Sunu Wibirama

sunu_afa

Terima kasih sudah berkunjung :)

Ya, nama saya Sunu Wibirama dan saya menggunakan nama akhir saya sebagai nama blog ini. Saat ini saya sedang menempuh studi strata-3 (doktoral) di sebuah universitas di Tokyo, Jepang. Aktivitas saya sehari-hari, selain sebagai suami dari seorang istri dan bapak dari seorang putra, adalah sebagai peneliti yang mengembangkan sistem untuk mengetahui atensi dan titik pandang manusia di ruang tiga dimensi.

Atensi dan titik pandang di ruang tiga dimensi bermanfaat untuk menganalisa perilaku manusia dalam memilih sebuah produk komersial. Selain itu, atensi dan titik pandang bisa digunakan sebagai sarana interaksi manusia dan komputer bagi mereka yang berkebutuhan khusus. Dalam bahasa ilmiah di bidang rekayasa dan ilmu komputer, penelitian yang saat ini saya tekuni dapat dikategorikan dalam bidang eye-gaze tracking. Gambar di bawah ini adalah sistem yang sudah kami kembangkan di lab mulai tahun 2011. Beberapa makalah dan gagasan yang terpublikasi bisa didapatkan di halaman ini.

gaze_tracker+dummy_smallGb.1. 3D gaze tracking di Universitas Tokai, Jepang

Selain itu, saya banyak menulis artikel-artikel kontemporer dan budaya, baik di media massa lokal maupun internasional. Sebagian besar ditulis dalam bahasa Indonesia. Berbagai macam kejadian unik dan pengalaman budaya di beberapa negara saya coba dokumentasikan, dengan harapan dapat menjadi cerita bagi anak cucu kelak, serta semoga menjadi inspirasi bagi para pembaca, khususnya mereka yang berminat melanjutkan studi di luar negeri.

Saya menikmati aktivitas perjalanan (travelling) dan fotografi. Foto memiliki kesan dan makna khusus dalam perjalanan hidup saya pribadi, karena dengan foto kita bisa merasakan keindahan dan karunia Sang Pencipta yang luar biasa. Saya juga menulis beberapa artikel populer tentang budaya Jepang dan bahasa Jepang. Bahasa Jepang sungguh menarik untuk dikaji karena di dalamnya mengandung nilai rasa yang mencerminkan perilaku masyarakatnya. Sebagaimana bahasa Jawa, bahasa Jepang memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Semakin dalam kita mempelajari bahasa Jepang, semakin mengertilah kita akan budaya masyarakat yang ada. Beberapa tulisan kontemporer interaksi saya dan budaya Jepang bisa dibaca di sini.

Untuk kontak dan informasi lebih lanjut, rekan pembaca bisa menghubungi saya di email ini:

Di halaman ini, para pembaca bisa mengetahui lebih lanjut tentang saya.

Salam,

Sunu Wibirama

Be Sociable, Share!

70 Comments

  • hatzura says:

    Kerreeeeen

  • sagmal says:

    weeee massunu huebatt
    piye carane bikin text area yg bisa kedip ini?

  • azzam says:

    wah …nek iki wis template-nya jeh.tapi yang jelas pake css..disetting text area kalo pas a:hover dikasih warna apa, kalo default apa …

  • Zahra says:

    ASSalamulaikum wr wb
    Afwan…
    saya tertarik apa yang anda bahas,..mungkin hampir sama seperti judul Tugas akhir saya. Analisis karakteristik pencarian domain atau URL pada search engine google.
    bolehkah saya consul?

    di balas ya.
    Jazakallah…

  • Codename 47 says:

    Waw,,,keren juga……….kalo boleh tau buatnya pake apa ni websitenya???Kebetulan saya juga lagi pengen belajar buat website, tapi masih yang freewebhosting…….kalo dikasih tau Alhamdulillah….

  • nisshoku says:

    Ara, taihen sugoi kore!

    satu hal yang langsung mampir di benak saya waktu 1st baca blog ini,dan tentu tulisan2 di dalamnya,adalah: “wah,enak banget.bisa tiap saat ‘mnumpahkan’ kesumpekan,ekspresi,uneg2,ide,apapun dah!n bisa manfaat bwt orang lain juga..weh,coba saya punya (halah).yah,slama ini media di komputer sendiri cukuplah.maklum belum pede bikin buku juga (hehehe..)

    btw,afwan nek comment-nya beda sama yg lain2,yang rata2 ‘dong’ dunia bginian.lha ini mbaca postingan yg berbau IT dikit,duh..koq masih mumet.however,baguslah.bisa blajar sesuatu yang baru..

    jazakallahu ahsanul jaza’,
    salam ‘alaik

  • massunu says:

    jazakillah …wah, ya ndak harus bayar kalo pengin punya. dah saya kirim di email njenengan koq, buka aja. Smoga bermanfaat …
    kalo dah bikin jangan lupa di forward ke temen2 yang lain yha ..

  • hanif says:

    welwh-weleh

    Sunu dah tak buka lho! yah, proyek kita jalan terus.. tak baca di rumah dulu kirimanmu. moga2 jadi lebih baik. lebiiiiih baik dari yang pernah ente buat tentunya :) he..3x. peace!
    wassalam.

  • tikkamon says:

    massunu ajarin tikkamon SEO dong. punya mas sunu lumayan loh bisa muncul di halaman depan google nomer 2 lagi (tapi kata kunci yang dimasukkan harus pas: es u en u) hehe
    top lah
    ada pesen dari mbah harun menjelang puasa di http://dwitikkamon.web.ugm.ac.id/info/puasa.html

  • massunu says:

    wadux …kalo masalah muncul nomor duwa, itu kayaknya karena kita rajin2 promosi ajah kali ya…besok deh, tak tulis lagi caranya promosi yang epektip dan episien …hehehehe…..

  • salim says:

    bgs abizzzz….. hayo bertandang ke : salimampera.multiply.com

  • hafshah says:

    saya tertarik dng bahasan anda ttg nikah ala ikhwah, but ada satu hal yang mo coba saya diskusikan. bagaimana jika proposal nikah itu datang dari teman kerja da’wah kita yang notaben nya satu fakultas dan seangkatan ??? sebenarnya tidak terlintas dari fikiran ku kalau dia berniat untuk serius.

  • massunu says:

    untuk ukhti (?) hafshah : sebagai seseorang yang sudah mengenal tarbiyah, yang terpenting kan komunikasi dengan ustadz, ustadzah, murobbi atau murobbiyyah kita, dan nikah bukan hanya permasalahan satu dua orang saja, tapi melibatkan dua keluarga yang memiliki kebiasaaan dan karakter yang berbeda. Kalaupun proposal nikah datang dari teman kerja da’wah , atau siapapun itu, asalkan ditempuh melalui prosedur yang benar (ta’aruf dengan perantara, gak asal nyosor or pacaran ) , saya pikir koq ndak ada masalah. Dan yang terpenting lagi, masing-masing pihak keluarga sudah terkondisi dengan cara nikah lewat “jalan itu” dan masing-masing bisa menerima.

    Tapi ada juga jalan yang lebih tinggi lagi “levelnya”, proposal nikah itu bisa kita percayakan kepada murobbi atau murobbiyyah kita, atau bahkan lewat perantara jama’ah, sehingga akan benar-benar terjamin bahwa kita memang tidak memiliki “minat” (baca : hubungan spesial) sebelumnya kepada calon suami / istri kita. Hanya saja, untuk yang satu ini, memang butuh energi keikhlasan yang luar biasa dan yang pasti kepercayaan bahwa Allah SWT akan memilihkan yang terbaik untuk kita …
    Semoga membantu ……

  • Luthfi says:

    TE? jadi inget Robin (agus mukorobin) temen sma-ku :-)

  • abang ikhwan says:

    assalamualaikum. ana telah cuba meng-download buku “join the caravan” daripada syeikh abdullah azzam tapi seperti ada error do situ…diharap boleh diperbaiki masalahnya secepat mungkin…ana betul2 ingin membaca buku tersebut…jazakallah akhi..

  • amal says:

    bagus… ayo buat halaman friendstermu lebih menarik dengan koleksi gambar dan animasi disini di gambar dan animasi disini di http://www.mynicespace.tk

  • amal says:

    buat nyang nyari artikel2 berbahasa inggris? ada sumbernya disini

  • pramur says:

    Assalaamu’alaikum wr.wb.
    Numpang nimbrung nih Mas…
    Keren banget, Anda adminnya div TI Jogokariyan ya? Kalau saya mau kontribusi bagaimana caranya? Harus jadi muslim beneran ya? Jenggot saya tidak panjang, jidat juga tidak hitam, tahsin sedang belajar, celana saya panjang-panjang semua sampai menyeret lantai, tidak aktif di partai. Cuma kalau sholat 5 waktu alhamdulillah tidak bolong, dan saya bisa PHP. Bagaimana saya bisa ikut bergabung?

  • Hehehe…wah mas, di dalam dunia IT penampilan kita kagak bakalan diliat. Penghargaan berdasar pada “kemampuan dan skill IT” nya. Saya bukan admin divisi IT Jogokariyan, tapi kenal beberapa orang yang ngurusin IT di sana. Silahkan masnya maen ke Masjid Jogokariyan dan ketemu sama yang namanya Imam Wijaya, dan silahkan utarakan keinginan mas ….

  • fathelvi says:

    assalamu’alaikum wr wb…

    subhanallah,…
    ane salut sama situs ini. ane sebenarnya jg punya minat yg sama di bidang programming, networking, internet and hal2 yg sejenis. tapi, Allah tlah memilihkan farmasi bwt ane sbg labuhan terbaik dan modal dlm mengarungi hidup.

    congratulation,…
    smga bisa lebih berkarya!!! semoga menjadi pilar ‘muslimin IT’ coz, betapa kurangnya arus informasi itu sendiri di kalangan umat islam

    ane tertarik sekali menyimak pembahasan2 yg antum tampilkan. semoga menjadi lebih baik lagi.
    Nb ; Bwt ‘proposal nikahnya, mg2 dapet akhwat yang bener2 terbaik yg dipilihkan-Nya dalam menyempurnakan separuh dien.

    dari : Padang
    (oya, ane add di yahoo massenger loh. liat aja yg ada _tyf blakangnya… jazakallah

    wassalamu’alaikum wr wb

  • ipiTYF says:

    assalamu’alaikum wr wb…

    subhanallah,…
    ane salut sama situs ini. ane sebenarnya jg punya minat yg sama di bidang programming, networking, internet and hal2 yg sejenis. tapi, Allah tlah memilihkan farmasi bwt ane sbg labuhan terbaik dan modal dlm mengarungi hidup.

    congratulation,…
    smga bisa lebih berkarya!!! semoga menjadi pilar ‘muslimin IT’ coz, betapa kurangnya arus informasi itu sendiri di kalangan umat islam

    ane tertarik sekali menyimak pembahasan2 yg antum tampilkan. semoga menjadi lebih baik lagi.
    Nb ; Bwt ‘proposal nikahnya’, mg2 dapet akhwat yang bener2 terbaik yg dipilihkan-Nya dalam menyempurnakan separuh dien.
    eh ya, emang kalo’ koemnt sama gak ditampilin yah???
    dari : Padang
    (oya, ane add di yahoo massenger loh. liat aja yg ada _tyf blakangnya… jazakallah

    wassalamu’alaikum wr wb

  • sholihah says:

    Kaget…jadi gelap sekarang :)

  • superkecil says:

    dulu KK IPA 5 pas taun 2002 kan???

  • syaamil says:

    Alhamdulillah,akhirnya nemuin juga situs ini,bangganya pengguna macintosh lagi,leganya ikhwah lagi,jadi koyo jape methe(sepurane yen salah, ane not yogyais but mojokertoish, he.he)Isi bagus,cuma tolong dong porsi untuk macintosh diperbanyak, jadi ndak terkesan numpang wae.Ane pengguan macintosh udah lama,but kok masih merasa asing ya ?Masalahnya selama ini pancen pake Mac. just for design thok.Browsing pun di PC.Baru beberapa bulan ini ada temen yang nyaranin pake mac.Alasannya sih ane sering download file yang berformat .exe yang nggak bisa dibuka di mac. Piye sih akh cara buka .exe di mac? Jazakallah

  • massunu says:

    Emm… kalo file exe sich ndak bisa dibuka di Mac, karena emang defaultnya Mac gak support .exe. Tapi edisi terbaru Macbook sudah bisa diinstali windows koq,jadi bisa dua sistem operasi dalam satu komputer gitu. Dan yang pasti bisa buka file .exe

  • meme says:

    assalamu’alaikum warohmatullah wabarokatuh

    mampir nggih!!!
    nice site …. ^^

  • herianto says:

    Assalamualaikum wr wb
    Blognya bagus…
    Saya dapat site-nya dari link bu iin..
    Gimana ya kabar te ugm…
    Salam kenal…

  • Ananda says:

    ups tadi salah salah ngasi alamat milist, harusnya http://tech.groups.yahoo.com/group/id-cakephp/
    kalo link yg sebelumnya siy mas sunu jg pasti dah ikutan

  • tiul says:

    mas sunu…..!!

    keren kalee inii…
    hue2..

    ^_^

  • daliman says:

    apik…

  • priandoyo says:

    Halo mas Sunu, saya mampir ya
    salam kenal

  • makasi lo mas, sori kalo gara-gara tulisannya mas yang saya sadur jadi pada rame di blog saya. Dan buat bang Bajul Ijo, loe kalo berani pake ID loe sendiri deh, jangan bawa-bawa nama mas Anjar segala di blog gue. Dasar pengecut loe…

    *mode bete nyala …

  • syaamil says:

    Akhi,mohon dengan sangat di site antum tampilin hal-hal yang berhubungan dengan kebutuhan atawa kecintaan terhadap buku.Segala usia lah.Gimana ndirikan taman bacaan,Cari donatur
    (he.he.ketauan lagi butuh).Memang banyak situs yang udah ngebahas.Mungkin ada hal yang baru bila seorang sunu yang akan membahasnya(katroxx)

  • aboutmiracle says:

    assalamualaikum… :)

  • tegur sapa says:

    assalamu alaikum…
    la koq sepi ya…
    lama gak ada komentar nih.
    ya dah ta ikutan komentar

    oh ya sekalian bagi2 info
    buat para pengunjung site ini klo ada yang pengen pendapatan sampingan yang Halalan Thoyyiban sekaligus bisa silaturahim
    nih dicoba:
    AGLOCO tm
    Penjelasan bisa di lihat di http://smsgue.110mb.com/agloco-id.htm
    insya Allah halal. (???)

  • mazzimam says:

    wahh.. opo iki.. aku rung sempat mbaca jeh.. hehe..
    elok tenan comment-e apik2.. akeh..
    sun, dirimu ternyata yang ngHandel info.ugm.ac.id tho?

    eh, duwe cd avatar versi lengkap ra Sun?
    naruto? hehe..

  • Avatar ? Dah ada tuh, 2 DVD lengkap. Kalo naruto ndak ngikuti aku, hehehe….

  • samosir says:

    Assalamu’alaikum…
    ‘Afwan, ini akhi Sunu yang dulu ngurusin ADS Jogja ya? Ini Anas. U9 angkatan 2003, bersama Alan, Agus, dkk. Ini blog ane: http://samosir.wordpress.com

  • Goslink says:

    Assalamu’alaikum…

    salam kenal de sunu..;-)
    (masih muda banget udah punya blog keren kaya gini).

  • mbelgedez says:

    Heh…heh…heh…
    Bagus…bagus….

    Kapan-kapan kalok ada nyang oke, sayah kopes ke Blog sayah….

    Heh…heh…heh…

  • Fajar says:

    kulonuwun
    salam aja mas dari bandung
    :)

  • @Fajar
    Salam kembali mas

    @mbelgedez
    Silahkan dan terima kasih sudah mau membaca tulisan saya :)

    @Goslink
    Matur Nuwun, terima kasih…

  • Rifu says:

    salam kenal :mrgreen:
    wassalamu ‘alaikum

  • aMhey_jangkis says:

    as’Lyk
    pak sunu hari ini wisuda ya..
    congratz ya..

    wah ad amakan2nya gak niy..

    hebat dah lulus sekarang,, kbnyakan 2003 pada wisuda februari..

    salam buat mbak maLa ya..
    btw salam juga buat teman2 FSRMY..

    blog na keren euy..!!!!!

  • rahma says:

    ck, ck, ck,,, subhanallah.. mas nya mala gaul sekaleee… canggih,, canggih….. [geleng 7x].
    oia,, bukannya sekarang dah lulus? mbok itu tu profilnya di edit …

  • reeyo says:

    Assalamu’alaikum…
    blognya bagus mas..

  • romie julita says:

    assalamualaikum
    piye akh kabare, masih di kraton k,salam u kwn2 disana. blognya sip.

  • watonmuni says:

    sun..piye kabare???

  • apik-apik wae, rek. wis lulus durung, dab ?

  • aang says:

    salam kenal. keren-keren! bagi-bagi dong illmunya. gaptek neh.
    aku kira ini blognya grup nasyid azzam. eh ternyata! tapi isinya bagus!

  • mazzimam says:

    wawawawawawawawa…… kekekekek…

    hehe.. numpang lewaaattt…..

    monggo… monggo…

    payeeeenng……

  • @mazzimam

    wah, mas. ojo frustasi to, ah. sante wae, jodoh bisa dikejar. Klitih-klitih gih, akeh koq. Sante wae mas, aja frustasi ..hehehe (piss boo’)

  • abiehakim says:

    Salam kenal dari saya…mas, maju trus Indonesia

  • Ridho says:

    Mas gimana ya membuat link di wordpress maklum baru belajar

  • tiftazani says:

    Cerdas-Terampil-Taqwa, Subhanallah tema yang bagus. Ayo majukan isalm melalui Teknologi.

    Saya minta Izin ngelink ke blog ini ya mas.

  • baradja says:

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Kang Sunu, saget konsultasi instalasi Apache & Php lebih lanjutkah ?.
    ada kesulitan konfigurasi untuk memindahkan direktori kerja ke /home/ ….
    maaf saya memakai distro slackware 11
    Jazaakallahu Khoir.

  • dewi says:

    Salamualaikum…
    Nah Loh, dua alinea terakhir, itu makanan khas daerah mana ya? :-)

    nggak ngEh blass…. :-(

  • smknegeri1bintan says:

    Assalamualaikum,,,,,Mas,,,Salam kenal yah,,,,,Boleh kan mampir di Multiply mas,,,,

  • sita says:

    yak, sama, saya juga lagi nunggu Heroes;))

  • hmcahyo says:

    like ALIXE and ZENLINUX instead of UBUNTU and Mandriva.. on is testing PARSIX

    warm greet from malang

    monggo mampir..

    BTW jogja mana mas.. saya di sana 1997-2000

    hmcahyo.wordpress.com

  • hmcahyo says:

    tapi kayaknya Mousque- pray dll.. menrut Asy Syahid Ismail Raji Faruqi lebh baik pake Masjid, Shalat dst.. coba baca Toward Islamic ENglish (kalo nggak salah :)

  • santoy says:

    Asslmkm Wr.Wb Mas sunu ente memang pakar di bidang ICT.

  • DYAN DEVI says:

    Assalamualaikum wr.wb.

    Hm…seneng rasanya melihat orang yang (mungkin)-saya kira- sama dengan saya…^_^
    sama-sama suka Jepang
    sama-sama cari scholarship (saya tahu blog anda dari milis beasiswa)
    sama-sama 2003 (antum angkatan 2003 kan?)
    sama-sama mencoba beristiqomah di jalanNya
    (mungkin ini yang selama ini sulit saya dapatkan, soalnya kebanyakan di lingkungan saya, orang yang suka sama jepang, nggak gitu ngeh dengan dunia -per-harakah-an, ato perjuangan akan kembali tegaknya SyariahNya dimuka bumi…)
    Alhamdulillah, internet membantu dalam banyak hal, dan itu membuat saya, jadi merasa senang, karena ternyata i’m not alone ..

    Sudah banyak yang mengomentari tentang blog antum, dan 99% saya setuju (meski saya hanya liat kategori2 di blog antum)…

    it’s (not only great) but i think it’s very great!!!
    :)
    Boleh saya me-link site antum di blog saya?
    jazakallah…

  • @dyan devi ….
    silahkan ….silahkan ….
    doozo yoroshiku

  • adey says:

    Assalamualaikum Akh..

    Salam Kenal Jazakallah telah download

  • Oketo says:

    Salam kenal. Tulisannya bagus dan bermutu, sayang belum sempat baca banyak. Btw, dibookmark saja dulu, nanti berkunjung lagi. Salam

  • […] paper untuk jurnal maupun konferensi, atau perangkat lunak komersial berbasis ARToolkit), dimohon menghubungi penulis untuk copyright […]