana iya gan?

  • komang agus says:

    gan saya punya ko g mw di upload documentx??

  • riska says:

    saya sudah mengikuti langkah langkah tersebut….tapi tetap tidak terdeteksi,,,,, mohon pencerahannya

  • yuli says:

    maaf mas, tugas akhir saya kan tentang plagiarism checker, nah untuk codingannya sendiri itu gimana ya?
    jika mas tidak keberatan, bisakah dikirimkan ke email saya?
    yulianda.yusri@outlook.com
    terimakasih mas

  • ami says:

    halo, saya coba login viper namun keluar peringatan “viper is currently unavailable in your region” kenapa ya mohon pencerahannya

  • Terima kasih sharenya, sangat membantu. :)

Leave a Reply