Apa yang diharapkan dari sebuah disertasi doktoral?

cover

Ada sebuah buku menarik yang membahas tentang bagaimana memahami disertasi / thesis doktoral dengan baik. Saya beruntung menjadi salah satu pembaca buku itu, tepat pada saat saya mengerjakan disertasi saya.  Buku itu berjudul “How to Write a Better Thesis“, yang ditulis secara parallel oleh tiga orang professor: David Evans, Paul Gruba, dan Justin Zobel. Sebagai info, Justin Zobel adalah seorang professor di bidang computer science yang terkenal dengan bukunya: “Writing for Computer Science“.

Dalam buku tersebut, di Bab 1, dibahas sebuah “guideline” untuk penguji disertasi doktoral. Dengan memahami guideline tersebut, diharapkan para pelajar bisa memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh penguji, yakni:

  1. Apakah kandidat menunjukkan penguasaan yang baik pada bidang yang ia teliti? Sebagai contoh: bagaimanakah kandidat mengkritisi hasil penelitian sebelumnya? Bagaimana ia mengambil “gap” atau “celah” penelitian dari hasil penelitian sebelumnya? Apakah literatur yang ditampilkan di disertasi tersebut relevan dengan topiknya?(Tambahan dari saya: setidaknya dalam sebuah disertasi ditampilkan literatur penelitian paling lama 5 tahun terhitung dari saat disertasi tersebut diujikan. Misal, disertasi tersebut diuji tahun 2014, maka penelitian akan sangat relevan jika mencantumkan literatur sejak tahun 2009. Tapi aturan ini tidak mengikat, hanya sebagai panduan saja).
  2. Apakah disertasi tersebut membahas topik yang diteliti secara komprehensif? (Tambahan dari saya: “komprehensif” di sini, mungkin bisa diartikan sebagai “menyeluruh”, atau “mencakup semua bidang”. Batasan yang menurut saya sangat susah di-rigid-kan….)
  3. Apakah teknik atau metode yang digunakan memiliki alasan yang benar (rasionalisasinya pas)? Apakah metode dan teknik tersebut pas diterapkan untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh peneliti?
  4. Apakah hasil dari penelitian tersebut “pantas” untuk dipresentasikan (signifikan)? Apakah hasil penelitian tersebut didukung oleh bukti-bukti yang valid, ilmiah, dan masuk akal?
  5. Apakah kesimpulan dan implikasi dari penelitian (misalnya: rekomendasi dari peneliti) dikembangkan dengan pas dan relevan dengan kerangka / lingkup penelitian dan hasil penelitian tersebut?
  6. Apakah pertanyaan yang mendasari penelitian tersebut benar-benar diuji / terjawab dengan metode penelitian yang benar?
  7. Apakah tampilan dan kualitas dari disertasi tersebut sudah memenuhi standar penulisan disertasi yang ada ? (Tambahan: bisa jadi setiap universitas memiliki syarat khusus tentang tata cara penulisan disertasi dan ini harus terpenuhi).
  8. Apakah disertasi tersebut secara keseluruhan memberikan kontribusi untuk ilmu pengetahuan?

Delapan pertanyaan tersebut cukup berat untuk dijawab. Tapi semoga saya kelak bisa memenuhi harapan dan persyaratan dari para penguji disertasi…..

Be Sociable, Share!
Categories: Scientific Writing

Leave a Reply