Buku "textbook" gratis untuk dosen dan peneliti

Menjadi dosen, peneliti, atau penggiat akademik ternyata memiliki keberkahan tersendiri. Setidaknya jika ia pernah tinggal di luar negeri, entah Jepang, Amerika atau Eropa, ia akan dengan mudah mendapatkan literatur berbahasa Inggris. Terkadang, dengan harga yang tidak rasional, alias gratis! Bagaimana caranya ?

Penerbit buku-buku teks berbahasa Inggris biasanya menyediakan fasilitas buku gratis untuk dosen/peneliti/pengajar. Hal ini mereka lakukan sebagai bagian dari strategi pemasaran buku mereka. Dengan menyediakan buku-buku gratis untuk para dosen, mereka berharap buku-buku tersebut akan dibaca, kemudian digunakan sebagai buku wajib / buku ajar di kelas yang diampu oleh dosen tersebut.

Jika Anda adalah dosen, peneliti, atau staf pengajar di universitas tertentu, atau setidaknya pernah mengampu sebuah mata kuliah, hal ini akan sangat menguntungkan pengisian formulir permintaan buku gratis tersebut. Sebagai contoh, saya ambilkan contoh formulir pengisian permintaan buku dari sebuah penerbit (lihat gambar di atas). Hal yang perlu diperhatikan adalah :

1. Pastikan bahwa Anda yakin akan menggunakan buku tersebut sebagai referensi. Untuk itu, jika ada pertanyaan, “Apakah Anda akan mengadopsi buku tersebut sebagai buku referensi?” Maka harus Anda jawab dengan tegas “Ya”.

2. Masih sama dengan no.1, isikan pilihan, “Saya telah mengadopsi buku tersebut untuk kuliah saya”, bila memang itu ditanyakan.

3. Jika Anda ditanya apakah Anda membutuhkan “desk copy” (buku hardcopy, bukan ebook), maka jawab Ya dan sebutkan jumlahnya (apabila memungkinkan). Saya sendiri mengisikan 1 buah saja, karena jika lebih dari 1, mungkin akan ada ongkos kirim tambahan. 

Untuk lebih lanjut, bisa lihat tutorial serupa yang sudah saya tulis di artikel lainnya.

Selamat mencoba ! :)

Be Sociable, Share!
Categories: Scientific Writing

Leave a Reply