[Review] Machine Learning: An Algorithmic Perspective

Judul buku: Machine Learning: An Algorithmic Perspective (2009)
Penulis: Stephen Marsland
Penerbit: CRC Press – Taylor & Francis Group
Profil buku: http://www.crcpress.com/product/isbn/9781420067187
Google books : books.google.jp/stephenmarsland
Website resmi buku: http://www-ist.massey.ac.nz/smarsland/MLbook.html
Dataset : http://www.ics.uci.edu/~mlearn/MLRepository.html 

Daftar isi: 

1. Introduction
2. Linear discriminants
3. The multi-layer perception
4. Radial basis functions and splines
5. Support vector machines
6. Learning with trees
7. Decision by committee: ensemble learning
8. Probability and learning
9. Unsupervised learning
10. Dimensionality reduction
11. Optimization and search
12. Evolutionary learning
13. Reinforcement learning
14. Markov Chain Monte Carlo (MCMC) methods
15. Graphical models
16. Python

Minggu ini, saya kembali mendapatkan keberuntungan. Ibarat ketiban berkah kenduri, apa yang selama ini saya tunggu-tunggu akhirnya saya dapatkan juga. Ya, sebuah buku berjudul “Machine Learning: An Algorithmic Perspective” akhirnya saya dapatkan melalui aplikasi offline examination copy dari penerbitnya langsung.

Machine Learning (ML) adalah sebuah bidang riset yang menggabungkan matematika, statistika, logika inferensi, analisa dan visualisasi data. Buku-buku teks ML biasanya disajikan penuh dengan persamaan matematika dan miskin implementasi, sehingga untuk memahami teknik-teknik ML terkadang membutuhkan waktu lama.

Berbeda dengan buku-buku ML lainnya, buku yang ditulis oleh Stephen Marsland ini mencoba membedah teknik-teknik ML dari sudut pandang yang berbeda. Buku ini, sebagaimana disampaikan penulisnya, adalah sebuah buku untuk entry level researcher dan oleh karenanya, penulis mengambil sisi-sisi praktis dengan menjelaskan teknik ML menggunakan konsep matematika yang cukup simpel, disertai contoh program dalam bahasa Python.

Saya sendiri, sampai dengan penulisan review ini, setidaknya telah membaca tiga bab dari buku ini. Satu bab yang cukup menarik adalah review tentang Python, bahasa pemrograman scripting yang digunakan oleh pengarang buku ini untuk menampilkan contoh-contoh implementasi algoritma ML.  Review Python dijelaskan dalam bab 16 dari buku ini. Penulis tidak memasukkan semua aspek pemrograman Python. Hanya saja, beberapa fungsionalitas (seperti penggunaan struktur data atau fungsi) dijelaskan dan sebatas untuk “memahami source code” yang diberikan oleh penulis.

Bab-bab awal yang saya baca berkisar tentang neural network (Perceptron, McCulloch, Pitts, dsb). Buku ini menjelaskan konsep dan teori neural network dengan bahasa yang mudah dipahami. Selain itu, penjelasan tentang konsep supervised dan unsupervised learning disertai dengan ilustrasi dan contoh yang menarik (seperti klasifikasi uang receh yang digunakan pada mesin minuman, dsb).

Beberapa review dari para praktisi ML saya pikir cukup membantu apabila rekan-rekan sekalian ingin menggali lebih lanjut tentang buku ini. Berikut beberapa link yang sudah saya baca:

[1] http://www.comp.hkbu.edu.hk/~iib/2009/Dec/review1/iib_vol10no1_review1.pdf
[2] Review: Machine Learning
[3] Review Machine Learning: An Algorithmic Perspective
[4] Book review by David J. Hand

Contoh course yang mengadopsi buku ini, berikut errata dari buku:
[1] http://www.csc.kth.se/utbildning/kth/kurser/DD2431/ml10/
[2] http://www.csc.kth.se/utbildning/kth/kurser/DD2431/ml10/marsland-errata.txt

Lain waktu dan jika ada kesempatan, saya akan coba bahas lagi hal-hal menarik yang saya temukan dari buku ini. Untuk sementara, saya berpendapat :

“Buku ini cocok digunakan untuk pelajar, serta praktisi yang ingin mendalami machine learning secara otodidak. Meski demikian, perlu ada penelusuran lebih lanjut tentang kesalahan ketik (typos) dan penulisan persamaan, karena ada beberapa kesalahan yang telah dicantumkan dalam errata di atas”

Semoga bermanfaat :)

Be Sociable, Share!

Leave a Reply