iThenticate: Online Plagirsm Checker

Beberapa bulan yang lalu, saya diminta mewakili lab untuk mengirimkan sebuah paper penelitian ke konferensi internasional di Osaka, Jepang. Paper tersebut, alhamdulillah diteirma di konferensi EMBC 2013, salah satu konferensi terbesar untuk mereka yang berkiprah di bidang biomedical engineering dan computational medicine. Salah satu yang membuat saya cukup terkesan adalah digunakannya sistem online untuk mendeteksi plagiarisme, yang bernama iThenticate.

Di artikel terdahulu, saya pernah membahas sebuah perangkat lunak bernama Viper. Perangkat lunak ini memiliki fungsi yang sama dengan iThenticate, melakukan pemeriksaan naskah secara otomatis untuk mengidentifikasi adanya unsur-unsur plagiasi. Apa yang membedakan keduanya? Viper tak berbayar dan iThenticate berbayar. Perbedaan lainnya, ternyata iThenticate ini telah digunakan berbagai institusi ternama, mulai dari universitas, organisasi profesi dan peneliti, sampai dengan publisher terkemuka. Salah satu yang membuat mereka memilih iThenticate adalah, aplikasi ini “berbasis web”, sehingga bisa diakses dari berbagai macam platform. Viper, sampai dengan saya menulis artikel ini, hanya menyediakan software untuk Windows saja.

Layanan lain iThenticate selain “layanan anti plagiarisasi”, adalah “proofreading grammar”. Tentu saja layanan ini mendapatkan sambutan yang luas, terutama dari kalangan akademisi dan peneliti di seluruh dunia. Sekedar informasi, jasa proofreading adalah jasa yang cukup mahal. Di Jepang, untuk memeriksa satu halaman paper, dibutuhkan uang sekitar 10,000 Yen (1 juta rupiah). Bisa dibayangkan, jika kita mengirimkan 8 halaman paper untuk dikirimkan ke jurnal, total uang yang dikeluarkan hampir setara dengan 8 juta rupiah ! iThenticate menyediakan layanan “Write and Check” untuk para pelajar dengan harga yang jauh lebih murah.

Oya, satu lagi kelebihan iThenticate: meng-edukasi.
Silahkan baca-baca beberapa white paper di halaman mereka :-)

Be Sociable, Share!
Categories: Scientific Writing

Leave a Reply